Kuliner Tragedi

10 Acara Lomba Makan ini Berujung Maut

Tak hanya untuk memenuhi nutrisi tubuh, makan juga menjadi bagian dari gaya hidup. Semua orang butuh makan. Sebagian besar orang juga menyukainya. Bahkan, kegemaran orang dalam menyantap makanan sering dijadikan perlombaan.

Lomba makan yang diselenggarakan pun beraneka macam. Misalnya lomba makan pizza, ayam goreng, hingga makanan pedas. Hadiah yang ditawarkan pun menggiurkan. Bahkan, pemenang dapat membawa pulang hadah uang jutaan hingga miliaran rupiah. Berikut adalah deretan kecelakaan lomba makan yang merenggut korban jiwa.


10Seorang Pria Tewas Usai Lomba Makan Kue

lombamakanmaut10

Seorang pria berusia 34 tahun, bersama teman-temannya mengadakan lomba makan kue di sebuah kafe di Birmingham. Mereka semua bertaruh untuk menjadi pemenang dengan makan kue sebanyak-banyaknya. Nahasnya, salah seorang pria bernama Adam Deeley tersebut tewas beberapa jam kemudian. Deeley tewas tak lama setelah ia dilarikan ke rumah sakit.


9Mahasiswa Tiongkok Tewas Usai Ikut Lomba Makan di Sekolah

lombamakanmaut9

Chen Chun-ying, mahasiswa Tiongkok yang berkuliah di Tayeh University, Taiwan Barat, mati lemas usai memakan roti dan telur dalam sebuah lomba makan di sekolah. Ying mengalami muntah-muntah usai makan roti dan telur tersebut. Diberitakan United Daily News, Ying tewas saat ingin menuju ke toilet.

Dokter yang memeriksanya menyatakan bahwa ia tewas akibat terlalu banyak memasukkan makanan. Tujuan awal dari lomba makan ini adalah untuk memperkenalkan produk dan pangan lokal. Menanggapi insiden ini, orangtua dari Ying sendiri sangat menyesal dan berharap kompetisi makan serupa tidak pernah diadakan kembali.


8Ingin Pecahkan Rekor Makan Burger Namun Tewas

lombamakanmaut8

Seorang pria berusia 35 tahun dinyatakan tewas usai menyantap burger dalam sebuah lomba makan. Pria tersebut bernama Raymond Carter Fitzgerald. Ia berpetualang dari Kentucky ke Colombus untuk menghadiri lomba makan burger ‘National White Castle hamburger Eating Challenge’. Raymond ingin memecahkan rekor makan burger yang sebelumnya diraih oleh Joey Chestnuts.

Joey berhasil memecahkan rekor makan burger terbanyak selama 8 menit. Sementara itu, Raymond berhasil makan 107 burger dalam kurun waktu kurang dari 7 menit saja. Raymond berhasil memecahkan rekor tersebut. Namun empat jam kemudian, Raymond mengaku mual dan mengalami s’syok’ secara medis.


7Tercatat Sembilan Orang Tewas Saat Lomba Makan Mochi di Jepang

lombamakanmaut7

Jepang memiliki tradisi unik dalam menyambut tahun baru yaitu makan kue mochi. Mochi adalah kue khas Jepang yang terbuat dari beras. Momen ini lantas dimanfaatkan oleh penyelenggara untuk mengadakan lomba makan. Setiap tahunnya, banyak masyarakat Jepang yang antusias untuk mengikuti lomba ini.

Diberitakan The Guardian, tercatat sembilan orang tewas saat lomba makan mochi. Sedangkan peserta yang mendapat perawatan cukup serius berjumlah 13 orang. Seperti dilansir Japan Today, seorang wanita berusia 83 tahun dinyatakan tewas saat perayaan tahun baru 2015 lalu.

Penyebab utama kematian saat lomba makan disebabkan oleh sulitnya mochi untuk ditelan. Oleh sebab itu, setiap tahunnya Lembaga Darurat Jepang menyarankan agar kue mochi dimakan dengan cara digigit kecil-kecil.


6‘Idli” yang Tersangkut di Tenggorokan Akibatkan Kematian

lombamakanmaut6

Kandamuthan, 58 tahun, tewas setelah idli yang dimakannya tersangkut di tenggorokan. Idli adalah makanan asal India yang terdiri dari sayur-sayuran rebus dengan rasa yang pedas. Bahkan, World Health Organization (WHO) merekomendasikan idli sebagai makanan bergizi yang layak konsumsi.

Namun, segala sesuatu yang berlebihan itu pada dasarnya tidak baik. Termasuk menyantap idli dalam sekejap. Peraturan lomba makan idli ini mengharuskan peserta untuk memakan idli sebanyak-banyaknya dalam waktu yang ditentukan tanpa boleh minum. Menurut kepolisian setempat, Kandamuthan telah berhasil menyantap dua idli. Namun pada idli yang ketiga, idli tersebut tersangkut di kerongkongan yang mengakibatkan kesulitan bernafas dan meninggal.


5Tewas Usai Lomba Makan Kue Bola

lombamakanmaut5

Kecelakaan lomba makan ini dialami oleh kakek berusia 77 tahun di Ukraina. Ivan Mendel diketahui makan 10 buah dumpling (sejenis kue bola) hanya dalam waktu setengah menit saja. Namun nahas, pria ini lantas mengalami sakit kemudian tewas. Dumpling sendiri disebut juga dengan ‘vareniki’. Makanan ini berisi jamur hingga buah cherry. Insiden ini terjadi pada 18 September 2011 lalu.


4Kecelakaan Lomba Makan Pie Terpedas di Australia

lombamakanmaut4

Kecelakaan lomba makan ini terjadi di sebuah pub lokal di Queensland Utara. Bruce Holland, 64 tahun tersedak kemudian tewas setelah menyantap pie pedas disebuah ajang lomba makan. Sebelum tewas, Bruce mengatakan bahwa pie yang dimakannya sangat pedas dan panas. Bruce tewas setelah ia mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Townsville.


3Kompetisi Makan Kecoak Hidup-Hidup Berujung Maut

lombamakanmaut3

Kecelakaan lomba makan kali ini terjadi di Florida, Amerika. Berbeda dengan lomba makan yang lainnya, kompetisi ini mengharuskan pesertanya untuk menyantap kecoak hidup-hidup. Sayangnya, pemenang dari lomba makan ini, Edward Archbold, 32 tahun, dilaporkan meninggal dunia.

Malam sebelum ia memenangkan lomba makan kecoak ini, Edward juga mengikuti lomba makan sejenis. Namun, setelah memenangkan lomba makan tersebut, Edward merasa sakit dan muntah-muntah. Menurut laporan medis, kecelakaan lomba makan ini disebabkan tertutupnya saluran pernafasan karena dipenuhi oleh bagian-bagian tubuh kecoak yang dimakannya.


2Seorang Kakek Tewas Usai Makan Sosis

lombamakanmaut2

Alih-alih memenangkan perlombaan, seorang kakek asal Rumania tewas setelah makan sosis. Kompetisi makan sosis ini bertajuk ‘Fomila Plescoi’. Kakek berusia 60 tahun ini tersedak sosis yang dimakannya. Pengunjung yang menyaksikan acara tersebut menjadi panik. Beberapa pengunjung terdengar berteriak.

Kompetisi makan sosis yang dinamakan ‘Fomila’ ini mempunyai arti tersendiri. Diceritakan bahwa terdapat salah satu sosok karakter dalam dongeng yang selalu lapar, sehingga kontes ini dinamakan ‘Fomila’. Nahas, kakek tersebut tewas dan tidak dapat diselamatkan.


1Lomba Makan 5 Menit Berhadiah 5 Miliar

lombamakanmaut1

Lomba makan ayam goreng berhadiah uang 5 Miliar Rupiah ini diselenggarakan di sebuah gerai ayam cepat saji di Cengkareng, Jakarta Barat pada Jumat, 11 Maret 2016 lalu. Peserta lomba makan diminta untuk menghabiskan ayam goreng dalam waktu lima menit. Namun sayang, Fredy Jayadi (45 tahun), salah seorang peserta lomba makan meninggal dunia karena tersedak.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.