Dunia & Peristiwa Sejarah

10 Agen Rahasia Wanita Paling Terkenal di Dunia!

Kebanyakan orang awam mengenal profesi agen rahasia selalu dilakoni kaum pria, seperti tokoh film Hollywood “James Bond”. Namun, ternyata tak sedikit pula kaum hawa yang juga menjalani profesi mata-mata; sebagian besar karena mengandalkan pesona kecantikannya selain kecerdasan. Meski tak dikenal, berikut 10 agen rahasia wanita paling terkenal di dunia.


10Josephine Baker

Sosoknya dikenal sebagai artis, penyanyi, dan penari ternama di Eropa pada awal abad 20. Saat Prancis menyatakan perang dengan Jerman pada 1939, intelijen negara itu merekrut Josephine Baker sebagai informan. Dia memanfaatkan pesonanya untuk mengorek informasi dari para militer dan birokrat dalam pesta orang-orang penting Eropa pada Perang Dunia II.


9Melita Norwood

Berawal sebagai pegawai pemerintah di Inggris, Melita Norwood lalu direkrut badan intelijen Rusia, KGB pada 1937, karena pemahamannya tentang Komunis. Dia pun ditugaskan sebagai mata-mata di fasilitas rahasia penelitian nuklir Inggris dengan nama sandi ‘Hola’ pada 1940-an. Kegiatan spionasenya kemudian diungkap ke publik oleh Vasili Mitrokhin pada 1999 lalu.


8Virginia Hall

Agen Special Operations Executive (SOE) dari Inggris ini mempunyai misi untuk mendukung Pasukan Perlawanan di Prancis selama Perang Dunia II. Virginia Hall juga mengumpulkan rahasia-rahasia intelijen militer Jerman yang tak ternilai. Pada 1944, dia sempat melarikan diri ke Spanyol dengan berjalan kaki, dan bergabung dengan agen rahasia Amerika Serikat.


7Elizabeth Bentley

Sempat menjadi mata-mata Partai Komunis Amerika Serikat, meski sebenarnya dia sedang bekerja untuk polisi rahasia Uni Soviet. Namun, Elizabeth Bentley memang lebih terkenal sebagai agen rahasia Uni Soviet paling sukses di Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Dia pun banyak memberikan informasi-informasi tentang tentara Nazi melalui militer Uni Soviet.


6Yoshiko Kawashima

Lahir dari keluarga kerajaan Dinasti Manchu, China, Yoshiko Kawashima lalu diadopsi agen rahasia Jepang, Naniwa Kawashima saat berusia delapan tahun. Setelah dewasa, dia direkrut oleh seorang atase militer Jepang yang ingin memperluas jaringan spionase di China. Namun, kariernya berakhir setelah ditangkap intelijen China pada 1945 dan kemudian dihukum mati.


5Lona Cohen

Dia merupakan anggota Partai Komunis Amerika Serikat yang membocorkan rahasia proyek bom atom negara tersebut kepada Uni Soviet. Lona Cohen sempat pindah ke Inggris dan ikut berperan menghancurkan pasukan laut Inggris. Namun, dia akhirnya tertangkap, namun bisa selamat karena dikembalikan ke Uni Soviet ditukar dengan tahanan mata-mata dari Inggris.


4Noor Inayat Khan

Sebuah patung wanita setengah badan berdiri di Gordon Square, London, Inggris. Dia adalah Noor Inayat Khan, anggota SOE (Special Operation Executive), organisasi pemerintah Inggris yang menjalankan kegiatan spionase pada Perang Dunia II. Sosok berayahkan dari India dan ibu asal Amerika Serikat ini bertugas di Prancis, yang ketika itu sedang dikuasai oleh Jerman.


3Anna Chapman

Awalnya, tak ada yang menyangka wanita cantik bertubuh molek ini bekerja jadi mata-mata Rusia. Anna Chapman membangun koneksi dengan orang-orang penting lewat media sosial. Pada 2010, dia ditangkap otoritas Amerika Serikat bersama sembilan orang lain atas tuduhan keterlibatan dalam program spionase ilegal milik organisasi intelijen eksternal Rusia, SVR.


2Violette Szabo

Meskipun hidupnya berjalan singkat, namun keberanian dan kecantikannya jadi legenda. Violette Szabo bekerja sebagai agen rahasia pada Special Operations Executive (SOE) milik Inggris. Salah satu misinya adalah mengawasi gerak-gerik hdan mensabotase militer Prancis selama Perang Dunia II. Sayang, tentara Nazi mengeksekusinya di usia 23 tahun pada 1945.


1Mata Hari

Inilah sosok agen rahasia wanita paling terkenal di dunia. Terlahir dengan nama Margaretha Geertruida Zelle pada 1876, Mata Hari yang berdarah Belanda-Jawa pindah ke Paris pada 1903 dan berkarier sebagai penari eksotis. Sejak itulah dia jadi mata-mata, namun sebagai agen ganda bagi Prancis dan Jerman, sebelum dihukum mati oleh militer Prancis pada 1917.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of