Traveling

10 Air Terjun di Indonesia Ini Gak Kalah Cantik dengan Luar Negeri

Indonesia memiliki kondisi alam yang menakjubkan. Alhasil, sangat banyak lokasi yang jadi objek wisata menarik nan memikat. Termasuk air terjun dengan keindahan yang menawan dan lokasi yang menantang. Selain bisa menjadi tujuan liburan yang asyik, berbagai lokasi air terjun di Tanah Air yang berada di dalam hutan juga cocok untuk mengolah tubuh. Nah, berikut ini adalah 10 air terjun di Indonesia yang wajib dikunjungi oleh para pecinta alam.


10Air Terjun Sipiso-piso (Sumatera Utara)

Termasuk salah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, ketinggian Air Terjun Sipiso-piso ini mencapai 120 meter. Lokasinya berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang dikelilingi hutan pinus dan tak jauh dari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk bisa mencapai air terjun ini, Anda harus menuruni lembah dengan ratusan anak tangga yang sangat curam dan berkelok-kelok dari atas bukit.


9Air Terjun Sri Gethuk (Yogyakarta)

Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo, berasal dari tiga sumber mata air yang mengalir dan kemudian menjadi satu membentuk aliran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst. Warga setempat, yakni di Dusun Menggoran, Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta percaya bahwa Air Terjun Sri Gethuk ini akan mengeluarkan suara gamelan pada saat-saat tertentu. Untuk mencapai lokasinya, Anda harus melewati hutan kayu putih dan ladang pohon jati.


8Air Terjun Saluopa (Sulawesi Tengah)

Keindahan Air Terjun Saluopa ini tak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, namun juga turis mancanegara. Keindahan air terjun terlihat saat air mengalir dari puncak gunung melewati bebatuan gunung sebanyak 12 tingkatan dengan ketinggian 25 meter. Anda pun bisa naik hingga ke puncak air terjun yang berlokasi di Desa Leboni, Poso, Sulawesi Tengah ini. Selain itu, pecinta alam juga bisa melewati jalur trekking di dalam hutan tropis menuju air terjun.


7Air Terjun Lembah Harau (Sumatera Barat)

Lembah Harau merupakan ngarai yang dikelilingi tebing-tebing batu granit setinggi ratusan meter, yang berada di Payakumbuh, Sumatera Barat. Menariknya, terdapat enam air terjun yang masih alami di lokasi lembah ini. Air Terjun Lembah Harau yang paling indah memiliki ketinggian 150 meter, berada di sela-sela perbukitan, jurang yang dalam, dan gua yang curam. Tak jauh dari lokasi itu juga ada kawasan perkemahan dan jalan setapak untuk hiking.


6Air Terjun Sendang Gile (Nusa Tenggara Barat)

Objek wisata air terjun ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, tepatnya berada di Desa Senaru, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada ketinggian 600 mdpl. Air Terjun Sendang Gile memiliki dua tingkatan dengan kolam di bawahnya, dan dipercaya sebagai tempat mandi para bidadari yang turun ke bumi. Untuk mencapai air terjun ini, para pengunjung harus melewati jembatan berlubang di sebuah lembah dan ratusan anak tangga.


5Air Terjun Dua Warna (Sumatera Utara)

Seperti namanya, air terjun ini memang memiliki gradasi dua warna yang berbeda, yakni putih keabu-abuan dan biru muda. Sumber Air Terjun Dua Warna ini berasal dari Gunung Sibayak, yang mengandung fosfor dan belerang sehingga menghasilkan dua warna berbeda. Untuk mencapainya, Anda harus melewati hutan lebat dengan jalur yang menantang selama hampir tiga jam. Lokasinya sendiri berada di Desa Durin Sirugun, Sibolangit, Sumatera Utara.


4Air Terjun Madakaripura (Jawa Timur)

Berbentuk curuk dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air di seluruh tebingnya, membuat Air Terjun Madakaripura setinggi 200 meter ini terlihat seperti sumur raksasa berwarna hijau tosca. Air terjun yang terletak di Desa Sapih, Probolinggo, Jawa Timur ini dikenal sebagai tempat pertapaan Gajah Mada, sehingga dianggap suci oleh umat Hindu. Anda pun harus melewati kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk sampai ke lokasi ini.


3Air Terjun Moramo (Sulawesi Tenggara)

Pemandangan mengagumkan dari air yang meluncur deras pada bebatuan granit besar yang tersusun antara 0,5 hingga 3 meter, akan membuat Anda terpesona saat sampai di lokasi Air Terjun Moramo. Air terjun ini memiliki bentuk bertingkat-tingkat dengan tujuh air terjun dan beberapa kolam kecil. Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa di Desa Sumber Sari, Konawe, Sulawesi Tenggara yang jadi lokasi air terjun ini harus Anda lalui untuk bisa mencapainya.


2Air Terjun Benang Kelambu (Nusa Tenggara Barat)

Yang paling menarik dari air terjun ini adalah air yang keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang dengan enam deret titik air, sehingga terlihat seperti kelambu dan dinamakan Air Terjun Benang Kelambu. Lokasinya berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang sangat menarik untuk dijelajahi. Anda pun mungkin akan awet muda jika mandi di air terjun ini, seperti kepercayaan warga lokal.


1Air Terjun Mursala (Sumatera Utara)

Lokasi air terjun yang ini berada di sebuah pulau, yakni di Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, sehingga Anda harus berlayar untuk sampai ke sana. Air terjun Mursala pun langsung jatuh dari tebing bebatuan granit berwarna hitam kemerahan dengan ketinggian sekitar 35 meter ke lautan lepas Samudera Hindia. Selain menikmati air terjun, Anda juga bisa snorkeling menyaksikan beragam ikan hias dan terumbu karang langka jenis coral reef.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry