Dunia Medis

10 Aktivitas Tubuh yang Masih Bekerja setelah Kematian

Kematian tidak selamanya berarti semua anggota tubuh berhenti bekerja. Jasad manusia yang telah meninggal juga masih dapat melakukan hal-hal yang selayaknya dilakukan orang yang masih bernapas. Beberapa terdengar normal, namun ada juga yang menakutkan. Tubuh manusia memang sangat kompleks dan mencengangkan. Dan aktifitas berikut ini masih dapat dilakukan pada tubuh meski setelah kematian.


10Kuku dan Rambut

fungsitubuh10

Bukan seperti yang anda kira, tubuh tidak lagi memproduksi rambut ataupun kuku, namun kedua hal ini memang ‘bertumbuh’ dalam waktu beberapa hari setelah kematian. Apa yang sebenarnya terjadi yaitu kulit manusia menjadi lembab dan mengkerut, menyebabkan rambut ataupun kuku terlihat lebih panjang daripada sebelumnya. Biasanya pengukuran dilakukan dari ujung rambut sampai ke kulit, ya dari hasil pengukuran rambut itu memang ‘bertumbuh’.


9Aktifitas Otak

fungsitubuh9

Apa yang menjadi patokan dokter untuk menyatakan manusia sudah meninggal atau belum? Pasti dokter memeriksa detak jantungnya, denyut nadi dan jika orang itu masih bernafas. Jika tidak ada tanda-tanda tersebut makan orang itu akan dinyatakan meninggal, meski otak dari orang tersebut sebenarnya masih berfungsi untuk beberapa menit ke depan.

Sel otak berusaha keras untuk mencari oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk tetap hidup, dan dengan penggunaan obat, sel otak ini dapat bertahan selama beberapa hari lamanya.

8Sel Kulit

fungsitubuh8

Sel kulit tidak sama seperti otak yang dapat berhenti bekerja jika kekurangan darah atau oksigen. Sel kulit yang sudah terbiasa hidup di bagian luar tubuh dan mengambil nutrisi yang mereka perlu melalui proses osmosis, dapat terus bertahan hidup selama beberapa hari.


7Buang Air Kecil

fungsitubuh7

Manusia cenderung buang air kecil tanpa disadari saat mereka mabuk, ini karena alkohol mempengaruhi bagian dari otak yang bertugas menutup kandung kemih manusia menjadi terhambat. Bagian dari otak ini sama dengan yang mengatur pernapasan dan fungsi jantung, inilah salah satu alasan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak alkohol. Sama dengan setelah kematian, otot-otot menjadi rileks, kandung kemih tidak tertutup, menyebabkan mayat untuk buang air kecil.


6Buang Air Besar

fungsitubuh6

Dalam kasus orang meninggal, tubuh akan mengeluarkan semua kotoran-kotoran dalam tubuh. Proses ini dibantu oleh gas yang diproduksi di dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi beberapa jam setelah kematian.


5Pencernaan

fungsitubuh5

Jangan lupa kalau di dalam tubuh kita ada banyak organisme atau makhluk hidup yang beberapa dari mereka memang kita butuhkan dan berguna bagi tubuh kita. Bakteri di dalam perut tidak mati meskipun manusia-nya telah meninggal. Ada yang bersifat parasit, namun ada juga yang membantu proses pencernaan kita. Bakteri ini terus mencerna makanan di dalam tubuh kita.


4Ereksi dan Ejakulasi

fungsitubuh4

Beberapa jenis dari sel otot diaktifkan oleh kalsium ion, setelah diaktifasi, sel tersebut lalu mengeluarkan energi yang mendorong ion keluar dari sel. Setelah kematian, membran menjadi lebih rentan terhadap kalsium dan sel tidak dapat mengeluarkan banyak energi untuk mendorong ion keluar, sehingga terjadi kontraksi otot. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi kaku dan dapat menyebabkan ejakulasi.


3Pergerakan Otot

fungsitubuh3

Meskipun otak sudah tidak berfungsi, bukan berarti sistem saraf manusia yang lain juga tak berfungsi. Sistem saraf tidak lagi mengirimkan sinyal ke otak, namun ke sumsum tulang belakang manusia. Hal ini menyebabkan otot menyentak tiba-tiba dan kejang-kejang setelah kematian.


2Pita Suara

fungsitubuh2

Seperti yang sekarang telah kita tahu, saat manusia meninggal maka tubuh akan mengeluarkan gas yang tersisa dalam tubuh. Salah satu media pembuangannya yaitu melalui tenggorokan. Ditambah oleh penegangan semua otot dalam tubuh, ini menyebabkan suara-suara menakutkan keluar dari mayat. Suara tersebut misalnya erangan, rintihan, dan sebagainya.


1Melahirkan

fungsitubuh1

Pada jaman dahulu kala, sejumlah wanita meninggal saat mereka hamil dan kadang tidak dikubur dikarenakan kondisi cuaca yang sangat ekstrim. Hal ini melahirkan istilah “Coffin Birth”, atau “Kelahiran di Peti Mati”. Gas yang tertumpuk di dalam tubuh, ditambah dengan kondisi daging yang melunak, menyebabkan tubuh untuk mengeluarkan janin manusia. Peristiwa ini sudah jarang terjadi di jaman modern seperti sekarang ini dikarenakan metode perawatan mayat yang sudah jauh berkembang.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of