Flora & Fauna Traveling

10 Akuarium Terbesar dan Terluas di Dunia

Bagi para penyuka dunia bawah laut, objek wisata akuarium pasti menjadi destinasi liburan yang menarik, selain menyelam di laut atau snorkeling di pantai. Wisata akuarium ini pun bisa menjadi alternatif pilihan untuk berlibur. Apalagi, saat ini sudah ada banyak akuarium besar di dunia yang memiliki koleksi beragam dengan fasilitas berteknologi serba canggih. Berikut ini merupakan 10 akuarium terbesar dan terluas di dunia yang bisa Anda kunjungi.


10The Aquadom (Jerman)

akuariumterbesar10

Akuarium yang terletak di dalam atrium Radisson Blu Hotel, Berlin, Jerman ini berbentuk silinder. Ukuran diameternya mencapai 11 meter, sedangkan tingginya 25 meter, dengan isi hampir satu juta galon air. Area aquariumnya setinggi 16 meter, yang berisi lebih dari 2.600 jenis binatang laut. Pengunjung bisa menaiki lift yang berada di tengah-tengah akuarium tersebut untuk mencapai puncaknya, sambil menikmati pemandangan dalam The Aquadom.


9Shanghai Ocean Aquarium (China)

akuariumterbesar9

Memiliki ukuran 155 meter berbentuk terowongan, Shanghai Ocean Aquarium menjadi terowongan bawah laut terpanjang di dunia, dan termasuk salah satu akuarium terbesar di Asia. Isi airnya hampir mencapai satu juta galon, dengan koleksi berbagai jenis binatang laut, termasuk spesies langka seperti naga air China dan penguin Antartika. Pameran binatang laut itu dibagi menurut wilayah geografis, seperti zona China, zona Australia, dan lainnya.


8uShaka Marine World (Afrika Selatan)

akuariumterbesar8

Berada di Durban, Afrika Selatan, akuarium terbesar dan terluas di benuanya ini memiliki 32 tangki berisi hampir satu juta galon air. uShaka Marine World merupakan rumah bagi sebuah akuarium yang bertemakan Taman Angkatan Laut tersebut. Beragam jenis makhluk laut, mulai dari kuda laut, lumba-lumba, hingga hiu tersimpan dalam akuarium ini. Dibuka untuk umum sejak tanggal 30 April 2004, lokasi ini juga punya sebuah kafe dan restoran terkenal.


7National Aquarium (Amerika Serikat)

akuariumterbesar7

Sekitar 1,5 juta wisatawan mengunjungi akuarium yang berlokasi di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat ini sejak dibuka pada tahun 1981 silam. Lebih dari satu juta galon air mengisi National Aquarium ini, sebagai tempat hidup sekitar 16.500 makhluk laut dari 660 spesies. Selain itu, juga terdapat rainforest terrarium pada bagian atap akuarium ini. Dengan koleksi yang sangat banyak itu, tak heran jika jutaan pengunjung selalu memadatinya setiap tahun.


6Monterey Bay Aquarium (Amerika Serikat)

akuariumterbesar6

Terdapat dua tangki super besar setinggi 10 meter yang masing-masing berkapasitas 1,2 juta galon air pada Monterey Bay Aquarium. Akuarium yang sangat terkenal ini berada di daerah Cannery Row, Monterey, California, Amerika Serikat, dan terbuka untuk umum sejak tanggal 20 Oktober 1984. Ada lebih dari 35.000 makhluk laut dengan sekitar 623 spesies, seperti ikan paus, ubur-ubur, ikan pari, berang-berang laut, tuna, dan hiu yang menghuni akuarium ini.


5Turkuazoo (Turki)

akuariumterbesar5

Sebanyak 10.000 makhluk laut dan hewan air tawar menjadi koleksi akuarium yang berlokasi di dalam pusat perbelanjaan Istanbul Shopping Mall, Turki ini; mulai dari ikan pari, piranha, hingga hiu. Saat dibuka untuk umum pada tahun 2009, Turkuazoo yang pembangunannya didanai oleh publik ini sempat menjadi akuarium terbesar di dunia, dengan tangki terbesar berisi lebih dari 1,3 juta galon air. Di dalamnya juga ada terowongan sepanjang 80 meter.


4L’Oceanografic (Spanyol)

akuariumterbesar4

Sebagai akuarium terbesar dan terluas di ‘benua biru’, L’Oceanografic dilengkapi tangki berisi 1,85 juta galor air. Akuarium ini terletak di dalam ‘Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan’ atau ‘City of Arts and Sciences’, yang merupakan nama sebuah aula pameran di Valencia, Spanyol. Sekitar 45.000 biota laut terdapat dalam akuarium ini, berasal dari Antartika dan Laut Mediterania. Bangunan akuarium ini juga mengagumkan dengan arsitektur modern.


3The Okinawa Churaumi Aquarium (Jepang)

akuariumterbesar3

Hiu paus menjadi daya tarik utama dari akuarium yang berada di di dalam Ocean Expo Park, Pulau Okinawa, Jepang ini. Pasalnya, hewan langka dan terbesar di lautan itu memang jarang disimpan di dalam aquarium. Tak hanya itu, ikan pari manta juga menarik perhatian banyak pengunjung. Kedua makhluk laut itu hidup dalam The Okinawa Churaumi Aquarium dengan tangki berkapasitas 2 juta galon air. Atraksi utama ‘Kuroshio Sea’ juga wajib untuk dinikmati.


2Aquarium Dubai dan Discovery Centre (Uni Emirat Arab)

akuariumterbesar2

Mall terbesar di dunia, The Dubai Mall menjadi lokasi bagi akuarium terbesar dan terluas di Asia, Aquarium Dubai dan Discovery Centre. Memiliki tangki dengan kapasitas 2,64 juta galon air, akuarium yang dibuka untuk umum sejak tanggal 4 November 2008 ini menyimpan 33.000 hewan laut. Hebatnya lagi, akuarium ini juga memiliki panel akrilik terbesar di dunia untuk menyaksikan berbagai jenis makhluk laut tersebut, termasuk jenis hiu dan ikan pari.


1Georgia Aquarium (Amerika Serikat)

akuariumterbesar1

Inilah akuarium terbesar dan terluas di dunia, yakni Georgia Aquarium yang terletak di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Tangki akuarium yang resmi dibuka pada tanggal 23 November 2005 ini memiliki kapasitas 6,3 juta galon air. Menariknya lagi, Georgia Aquarium menjadi satu-satunya akuarium di luar Asia yang menyimpan kelompok hiu paus di antara 100.000 hewan laut koleksinya. Menyaksikan pameran Ocean Voyager juga bisa jadi pilihan.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry