Pop Culture

10 Alat Transportasi Jadul yang Kini Telah Hilang Ditelan Masa

Kemajuan teknologi telah memasuki berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam hal transportasi. Di zaman dahulu, kendaraan belum se-canggih saat ini dan masih bersifat tradisional. Penasaran dengan kendaraan yang ada di Indonesia beberapa dekade yang lalu ? Berikut 10 alat transportasi yang pernah ada di Indonesia di masa lalu.


10Trem

Bagi Anda warga Jakarta, mungkin sudah tidak asing dengan transportasi tradisional bernama Trem. Tren memiliki bentuk seperti kereta api yang lengkap dengan relnya. Hanya saja, trem dapat beroperasi di jalan raya. Saat ini, trem sudah tidak beroperasi di Indonesia dan telah digantikan dengan moda MRT dan Busway.


9Cidomo

Alat transportasi yang pernah populer di pulau Lombok adalah Cidomo. Transportasi yang digerakkan oleh kuda ini memiliki rupa yang hampir sama dengan delman. Bedanya, delman menggunakan roda kecil, sedangkan Cidomo menggunakan roda mobil bekas pada kedua sisinya.


8Pesawat Bayu

Bayu Indonesia Air menjadi pilihan banyak orang untuk berpergian jauh pada tahun 1980-an. Pada zaman dulu, hanya masyarakat kelas menengah atas yang bisa menjadi penumpangnya. Saat ini, pesawat bayu sudah tidak beroperasi karena izin penerbangan maskapai sudah dibekukan oleh Kementrian Perhubungan.


7Bemo

Bagi Anda yang suka menonton serial ‘Si Doel Anak Sekolahan’, pasti tidak asing dengan alat transportasi yang satu populer di tahun 1990-an. Bemo pertama kali digunakan di Indonesia pada awal tahun 1962 dan kini sudah tidak beroperasi lagi karena tergerus dengan tranportasi modern.


6Nayor

Hampir sama dengan Cidomo, dimana kuda menjadi penggerak utamanya. Perbedaann antara keduanya terletak pada posisi tempat duduk penumpang dan ukuran roda yang lebih kecil.


5Lori Wagon

Kendaraan yang mirip becak ini memiliki model yang lebih sederhana. Generasi milenial mungkin tidak pernah melihat alat transportasi yang satu ini karena memang Lori Wagon beroperasi sekitar tahun 1930-an di Aceh. Lori Wagon menjadi alat transportasi favorit penduduk pribumi dan Belanda zaman dulu.


4Bus Tingkat

Dahulu, bus tingkat beroperasi di berbagai kota, seperti Surabaya, Semarang, Solo dan Jakarta. Bus tingkat ini beroperasi pertama kali pada tahun 1968 dan semakin populer hingga tahun 1990-an. Sampai saat ini, Anda masih bisa menemukan bus tingkat ini di kota Bandung dan Solo sebagai transportasi wisata.


3Helicak

Helicak merupakan singkatan dari helicopter dan becak dimana pengemudi berada di bagian belakang, sedangkan penumpang duduk di depan. Helicak dilengkapi dengan penutup yang terbuat dari serat kaca di bagian depan. Sayangnya, transportasi yang memuat 2 orang dewasa ini telah dilarang beroperasi lagi sejak tahun 1987 karena keselamatan penumpang yang kurang terjamin.


2Pedati

Pedati merupakan gerobak beroda dua yang ditarik oleh kerbau atau sapi. Pada zaman dulu, pedati sering digunakan untuk membawa barang-barang hasil pertanian. Bahkan, pedati masih bisa dikumpai di beberapa daerah pedesaan dan pelosok hingga sekarang.


1Oplet

Oplet juga dikenal luas dari film ‘Si Doel Anak Sekolahan’. Alat transportasi ini beroperasi sejak tahun 1950 hingga tahun 1979 dan kemudian digantikan oleh mikrolet. Oplet terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian pengemudi dengan pintu samping dan bagian belakang untuk penumpang.

Kendaraan-kendaraan tersebut menyimpan nilai sejarah tersendiri bagi perkembangan alat transportasi di Indonesia. Meskipun beberapa di antaranya sudah tidak beroperasi lagi, tapi pengetahuan tentang transportasi zaman dulu perlu kita miliki untuk dapat berkaca pada transisi moda transportasi di sekitar kita.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry