Olah Raga

10 Atlet Dunia yang Paling Berprestasi di Olimpiade Sepanjang Masa

Olimpiade merupakan ajang olahraga terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun. Ribuan atlet dari lebih 200 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi untuk meraih ratusan keping medali dalam setiap penyelenggaran olimpiade. Para atlet itu pun berusaha menunjukkan prestasi demi mendapatkan medali, bahkan tidak sedikit yang mencatatkan rekor dunia. Berikut 10 atlet dunia yang paling berprestasi di olimpiade sepanjang masa.


10Jesse Owens

atletpalingberprestasi10

Mantan atlet Amerika Serikat ini pernah disebut sebagai ‘atlet terbesar dan paling terkenal dalam sejarah atletik Amerika Serikat’ oleh surat kabar New York Times. Jesse Owens ikut berpartisipasi dalam Olimpiade Berlin pada tahun 1936 yang dibuka secara resmi oleh Adolf Hitler. Pria yang sudah meninggal pada tanggal 31 Maret 1980 dalam usia 66 tahun ini pun berhasil meraih empat medali emas sekaligus lewat cabang olahraga lari dan lompat jauh.


9Usain Bolt

atletpalingberprestasi9

Dijuluki sebagai manusia tercepat, Usain Bolt telah mencatatkan rekor dunia dalam cabang olahraga lari nomor 100 meter dengan waktu 9,58 detik. Sprinter legendaris Jamaika ini mulai berpartisipasi di ajang olimpiade sejak Olimpiade Beijing pada tahun 2008, setelah sukses luar biasa di kejuaraan dunia junior. Dia pun langsung memenangkan tiga medali emas pada kesempatan debutnya itu, dan tiga medali emas lagi di Olimpiade London 2012.


8Nadia Comaneci

atletpalingberprestasi8

Dia dianggap sebagai pesenam paling sempurna sepanjang masa dalam olimpiade. Di usia masih 14 tahun, Nadia Comaneci ikut dalam Olimpiade Montreal di Kanada pada tahun 1976 mewakili Rumania, dan langsung menciptakan rekor dunia dengan nilai sempurna, 10. Ketika itu, dia berhasil meraih tiga medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu. Kemudian, dua medali emas dan dua medali perak di Olimpiade Moskow, Rusia tahun 1980.


7Jim Thorpe

atletpalingberprestasi7

Tak hanya menuai sukses di football america dan bisbol, Jim Thorpe juga bisa bermain dalam cabang olahraga basket dan berbagai acara di olimpiade, sehingga dikenal sebagai atlet yang bisa bermain dalam beberapa cabang olahraga. Dia pun berhasil meraih medali emas di cabang Decathlon dan Pentathlon pada Olimpiade Stockholm, Swedia, tahun 1912 mewakili Amerika Serikat. ABC Sports pun memilihnya sebagai ‘Olahragawan Terbesar Abad 20’.


6Paavo Nurmi

atletpalingberprestasi6

Tidak terkalahkan untuk rekor dunia 121 lomba pada nomor di atas 800 meter, termasuk tak terkalahkan dalam nomor cross country dan nomor 10.000 meter selama 14 tahun karirnya, mantan pelari jarak menengah-jauh Finlandia, Paavo Nurmi pun dianggap sebagai yang terbaik sepanjang masa, bahkan setelah kematiannya tahun 1973. Dia meraih sembilan medali emas dan tiga perak dalam tiga edisi olimpiade pada tahun 1920, 1924, dan 1928.


5Mark Spitz

atletpalingberprestasi5

Atlet renang dari Amerika Serikat ini adalah yang terhebat sebelum juniornya memecahkan semua rekornya. Mark Spitz memenangkan tujuh medali emas di Olimpiade Munchen tahun 1972, yang menjadi salah satu penampilan terbaiknya dalam sejarah olimpiade. Sebelumnya dia juga sudah pernah meraih dua medali emas, satu perak dan satu perunggu di Olimpiade Mexico tahun 1968. Alhasil, dia terpilih masuk ‘Hall of Fame’ dunia renang pada tahun 1977.


4Carl Lewis

atletpalingberprestasi4

Satu lagi atlet dari Amerika Serikat yang menjadi salah seorang atlet dunia paling berprestasi di olimpiade sepanjang masa. Carl Lewis adalah pemegang rekor dunia lompat jauh, dan tak terkalahkan sejak tahun 1984. Dia juga pernah mencatat waktu di bawah 10 detik pada nomor lari 100 meter, dan di bawah 20 detik di nomor lari 200 meter. Prestasinya, sembilan medali emas dan dua medali perak pada ajang olimpiade tahun 1984, 1988, 1992 dan 1996.


3Nikolai Andrianov

atletpalingberprestasi3

Nikolai Andrianov dianggap sebagai pesenam pria terbaik sepanjang masa. Bahkan, hingga kini atlet dari Uni Soviet ini juga masih memegang rekor pria individu untuk sebagian medali olimpiade dalam cabang senam artistik. Total 15 medali telah diraihnya sepanjang karirnya di olimpiade pada Olimpiade Munchen tahun 1972, Olimpiade Montreal tahun 1976 dan Olimpiade Moskow tahun 1980. Yakni, tujuh medali emas, lima perak, dan tiga perunggu.


2Larisa Latynina

atletpalingberprestasi2

Memenangkan total 18 medali sepanjang karir olimpiadenya, Larisa Latynina dikenal sebagai pesenam terbaik dunia. Bahkan, rekor atlet Uni Soviet ini juga masih tidak terkalahkan untuk 14 medali di cabang individu. Dia meraih empat medali emas, satu perak, dan satu perunggu di Olimpiade Melbourne tahun 1956; tiga emas, dua perak, dan satu perunggu di Olimpiade Roma tahun 1960, serta dua emas, dua perak, dan dua perunggu di Olimpiade Tokyo 1964.


1Michael Phelps

atletpalingberprestasi1

Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps bisa dikatakan sebagai atlet dunia yang paling berprestasi di Olimpiade sepanjang masa. Dia menjadi alet dengan raihan medali terbanyak di olimpiade, yakni 22 medali pada kurun waktu penyelenggaraan Olimpiade Athena 2004, Olimpiade Beijing 2008, dan Olimpiade London 2012. Bahkan, sejumlah rekor dunia milik seniornya, Mark Spitz yang telah bertahan selama puluhan tahun berhasil dipecahkannya.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.