Kuliner

10 Benda di Restoran yang Paling Banyak Mengandung Kuman dan Bakteri

Banyak tips beredar mengenai kebiasaan makan sehat adalah makanan yang gizi serta prosesnya kita lakukan sendiri, alias makan di rumah. Kurang lebih ada benarnya, karena kita bisa mengontrol sendiri kebersihan segala sesuatunya. Bagaimana dengan makan di luar? Apakah makan di restoran menjamin lebih bersih dari di warung? Belum tentu! Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Georgia Pacific International, inilah 10 benda di restoran yang paling subur menjadi sarang bakteri, kuman, virus dan bermacam mikroorganisme lainnya!


10Makanan buffet/prasmanan dan wadahnya

Wadah makanan prasmanan yang terus-menerus dijaga hangat temperaturnya adalah lahan berkembang biak yang pas untuk bakteri, terutama: E-coli, salmonella dan norovirus.


9Buku menu

Bakteri yang ditemukan di buku menu yang berpindah-pindah tangan dapat menyebabkan infeksi staphylococcus, infeksi tenggorokan dan banyak jenis infeksi lainnya.


8Pegangan/gagang pintu

Penelitian pada tahun 2005 menyebutkan bahwa sebanyak 18 persen orang gak mencuci tangannya sehabis menggunakan toilet. Hal tersebut membuat menjamurnya bakteri, kuman serta virus pada gagang pintu di restoran.


7Kran wastafel

Di restoran, kran wastafel yang secara konstan disentuh oleh tangan-tangan yang kotor itu jarang dibersihkan. Pastikan ketika kamu menyabuni tanganmu, kamu sabuni juga kerannya dan membilasnya bersamaan.


6Gelas minuman

Mulut gelas tanpa disadari merupakan tempat bakteri dan kuman hinggap karena pelayan restoran sering tanpa sadar menyentuhkan bagian tangannya di mulut gelas tersebut.


5Tempat duduk dan meja makan

Tempat duduk sering kali gak dibersihkan setelah dipakai oleh tamu. Padahal suhu hangat ketika kita duduki ditambah dengan bakteri dan kuman dari tangan orang, celana ataupun popok bayi (ih!) adalah tempat berkembang biak yang cocok untuk bakteri, kuman dan virus. Seringnya justru dibersihkan dengan kain yang sudah kotor dan malah menyebarkan bakteri.


4Botol saos

Segala macam botol saos atau kecap seringkali diisi ulang tapi jarang sekali dibersihkan apalagi seharusnya dicuci dengan semprotan antibiotik.


3Wadah sabun

Tangan yang terkontaminasi dengan bakteri dari kotoran, akan mengontaminasi wadah sabun pencetan di restoran. Lakukan dengan benar, jangan sampai menyentuh tangan yang kotor.


2Wadah garam/merica

Sudah rahasia umum di semua restoran bahwa wadah garam atau merica seringkali diisi ulang tapi sangat jarang dibersihkan/dicuci. Berikan saran pada restoran yang kamu kunjungi agar mereka gak melupakan itu.


1Irisan jeruk/lemon/buah

Penelitian pada tahun 2007 yang terpublikasi dalam The Journal of Environmental Health menyebutkan bahwa 70 persen irisan buah yang dibiarkan lama akan mengandung mikroorganisme berbahaya seperti E-coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan serius, begitu juga bakteri dari kotoran yang lainnya.


Nah, setelah tahu apa saja benda yang menjadi sarang kuman dan apa efeknya, ada baiknya kamu selalu membawa hand-sanitizer kemana-mana. Pastikan juga kamu membersihkan fasilitas umum yang kamu gunakan setelah selesai, seperti dudukan toilet ataupun keran wastafel. Mulai dari diri sendiri untuk kepentingan bersama ya!

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry