Flora & Fauna

10 Binatang Peliharaan yang “Out Of The Box”

Kebanyakan orang di dunia ini memilih anjing, kucing, kelinci, bahkan kuda untuk dijadikan binatang peliharaan. Namun, tidak semua jenis binatang yang dipelihara itu imut dan menggemaskan. Beberapa orang berfikiran “out of the box” dalam urusan memelihara binatang di rumah atau pekarangannya. Jika kamu ingin mencoba memelihara binatang yang “out of the box” dibawah ini ada 10 binatang yang mesti kamu coba untuk kamu pelihara, So tunggu apa lagi guys, lets check it out!


10Bearded Dragon

ootb10

Asalnya dari Australia, Bearded Dragon atau naga berjenggot (sekilas nampak seperti Iguana) sekarang menjadi popular di kalangan binatang peliharaan. Mereka hidup hanya sampai umur delapan tahun. Bearded Dragon hidup di daerah kering, berbatu, kawasan semi-gurun, dan hutan terbuka (yg penuh dengan semak-semak). Bearded Dragon sangat suka memanjat, suka hinggap di ranting dan semak-semak, bahkan kadang juga ditemukan dipagar rumah, itupun kalau daerah perumahan tersebut dekat dengan habitat mereka. Selain tempat diatas, Bearded Dragon juga suka berjemur di atas batu besar dan kecil di pagi dan sore hari. Makanannya adalah sayuran hijau, buah dan bunga, jangkrik, dan belalang. Bearded Dragon tergolong binatang yang suka bersosialisasi, jadi usahakan seing diajak bermain ya guys!


9Boa Constrictor

ootb9

Ular ini berasal dari Mexico dan bisa ditemukan di seluruh wilayah di Amerika Selatan termasuk kepulauan sekitarnya. Bia Constrictor adalah jenis ular yang besar dengan panjang yang bisa mencapai 8 sampai 12 kaki dengan berat mencapai 80 pon. Jenis betinyanya bisa lebih besar dan panjang. Boa ini memiliki penampilan corak yang menyerupai sadle. Campuran warnanya dari abu-abu sampai coklat, biasanya boa yang masih kecil warnanya sedikit lebih terang dibandingkan dengan boa yang sudah dewasa. Boa yang masih kecil diberi makan dengan tikus yang sudah berbulu, tapi bukan pinkys, Sementara ular boa yang agak besar bisa diberi makan dengan 3 tikus dewasa atau kelinci yang masih kecil, sekali setiap 2 s/d 3 minggu. Sedangkan boa yang masih kecil bisa diberi makan setiap minggu sekali untuk mempercepat pertumbuhannya. Oh iya guys, ular ini jika kamu pelihara dengan baik bisa mencapai umur 30 tahun loh.


8Leopard Gecko

ootb8

Leopard Gecko atau Tokek Macan Tutul, asalnya dari Negara Pakistan, India, dan Iran. Binatang ini termasuk ke dalam golongan hewan nocturnal (muncul di malam hari). Tokek Macan Tutul ini diberi nama macan tutul karena corak tubuhnya menyerupai macan tutul. Hewan ini menjadi popular untuk dipelihara karena cara pemeliharaannya yang relative mudah. Jika kamu ingin memelihara tokek jenis ini, kamu bisa sediakan Vivarium atau kotak plastic dengan ukuran 90x45x45cm. jangan letakkan sesame pejantan di satu kandang karena akan saling berkelahi. Hindari juga untuk meletakkan pejantan dan betina yang umurnya kurang dari satu tahun, karena bisa menyebabkan si betina stress karena perkawinan dini (hehe kayak sinetron aja ya guys). Makanan kesukaan si tokek macan tutul ini adalah ulat sutra, jangkrik, dan belalang. Sebelum dikasih si tokek, kaki belakang belalang nya dibuang dulu ya, supaya si tokek nggak keselek.


7Kura-Kura Air

ootb7

Kura-Kura Air (Terrapine Carolina) menjadi primadona binatang peliharaan baru di kalangan remaja karena penampilannya yang unik dan lucu. Kura-kura air hidup di sebagian besar belahan dunia, daerah subtropis maupun tropis baik air tawar maupun air laut. Di habitat aslinya, kura-kura air menjalani proses hibernasi (“tidur” dalam jangka panjang) sebagai antisipasi dari adanya musim yang ekstrim, yaitu dengan merendamkan dirinya dalam lumpur selama kondisi ekstrim. Lain halnya dengan kura-kura air yang dipelihara dalam kandang, hibernasi tidak pernah dilakukan karena tidak ada lagi musim yang ekstrim. Makanan dan penghangat/pendingin sudah disediakan. Lagi pula dalam kandang tidak disediakan tempat yang cocok untuk berhibernasi. Penampilan kura-kura air memang unik dan lucu.

Hewan air ini pun dapat hidup di daratan. Di bagian punggungnya terdapat cangkang yang keras dan berwarna indah. Kura-kura air memiliki banyak jenis, tapi yang paling digandrungi di kalangan remaja adalah kura-kura Galapagos, kepala babi, kotak-kotak, dan Alligator. Makanan utamanya adalah ikan, daging, serta cacing. Jika kamu ingin memelihara hewan yang satu ini, kamu harus menyediakan kolam, tapi bukan kolam susu loh guys..hehe


6Sugar Glider

ootb6

Sugar Glider (Petaurus breviceps) adalah hewan kecil yang termasuk hewan omnivora, arboreal dan marsupial. Sugar Glider berbentuk menyerupai tupai terbang, dan diberi nama demikian karena mereka lebih menyukai makanan manis (nectar bunga di hutan) dan mampu melayang dari satu tempat ke tempat lain. Sugar Glider merupakan hewan yang habitat aslinya berada di Indonesia (Papua) dan Australia. Mereka sering ditemui di hutan yang memiliki banyak pohon eucalyptus. Sebagai hewan nocturnal, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di siang hari dengan tidur dan aktif mencari makan di malam hari. Serangga, hewan-hewan kecil dan getah manis dari pohon tertentu (eucalyptus, acacia, gumtrees) adalah makanan utaman mereka di alam liar. Jika kamu memelihara dan merawatnya dengan benar, Sugar Glider dapat mencapai umur hingga 14 Tahun. Sugar Glider juga bisa dibawa kemana-mana. Kamu cukup taruh di kantong baju kamu ataupun di pundak kamu.


5Serangga Batang atau Serangga Tongkat

ootb5

Masih inget film Bugs Life? Kalau kamu perhatikan di salah satu karakternya ada serangga panjang seperti tongkat, ya serangga Tongkat atau serangga Batang namanya. Tubuhnya mirip ranting dan itu adalah sebagai pertahanan hidupnya untuk menghindari serangan predator dengan berkamuflase bersama ranting disekitarnya. Umur dari Serangga tongkat ini bervariasi, ada yang beberapa bulan sampai 2 tahun, dan panjang tubuhnya juga bervariasi tergantung speciesnya, ada yang kecil sekitar 10 cm, bahkan kabarnya pernah juga ditemukan yang panjang tubuhnya 30cm. Jika kamu ingin memelihara si serangga yang satu ini kamu bisa menyiapkan Faunarium yang bisa didapatkan di petshop atau took ikan hias, atau toples plastic besar yang tutup dan pinggiran atasnya sudah diberi lubang kecil-kecil sebanyak banyaknya juga sudah cukup kok. Kamu tidak perlu menyediakan tempat minum, cukup semprot dan basahi saja daun-daunnya sudah cukup. sedangkan untuk suhunya, asalkan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin saja, stick insect juga bisa di handling, atau di jalankan ditangan. dia tidak berbau dan tidak berisik.


4Macaw

ootb4

Di hutan habitat aslinya di Amerika Selatan, burung macaw adalah hewan sosial yang sering berkumpul dalam kelompok berjumlah 10 hingga 30 ekor. Burung ini biasanya memiliki pasangan seumur hidup dan dapat hidup hingga usia 60 tahun. Meski terkesan liar di habitatnya atau di alam bebas, namun macaw juga burung yang mudah jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Karena macaw burung yang hidupnya bergerombol atau berkelompok, dan bersosialisasi. Sebaiknya memelihara macaw minimal dua ekor. Ini untuk menghindari burung macaw stres, karena merasa kesepian.

Kandang untuk macaw lebarnya minimal 1,5 meter, dengan tinggi 2 meter. Ini ukuran minimal kandang untuk burung macaw besar. Kandang ini bisa terbuat dari kawat halus atau juga besi. Selain kandang kurung, macaw bisa juga di buatkan tangkringan dari batang kayu yang tidak bergetah, tetapi harus dirantai pada kakinya supaya tidak terbang jauh. Makan mereka tergolong mudah, mereka suka makan buah-buahan, juga biji-bijian. Namun jangan sekali-sekali memberi makan macaw dengan buah alpukat ataupun coklat. Bagi macaw ini bisa menjadi racun di dalam tubuhnya, perutnya akan menolak , bisa-bisa si macaw mengalami diare, hihihi


3Kecoa Madagaskar

ootb3

Kecoa Madagaskar (Gromphadorhina portentosa) bukan binatang asli Indonesia, dia berasal Amerika Serikat. Kecoa ini memiliki gerakan yang lebih lambat dari kecoa yang sering ditemui di rumah, sehingga gampang ditangani. Serangga ini dijamin lebih banyak yang geli, jijik, bahkan takut walaupun tidak beracun sama sekali. Tapi hewan ini juga sudah mulai populer, dan banyak yang memeliharanya, Kecoak madagascar tidak berbau seperti kecoak yang ada dirumah-rumah, pemeliharaannya cukup mudah, cukup dikasih makan sayuran atau buah-buahan, terkadang kecoa madagascar juga dijadikan pakan hewan peliharaan lainnya seperti Tarantula atau kalajengking, dsn hewan pemangsa liannya.

Untuk mengembangbiakkannya juga cukup mudah. Cukup dengan membuat kandang dari terrarium atau akuarium khusus untuk reptil. Atau bisa juga dengan kontainer plastik. Kontainer plastic yang digunakan, untuk 2 ekor jantan dan 8 ekor betina, cukup yang ukuran 45 cm. Untuk pakannya bisa diberikan sayur dan pellet.


2Landak Mini

ootb2

Landak Mini adalah mamalia dari keluarga Erinaceinae. Ada 16 spesies Landak Mini dalam 5 genus, dan ditemukan di Eropa, Asia, Africa dan New Zealand. Landak Mini dapat dengan mudah dikenali dari duri dibadannya, dimana itu merupakan rambut berongga yang keras. Duri-duri mereka tidak beracun atau berkait, dan tidak seperti bulu dari porcupine (landak hutan), duri Landak Mini tidak mudah lepas dari tubuhnya. Bila kita sudah terbiasa memegangnya, maka duri-durinya tidak terasa sakit, seperti memegang sikat rambut.

Landak mini memiliki sifat “nocturnal” atau aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari mereka cenderung menyembunyikan dirinya ditempat-tempat gelap. Karena sifatnya yang suka sembunyi disiang hari, maka pada tempat pemeliharaanya kita bisa menggunakan Pipa Paralon ukuran 4inci atau talang air yang dipotong sepanjang 20cm, kotak sepatu atau strofoam sebagai tempat untuk landak bersembunyi. Meskipun diklasifikasikan sebagai insectivora (pemakan serangga), namun Landak Mini dapat pula diberikan pakan buatan seperti pakan kering anjing dan kucing, namun sebaiknya ditambahkan pula variasi lain seperti ulat hongkong, ulat jerman, jangkrik dan serangga lainnya. Sebaiknya tidak memberikan susu kepada Landak Mini karena usus mereka sensitif terhadap susu dalam jumlah yang banyak.


1Tarantula

ootb1

Tarantula adalah salah satu jenis laba-laba yang dikelompokkan dalam bangsa Theraphosidae. Dalam bangsa ini, terdapat sedikitnya 900 macam spesies tarantula. Tarantula dengan kaki besar dan tubuh berbulu yang banyak dikenal orang adalah American Tarantula (tarantula Amerika). Jenis inilah yang banyak diternakkan dan bahkan diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.

Jika kamu tidak masalah dengan perawakannya yang menyeramkan, maka memelihara tarantula sebenarnya aman-aman saja jika kamu tahu betul tarantula mana yang bisa dipelihara. Karena setiap tarantula mempunyai bisa pada gigitannya yang dapat menyebabkan korbannya mengalami kondisi yang disebut tarantism, yang dapat berujung pada kematian. Tapi kadar bisa yang dimiliki setiap tarantula berbeda berdasarkan jenisnya masing-masing. Tarantula Amerika contohnya, bisa menyebabkan tarantism tapi tidak sampai menimbulkan kematian dalam hanya satu gigitan saja. Tapi, jenis tarantula yang dikenal dengan tarantula wolf spider atau Lycosa tarantula, dapat menyebabkan kematian dengan racun di setiap gigitannya. Nah, kalau kamu berminat untuk menjadikan tarantula sebagai peliharaan, pastikan dulu kamu mengenal jenis tarantulanya dengan baik ya guys..


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!