Game, Komik & Manga

10 Board Games Seru yang Wajib Dimainkan Bareng Sahabat. Monopoli Mah Lewat!

Jenis board games seru apakah yang paling Anda sukai? Ada ular tangga, monopoli, dan halma. Atau permainan susun kata scrables yang kadang bikin gemas dan pusing kepala? Tentu permainan board games tersebut sangat seru jika dimainkan beramai-ramai, bukan? Tak hanya monopoli saja, ternyata banyak board games baru yang bisa buat pemainnya ketagihan, lho. Wah, monopoli bisa lewat, nih.


10Merchant of Venus

Anda penggemar hal-hal berbau luar angkasa? Coba saja main board games Merchant of Venus. Para pemain harus mampu mengeksplorasi rute-rute rumit yang tampak seperti rasi bintang. Seseorang bisa dikatakan menang dalam board games seru ini jika berhasil mengumpulkan $2000-$4000. Kira-kira, butuh waktu berapa lama ya untuk memenangkan board games seru ini.


9Survive: Escape From Atlantis

Pernah mendengar kisah Atlantis, benua yang hilang? Nikmati suasana misteriusnya Atlantis bersama teman dan sahabat dengan memainkan board games bertema Atlantis ini. Misi yang harus diselesaikan dari board games seru ini adalah melarikan diri dari pulau yang akan tenggelam. Selama permainan, pemain boleh membantu pemain yang lainnya. Namun bagi pemain yang dibantu, bisa-bisa ini adalah sebuah jebakan! Lawan main bisa membawamu ‘tenggelam’ dimakan hiu atau monster laut!


8Star Wars: Rebellion

Bingung ingin mengisi waktu luang? Sesekali, Anda bisa refreshing sejenak dengan berkumpul bersama teman-teman. Biar semakin seru, mainkan saja beberapa permainan board games atau kartu. Board games seru Star Wars: Rebellion bisa dijadikan alternatif pilihan.

Seperti diberitakan Popular Mechanics, board games ini memiliki banyak figures yang asyik untuk dimainkan, banyak dadu, dan token maupun kartu permainan. Para pemain yang memainkannya diajak berpetualang seperti di galaksi yang sesungguhnya.


7Grand Austria Hotel

Ingin belajar strategi mengelola usaha horeca (hotel, restaurant, dan cafe)? Belajar saja dari board games Grand Austria Hotel. Para pemain membawa misi untuk mengambil alih urusan kafe dan hotel, misalnya memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Pada awal putaran permainan, pemain akan dihadapkan pada pilihan-pilihan melempar dadu yang terbatas.


6Sapiens

Sapiens yang satu ini bukanlah salah satu jenis manusia purba. Namun, Sapiens kali ini adalah sejenis board games dengan tema kehidupan manusia gua pada zaman dahulu. Tugas pemain adalah mengumpulkan food points dan shelter points ketika sudah memasuki ‘gua’. Namun, ada hal yang menarik dalam permainan ini. Poin yang dihitung adalah poin terkecil dari food points dan shelter points yang Anda miliki. Disepanjang perjalanan permainan pun, lawan main bisa ‘memblok’ perjalanan Anda dengan beruang.


5Balloon

Fitriani Naim dan FeiraTochi adalah pasangan suami istri kreatif dibalik board games inovatif bernama Balloon. Board games Balloon adalah board games bertema persahabatan. Berbeda dengan board games lainnya, Balloon dapat dimainkan dalam dua mode permainan. Mode couple untuk dua orang, sedangkan mode Party untuk 2-4 pemain.

Dalam satu set board games Balloon terdapat 28 buah kartu Balloon dengan sisi bolak balik, buku petunjuk permainan dalam dua bahasa, 30 buah kartu poin, 23 buah kartu skill, 2 papan permainan, dan tak ketinggalan 25 buah kartu resources.

Pemenang dalam permainan ini adalah pemain yang berhasilkan poin paling banyak. Poin itu sendiri didapatkan dari membalikkan kartu balon. Untuk bisa membalikkan kartu Balloon, pemain cukup mengumpulkan kartu resources. Namun, jumlah dan warna kartu resource harus sama dengan jumlah dan warna kartu Balloonnya, lho. Bagaimana, cukup menantang bukan?


4Pagelaran Yogyakarta

Yogyakarta, kota yang kental dengan seni dan budaya menginspirasi Diah Rahmawati, Adhitya Wahyu Purnama, Eko Heri Siswanto, dan Erwin Jarot Skripsiadi untuk membuat board games inovatif bernama Pagelaran Yogyakarta. Seperti dilansir Kompas, pemain yang memainkan Pagelaran Yogyakarta berpura-pura sebagai manager sebuah gedung pertunjukan. Jika ingin mendapatkan poin yang banyak, pemain harus mampu menunjukkan pertunjukan atau show yang disukai penonton.


3Perjuangan Jomblo

Daripada terlalu menjiwai beratnya menjadi seorang jomblo, Anda bisa menghibur diri dengan memainkan board games Perjuangan Jomblo ini. Misi dari board games seru ini adalah mendapatkan pujaan hati. Sama halnya seperti di dunia nyata, mendapatkan pujaan hati tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus memenuhi ‘syarat dan ketentuan berlaku’ demi mendapatkan sang pujaan hati.

Namun jangan senang dulu, disepanjang perjalanan permainan, perjuangan jomblo bisa ‘bubar’ begitu saja, lho. Apalagi kalau bukan ulah sejenis kartu perusak pertemanan yang bisa tiba-tiba muncul saat permainan sedang berjalan. Seperti dilansir dari Board Game ID, board games seru Perjuangan Jomblo ini adalah karya anak muda inovatif Vicky Belladino dan Hamzah Alfarabi. Board games seru ini cocok banget buat dimainkan bareng gebetan.


2Waroeng Wars

Dalam board games Waroeng Wars, pemain dapat berpura-pura menjadi pemilik warung. Cara memainkan board games seru karya Aditya Pradana, Adhicipta Raharja Wirawan, dan Wikan Prabowo ini cukup mudah. Untuk menjadi pemenang, pemain harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Adapun poin yang didapat berasal dari kartu menu makanan yang tersedia. Wah, seru banget nih untuk dimainkan bareng teman kos, keluarga, dan sahabat.


1Monas Rush

Monas Rush adalah board games asli Indonesia dengan tujuan mempromosikan persatuan dan kesatuan melalui permainan. Board games seru ini bisa dimainkan 2-6 pemain. Misi yang harus diselesaikan dalam permainan ini adalah berlomba-lomba untuk mengambil emas pada puncak Monas.

Selama perjalanan permainan, banyak tantangan-tantangan mengejutkan yang harus diselesaikan, lho. Board games Monas Rush sendiri terinspirasi oleh mekanisme permainan panjat tebing dan memiliki esensi tersendiri. Pemenang panjat pinang hanyalah seorang. Namun dalam mewujudkannya, banyak teman satu tim rela ‘pasang badan’ dan diinjak supaya menang.

Seperti dilansir The Jakarta Post, enam pemain yang memainkan board games ini memiliki karakternya masing-masing. Keenam pemain mewakili identitas ikonik enam pulau yang ada di indonesia. Mereka adalah Marco si Harimau Sumatra, Bin-Bin Badak Jawa, Gomu Gurita Sulawesi Utara, Elizabeth Orang Utan Kalimantan, Olly Burung Cendrawasih dari Papua, dan Abud Komodo dari Nusa Tenggara Timur. Adapun pemuda-pemuda jenius, kreatif, dan inspiratif yang menciptakan board games seru ini adalah Timothy Istianto, Boy Dozan, dan William Davis.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Fahrani Nisrina Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fahrani Nisrina
Guest
Fahrani Nisrina

itu yang lokal2 beli dimana??

error: Sorry