Bisnis, Fashion & Hobby Sejarah

10 Brand Fashion Mewah Paling Berpengaruh di Dunia

brandmewah-intro

Perkembangan di dunia fashion sejak awal abad ke-20 telah berkembang pesat, baik fashion wanita maupun pria. Majunya teknologi dan arus informasi menjadi salah satu penyebab fashion telah merambah ke seluruh lapisan masyarakat, termasuk di Indonesia. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa trend mode terkini dalam perkembangan dunia fashion, banyak dipengaruhi oleh budaya Barat. Trend mode di benua Eropa—terutama di kota Paris dan Milan—dan benua Amerika Serikat hingga kini masih menjadi acuan fashion yang paling digemari.

Berikut ini adalah 10 brand fashion mewah paling berpengaruh. Kamu pasti terkejut melihat rankingnya dan bagaimana brand fashion bisa bernilai begitu tinggi di mata dunia.


10Coach (Brand Value : US$3,2 Milyar atau sekitar Rp 41,7 Triliun)

brandmewah10

Coach, Inc. adalah perusahaan barang-barang mewah yang terbuat dari kulit asal Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan di Manhattan, New York pada tahun 1941. Saat ini, Coach dikelola oleh CEO Lewis Frankfort.

Tahun 2013, Coach memiliki lebih dari 600 toko di Amerika Serikat dan Kanada, dan saat ini masuk ke dalam 10 brand mewah paling berharga di dunia dengan brand value lebih dari US$ 3,2 Milyar atau setara Rp 41,7 Triliun!

Coach pernah berkolaborasi dengan Billy Reid untuk memproduksi salah satu tas paling mahal di dunia, dengan harga sekitar US$ 20,000. Produk Coach umumnya bisa dibanderol dengan harga sekitar US$500, tetapi perusahaan ini terus memasuki pasaran mewah dengan harga barang yang lebih tinggi.


9Fendi (Brand Value : US$ 3,6 Milyar atau sekitar Rp 46,9 Triliun)

brandmewah9

Fendi adalah perusahaan fashion asal Italia, didirikan di Roma pada tahun 1925 oleh Adele Casagrande. Fendi memiliki lebih dari 117 toko di seluruh dunia, dan berkantor pusat di Roma, Italia.

Perusahaan barang mewah, Fendi, adalah brand fashion termewah dengan urutan ke-9 di dunia, dengan brand value US$ 4,6 Milyar—setara Rp 46,9 Triliun. Produk Fendi yang paling terkenal, tas “baguette” dijual dengan harga sekitar US$ 2.000 sampai US$ 5.000 per item. Wow!


8Burberry (Brand Value : US$ 4,1 Milyar atau sekitar Rp 53,4 Triliun)

brandmewah8

Burberry Group plc, yang lebih dikenal dengan nama Burberry adalah perusahaan mode dari Inggris. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1856 oleh Thomas Burberry. Bermula di sebuah kota kecil di Basingstoke, sekarang Burberry berkantor pusat di London. Burberry beroperasi di bawah tiga merek, termasuk Burberry Prorsum, Burberry London, dan Burberry Brit.

Burberry mendapat urutan ke-6 di antara brand-brand fashion mewah paling berpengaruh di dunia, dengan brand value lebih dari US$ 4,1 Milyar—sekitar Rp 53,4 Triliun. Perusahaan ini telah membuka lebih dari 500 gerai toko di lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Salah satu produk Burberry paling terkenal adalah mantel yang terbuat dari bulu burung merak seharga US$ 35.000.


7Cartier (Brand Value : US$ 6,3 Milyar atau sekitar Rp 82,1 Triliun)

brandmewah7

Société Cartier, atau lebih dikenal Cartier, adalah produsen jam tangan dan perhiasan asal Perancis. Perusahaan ini didirikan oleh Louis-François Cartier di tahun 1847 di Paris, memiliki kantor pusat di Paris. Cartier sekarang dikelola oleh CEO Stanislas de Quercize.

Perusahaan brand mewah urutan ke-7 ini memiliki brand value lebih dari US$ 6,3 Milyar—sekitar Rp 82,1 Triliun—dan saat ini memiliki lebih dari 200 gerai toko yang tersebar di 125 negara di dunia. Salah satu koleksi terbaiknya, Cartier WatchTank Anglaise, dijual dengan harga sekitar US$ 32.000.


6Chanel (Brand Value : US$ 7 Milyar atau sekitar Rp 91,2 Triliun)

brandmewah6

Chanel adalah perusahaan swasta asal Perancis yang didirikan oleh Coco Chanel pada tahun 1909. Kini, perusahaan ini dimiliki oleh Alain dan Gerard Wertheimer, yaitu cucu dari mitra bisnis Chanel terdahulu. Kantor pusat Chanel berada di Paris. Brand ini terkenal dengan barang-barang mewah berkualitas terbaik, di antaranya adalah trademark No.5 de Chanel, parfum terlarisnya. Marilyn Monroe merupakan salah satu selebriti paling terkenal yang pernah menjadi brand ambassador Chanel.

Chanel sebagai salah satu brand fashion termewah di dunia menempati urutan ke-6 dengan brand value US$ 7 Milyar—sekitar Rp 91,2 Triliun! Salah satu koleksi termahalnya, tas klasik “The Chanel Diamond Forever“, dijual sekitar US$ 261.000. Wah!


5Rolex (Brand Value : US$ 7,9 Milyar atau sekitar Rp 10,2 Triliun)

brandmewah5

Siapa sih yang ga kenal brand jam tangan ternama ini? Rolex S.A. atau lebih dikenal dengan nama Rolex, sangat terkenal dengan kualitas jam tangan terbaik. Koleksi Rolex dirancang, diproduksi, dan didistribusikan oleh perusahaan Rolex sendiri. Rolex memiliki anak perusahaan, yaitu Montres Tudor S.A. yang memproduksi dan mendistribusikan jam tangan dibawah merek Rolex serta merek Tudor.

Produsen arloji asal Swiss ini didirikan pada tahun 1905 oleh Alfred Davis dan Hans Wilsdorf. Perusahaan ini memulai usahanya di London, dan 15 tahun setelahnya, tahun 1919, kegiatan operasional Rolex pindah ke Jenewa, Swiss.

Rolex menempati peringkat ke-5 brand fashion paling berharga di dunia dengan brand value sekitar US$ 7,9 Milyar—sekitar Rp 10,2 Triliun. Sebuah arloji Rolex dari koleksi Pearlmaster bisa dibeli dengan harga US$ 53.000.


4Prada (Brand Value : US$ 9,4 Milyar atau sekitar Rp 122,5 Triliun)

brandmewah4

Prada S.P.A. atau lazim dikenal Prada, adalah sebuah rumah mode asal Italia yang didirikan oleh Mario Prada pada tahun 1913. Kantor pusat Prada berlokasi di Milan, Italia, dan kini dikelola oleh CEO Patrizio Bertelli.

Prada adalah brand fashion paling mewah yang menempati urutan ke-4 di dunia, dengan brand value US$ 9,4 Milyar—sekitar Rp 122,5 Triliun. Brand value Prada meningkat tajam sejak tahun 2012 dari sebelumnya bernilai US$ 5,7 Milyar menjadi US$ 9,4 Milyar di tahun 2014. Hebat ya!

Brand Prada terkenal lewat salah satu novel dan film yang berjudul ‘The Devil Wears Prada‘ yang diperankan oleh Anne Hathaway. Prada juga termasuk ke dalam daftar Brandz 100 Most Valuable Global Brands di tahun 2014. Salah satu koleksi rancangan Prada yang terkenal adalah tas kulit burung unta (ostrich) bisa dibanderol dengan harga sekitar US$ 10.000 per buahnya.


3Gucci (Brand Value : US$ 12,7 Milyar atau sekitar Rp 168,1 Triliun)

brandmewah3

Peringkat ke-3 brand fashion mewah ditempati oleh rumah mode asal Italia, Gucci. Rumah mode asal Florence, Italia ini, saat ini Gucci bernaung dibawah Gucci Group dan dimiliki oleh perusahaan asal Perancis yaitu Kering. Gucci didirikan pada tahun 1921 oleh Guccio Gucci. CEO Gucci saat ini adalah Patrizio di Marco.

Gucci mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak 2012, karena peningkatan brand value sebesar 48%, dari US$ 8,8 Milyar menjadi US$ 12,7 Milyar. Gucci menempati peringkat ke-60 dalam daftar Brandz 100 Most Valuable Brands tahun 2014.

Salah satu koleksi tas Gucci yang terkenal terbuat dari kulit buaya dijual seharga sekitar US$ 35.000.


2Hermès (Brand Value : US$ 19,2 Milyar atau sekitar Rp 250,2 Triliun)

brandmewah2

Brand Hermès banyak dikenal lewat rancangan syal/selendang dan tasnya yang mendunia. Hermès International S.A, kebanyakan dikenal sebagai Hermès Paris, adalah produsen barang mewah asal Perancis yang didirikan tahun 1837. Perusahaan ini menempati brand fashion termewah peringkat kedua, dan peringkat ke-41 dalam daftar Brandz 100 Most Valuable Brands tahun 2014.

Salah satu koleksi rancangan Hermès, orange bags, dapat dibeli dengan harga sekitar US$ 4.420. Pada tahun 2011, Hermès memecahkan rekor dunia ketika salah satu koleksi tas terkenalnya, Hermès Birkin Bag, terjual dalam sebuah acara lelang dengan harga spektakuler US$ 203.150 dan menjadi tas termahal yang pernah terjual di acara lelang. Berarti harga tas itu sekitar Rp 2,64 Milyar loh!


1Louis Vuitton (Brand Value : US$ 28,4 Milyar atau sekitar Rp 370,1 Triliun)

brandmewah1

Menempati peringkat pertama, Louis Vuitton Malletier atau sering disebut Louis Vuitton (LV) merupakan rumah mode asal Perancis yang ditemukan oleh Louis Vuitton pada tahun 1854. Penemu LV, yakni Louis Vuitton terlahir di sebuah kota kecil bernama Jura, Perancis, yang kemudian ia pindah ke Paris dengan cara sangat tradisional: berjalan kaki. Ia berjalan lebih dari 400 km menuju pusat kota mode dunia, dimana ia bekerja sebagai seorang pegawai magang di luggage-maker Monsieur Marechal. Tak lama kemudian, ia mulai mendesain tas karyanya sendiri.

Sebelum memulai brand dengan namanya sendiri, Louis Vuitton memulai perusahaan yang memproduksi tas koper dengan nama Malletier à Paris, di Paris. Ketika para pengusaha produsen tas serupa mulai meniru desainnya, tahun 1888, Vuitton menciptakan pola Damier Canvas, yang menjadi trademark LV (berbahan dasar monogram canvas yang menjadi desain logo awal LV, sebenarnya didesain oleh anaknya Georges).

Largest LV Store in Indonesia, located at Plaza Indonesia, Jakarta.

Dinobatkan sebagai brand fashion paling mewah dan paling berpengaruh di dunia, Louis Vuitton memiliki brand value sebesar US$ 28,4 Milyar—atau senilai Rp 370,1 Triliun—dan masuk ke daftar World’s Most Valuable Brands peringkat #10 oleh Forbes.

Sebuah tas rancangan Louis Vuitton umumnya memiliki harga lebih dari US$ 10.000, dan koleksi arloji Tambour Monogram dihargai sekitar US$ 26.000 hingga US$ 29.000 per buahnya.

Daftar 10 brand fashion mewah paling berpengaruh di dunia menunjukkan Louis Vuitton menduduki posisi puncak secara signifikan. Fakta menarik lainnya yang perlu kamu tahu adalah, 5 dari 10 brand mewah terbaik ternyata terlahir dari Perancis, dan 2 dari Italia. Hanya 3 brand yang berasal dari negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris dan Swiss.

Mudah-mudahan suatu hari brand fashion asal Indonesia bisa berkiprah dan menjadi ternama juga ya seperti mereka! 🙂


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry