Flora & Fauna

10 Buah Paling Aneh, Unik dan Tak Terduga yang Pernah Ada

Kita tentu pernah mengenal berbagai macam jenis buah-buahan. Mulai dari buah-buahan yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai negara hingga buah-buahan khas Indonesia. Sebut saja pisang, pepaya, apel, dan jeruk yang tidak sulit untuk Anda temukan di negara-negara lain. Atau buah-buahan lokal seperti salak, durian, dan nangka yang dapat Anda temui di Indonesia.

Namun, ternyata masih banyak sekali varian buah di dunia ini yang ternyata unik dan beraneka ragam. Tak sedikit dari buah-buahan tersebut yang memiliki segudang manfaat, namun terdapat pula buah-buahan yang jika tidak dapat diolah dengan baik akan mematikan.

Buah-buahan unik, aneh, dan tak terduga seperti apa saja yang dimaksud? Simak selengkapnya.


10Apel Kayu

buahaneh10

Apel kayu atau wood apple. Mendengar nama buah tersebut saja mungkin sebagian dari kita akan berpikir keras. Buah apel biasa saja membutuhkan tenaga untuk mengunyahnya, apalagi apel kayu? Buah ini sendiri berasal dari daratan India dan Srilanka.

Buah ini memiliki struktur kulit yang keras seperti kayu. Buah ini sendiri pada umumnya berwarna abu-abu, kuning, atau hijau. Buah ini sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif. Begitupula pohonnya yang dijaga dan dirawat dengan baik. Hal ini disebabkan karena pohon buah apel kayu dianggap suci dan dikeramatkan oleh umat Hindu.


9Kiwano Melon

buahaneh9

Buah kiwano melon merupakan salah satu buah yang unik dan belum pernah ditemui di Indonesia. Buah ini memiliki kulit luar seperti buah naga, namun susunan struktur bijinya melingkar seperti mentimun. Kiwano melon sendiri adalah buah sungguhan yang tumbuh di Selandia Baru, California, dan Afrika Selatan.

Kiwano melon sendiri memiliki berwarna kekuning-kuningan dengan isi buah berwarna hijau terang. Bagian dalam buahnya seperti jelly dengan banyak biji. Kiwano melon sendiri sering disebut-sebut merupakan buah dengan perpaduan timun, jeruk, dan pisang.


8Cupuacu

buahaneh8

Buah cupuacu adalah buah unik yang berasal dari daratan Amazon. Buah ini juga dijuluki dengan sebutan ‘superfruit’ karena citarasanya yang tak bisa digambarkan dengan kata-kata dengan manfaat yang luar biasa.

Cupuacu seringkali disajikan sebagai makanan penutup. Sari buah yang mirip dengan pir dengan campuran pisang dan nanas membuat banyak orang yang mengetahui jenis buah ini menjadi menyukainya.


7Safou, Si Pir Afrika

buahaneh7

Buah safou atau dengan nama ilmiah Dacryodes edulis ini berasal dari hutan tropis lembab Afrika. Buah ini memiliki warna kulit biru keungu-unguan dengan isi buah berwarna hijau pucat. Buah ini memiliki panjang sekitar 14 cm.

Uniknya, buah ini disebut-sebut memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi permasalahan kelaparan di Afrika. Safou mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, trigliserida, asam lemak esensial, dan asam amino.


6Yangmei

buahaneh6

Yangmei atau buah strawberrynya Tiongkok ini dikenal pula dengan sebutan bayberry. Nama latinnya adalah Myrica rubra. Buah ini dapat dinikmati dengan berbagai macam cara. Baik dimakan mentah secara langsung, difermentasi, maupun dikeringkan. Bahkan, yangmei memiliki kandungan – kandungan tertentu sehingga dapat dikeringkan dan dijadikan sebagai bahan minuman keras yang disebut dengan baijiu.


5Mamey Apple

buahaneh5

Mamey Apple atau Mammee apple atau Aprikot Santo Domingo merupakan spesies buah-buahan asli Amerika Selatan. Buah ini kemudian dikenal dan memiliki beragam variasi. Buah ini juga dapat ditemukan di Florida dan Hawaii. Buah ini memiliki diameter sekitar 20 cm. Buah ini berkulit tebal dengan isi buah berwarna kuning. Isi buah mamey apple rasanya manis.


4Hala Tree Fruit

buahaneh4

Buah unik kali ini datang dari Hawaii. Kawasan Hawaii bukan hanya terkenal akan pemandangan pantainya yang indah saja, namun juga keanekaragaman hayatinya. Buah tersebut tampak terdiri dari sekumpulan tusukan-tusukan kecil yang berwarna cerah. Pohon halla tree fuit ini sendiri sebenarnya masih termasuk dalam golongan screwpine asli Australia dan Kepulauan Pasifik.


3Pepino

buahaneh3

Pepino adalah buah dengan corak seperti semangka yang berasal dari persilangan antara melon dengan pir. Pepino memiliki citarasa manis. Pepino ditanam di daerah Amerika Selatan dan diekspor hingga Selandia Baru dan Turki.


2Ackee

buahaneh2

Buah ini memiliki bentuk yang sungguh aneh. Mungin Anda akan bertanya-tanya betapa beraninya mereka yang pertama kali menemukan dan memakan buah yang aneh ini. Buah ini sering disebut dengan ‘vegetables brain’ karena bentuknya tidak wajar layaknya buah yang lain.

Buah ini merupakan buah asli khas Afrika Barat. Bahkan hingga kini, buah tersebut telah dibudidayakan di Jamaika, Kuba, dan Haiti. Uniknya, buah ini juga dijadikan sebagai pelengkap masakan di daerah Karibia.

Jika tidak berhati-hati, buah ini justru membahayakan. Jika tidak dimakan dan diolah dengan cara yang benar, buah ini dapat menimbulkan penyakit. Salah satunya adalah muntah-muntah yang berujung koma dan kematian.


1Physalis

buahaneh1

Banyak yang tidak menyangka bahwa physalis termasuk dalam golongan buah-buahan. Buah ini dibungkus dengan lembaran-lembaran kulit berserat yang tak biasa. Banyak orang yang mengatakan bahwa buah ini memiliki kekerabatan yang erat dengan golongan tomat, paprika, dan terong.

Buah ini memberikan sensasi kesegarannya tersendiri dengan tingkat keasaman yang sama dengan tomat. Physalis sering disajikan dengan pasta dan diolah menjadi saus physalis yang segar. Hmm, betapa nikmatnya!


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
TentikFauzhan Syabhil Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fauzhan Syabhil
Guest
Fauzhan Syabhil

Physalis mirip ciplukan ya,
Kalo Hala mirip asam Sihala di Sumut.
Sering dimanfaatkan sbg bumbu penyedap makanan khas arsik ikan mas.

Semangat untuk Tim Tentik ya, demi menyajikan info-info menarik buat pembaca!

Tentik
Guest

Terima kasih mas Fauzhan utk masukan dan semangatnya 😀