Dunia Medis

10 Buah Paling Top Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kesehatan wajah bagi seorang wanita merupakan sebuah investasi yang sangat berharga. Dengan memiliki kulit wajah yang bersih, sehat dan cantik membuat para wanita semakin percaya diri akan penampilannya. Tak jarang banyak wanita yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk perawatan wajahnya di klinik kecantikan. Dari hal tersebut terkesan kalau wajah yang cantik, bersih dan sehat hanya bisa didapatkan oleh para sosialita dan wanita-wanita lain yang memiliki banyak uang.

Tapi tahukah anda bahwa cantik itu gak harus mahal. Kali ini saya mau berbagi informasi tentang manfaat buah-buahan untuk merawat kesehatan kulit wajah anda. Gunakanlah cara yang alami karena hasilnya lebih natural dan sehat ketimbang menggunakan produk kecantikan yang terbuat dari bahan kimia, alih-alih punya wajah cantik malah akan membuat wajah anda tidak sehat.

Silahkan menyimak manfaat buah-buahan untuk kesehatan kulit wajah, semoga bermanfaat untuk para wanita-wanita di Indonesia.


10Strawberry

Buah strawberry adalah buah yang populer di Indonesia, warna buahnya yang merah merona mejadikan suatu daya tarik tersendiri. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi penting yang diperlukan untuk kulit wajah. Seperti vitamin A, vitamin C dan Vitamin E.

Manfaat buah strawberry untuk kesehatan wajah adalah membuat kulit wajah menjadi bersih dan halus, Mencerahkan kulit wajah yang kusam dan Menghilangkan pembengkakan dibawah mata.

Cara menbuat masker strawberry adalah siapkan satu buah strawberry yang sudah matang dan masih segar, kemudian blender buah strawberry tersebut dan campurkan satu sendok teh madu murni. Setelah itu gunakan masker strawberry tersebut keseluruh wajah hingga leher sambil dipijat-pijat lembut. Diamkan selam 20 menit lalu bersihkan wajah anda menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan handuk yang bersih. Lakukan secara teratur.


9Belimbing

Buah belimbing adalah buah yang banyak dijumpai karena banyak masyarakat Indonesia yang menanam pohon belimbing didepan rumahnya. Buah belimbing bukan hanya enak untuk dimakan tapi bisa juga dijadikan untuk perawatan kulit wajah anda.

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan wajah adalah, bisa menghaluskan kulit wajah yang kasar, Mencegah kerutan dan tanda-tanda penuaan dini, mencegah dan menghilangkan jerawat dan Mengurangi kadar minyak di wajah yang berlebihan.

Cara membuat masker dari buah belimbing adalah siapkan satu buah belimbing yang telah matang atau berwarna kuning, lalu parut buah belimbing tersebut. Setelah itu oleskan parutan buah belimbing tadi keseluruh wajah sampai area leher. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan menggunakan air bersih. Lakukan secara teratur agar hasilnya optimal.


8Tomat

Buah tomat adalah buah yang tak kenal musim hampir setiap hari buah ini ada di pasar terutama didapur kita. Buah tomat ini sangat mudah didapatkan, menanamnyapun sangat mudah cukup di sebar bijinya nanti akan tumbuh sendiri. Tahukah anda kalau buah tomat ini memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari pada jeruk.

Buah tomat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah anda. Buah tomat dapat mengobati jerawat, menghaluskan dan mencerahkan kulit dan dapat mengatasi komedo, muka kering dan kusam.

Cara membuat masker tomat untuk perawatan wajah. Ambil satu buah tomat kemudian haluskan menggunakan blender, setelah itu oleskan masker tomatnya keseluruh area wajah sampai leher anda. Diamkan terlebih dahulu selama 15 – 30menit setelah masker kering basuhlah wajah anda menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk halus.


7Pepaya

Buah papaya adalah buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Buah ini sangat mudah kita temui, di daerah mana saja, karena karakteristik pohonnya yang mudah beradaptasi dan mudah ditanam. Kita pasti pernah mendengar atau melihat produk sabun papaya bagi perawatan kecantikan. Buah papaya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori di kulit wajah.

Cara membuat masker dari buah papaya adalah Ambil buah papaya secukupnya kira-kira 100 gram lalu di tumbuk atau di blender papaya tersebut campur dengan madu. Setelah itu oleskan masker papaya tersebut ke daerah wajah sampai keleher diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.


6Mentimun

Buah mentimun banyak manfaatnya, orang melamun banyak susahnya.. hehe.. itu sedikit pantun dariku. Buah mentimun ini sudah terkenal akan khasiatnya bagi perawatan kulit wajah, harganya yang terjangkau menjadikan buah ini menjadi primadona dikalangan masyarakat luas.

Apa aja sih manfaat buah mentimun untuk perawatan kulit wajah, berikut ulasannya. Buah mentimun dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata, mengurangi bengkak pada kantung mata, mengurangi bintik hitam dan meremajakan kulit.

Cara membuat masker mentimun adalah siapkan 2 buah mentimun yang segar kemudian cuci bersih lalu parut atau blender buah mentimun tersebut. Letakkan masker buah mentimun tersebut ke seluruh wajah dan leher. Jangan dibilas atau dibasuh dulu sebelum masker buah mentimun tersebut mengering, kira-kira diamkan selama 20 menit. Setelah masker mentimun kering di wajah anda, cuci wajah anda sampai bersih menggunakan air dingin, lap wajah anda menggunakan handuk bersih.


5Bengkuang

Semua orang pasti sudah tahu khasiat buah bengkoang untuk kecantikan wajah. Banyak produk kecantikan yang terbuat dari buah bengkoang. Manfaat buah bengkoang untuk kecantikan adalah dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, menyegarkan kulit wajah, memutihkan kulit wajah dan mencegah penuaan dini.

Meskipun sudah banyak produk kecantikan yang terbuat dari buah bengkoang, namun tidak ada salahnya kita mencoba membuat masker bengkoang sendiri karena, manfaatnya akan lebih terasa dan tidak ada efek samping karena bebas dari bahan kimia.

Cara membuat masker bengkoang adalah ambil bengkoang berukuran sedang, kupas kulitnya kemudian cuci hingga bersih, tumbuk atau blender buah bengkoang tersebut. Setelah itu peras airnya, lalu endapkan perasan air bengkoang tersebut diamkan kira-kira 1 jam sampai ada bagian puih yang mengendap seperti tepung. Oleskan endapan tepung tersebut ke seluruh wajah dan leher, diamkan sampai masker kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut.


4Manggis

Buah manggis, buah yang satu ini sedang naik daun karena khasiatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Berbagai produk suplemen yang berasal dari kulit manggis kini mulai banyak di pasaran. Keunikan dari buah ini adalah kita bisa menebak isi dari buah manggis sebelum kita membuka kulitnya.

Selain untuk kesehatan tubuh, buah Manggis juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Seperti menghaluskan kulit wajah, mencerahkan kulit wajah, mengencangkan kulit wajah dan menghilangkan jerawat. Kali ini yang akan di gunakan adalah kulit manggisnya untuk buahnya dimakan saja, sayang juga kalau buat masker karena rasanya yang lezat dan manis hehe…

Caranya ambil 2 buah kulit manggis yang sudah dibersihkan, lalu di blender dengan ditambahkan setengah gelas air. Blender sampai halus, setelah itu peras airnya sampai habis dan biarkan selama 3 jam sampai terdapat endapan ekstrak kulit manggis. Setelah itu, gunakan endapan kulit manggis tadi sebagai masker wajah. Lakukan perawatan masker wajah kulit manggis ini setiap malam dan biarkan sampai esok pagi lalu bersihkan.


3Semangka

Buah semangka adalah buah yang banyak mengandung air, rasanya yang manis dan segar sangat nikmat di makan saat cuaca panas. Buah ini memiliki bayak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh yang sering dijadikan sebagai obat tradisional, buah semangka juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Buah semangka bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah, melembutkan kulit, mengatasi kerutan di wajah dan menghilangkan noda hitam di wajah.

Cara membuat masker semangka adalah ambil buah semangka secukupnya kira-kira 100 gram tumbuk sampai halus dan campurkan 1 sendok teh garam. Setelah itu oleskan masker semangka tersebut ke seluruh wajah sampai leher diamkan kira-kira 15 menit setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk yang bersih.


2Alpukat

Buah alpukat ini rasanya pahit sehingga lebih nikmat di sajikan dalam bentuk jus atau es buah. Meskipun pahit, buah yang satu ini memiliki kelezatan tersendiri dan aroma buahnya yang menenangkan.

Buah Alpukat mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan wajah. Kali ini saya akan membahas manfaat buah alpukat untuk perawatan wajah agar wajah terlihat bersih, sehat dan cantik.

Kandungan vitamin A dalam alpukat dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menyehatkan kulit dan melembabkan kulit. Cara membuat masker alpukat adalah pertama-tama kocok telur sampai berbusa dan tambahkan susu bubuk lalu tumbuk atau blender daging buah alpukat. Aduk sampai merata, setelah itu oleskan pada wajah anda secara teratur. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air dingin.


1Pisang

Yeah…. buah pisang, siapa sih yang gak kenal sama buah yang satu ini. Rasanya yang enak dan manis serta harganya yang terjangkau menjadikan buah ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, buah ini juga bermanfaat loh.. untuk perawatan kulit wajah agar tetap sehat, bersih dan cantik pastinya.

Buah pisang berkhasiat untuk mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat dan mengangkat sel – sel kulit mati. Caranya adalah kita membuat masker dari buah pisang kemudian masker pisang tersebut dioles-oleskan keseluruh wajah dan leher. Diamkan selama beberapa menit kira-kira 15 menit, setelah itu bersihkan menggunakan air hangat dan lap menggunakan handuk yang bersih.

Lakukan cara ini dengan rutin dalam beberapa minggu hingga terlihat hasilnya.


Sekian informasi tentang 10 macam manfaat buah-buahan untuk kesehatan kulit wajah, semoga ada manfaatnya selamat mencoba dan siap-siap mendapatkan wajah yang bersih, sehat dan cantik pastinya. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih terasa.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of