Olah Raga

10 Cedera Mengerikan Sepanjang Sejarah MMA

MMA adalah sejenis olahraga beladiri modern yang mencampurkan teknik pukulan, tendangan, bantingan, dan kuncian dalam bertarung. Dari definisinya saja kita sudah dapat membayangkan apa yang terjadi di atas ring, dan sudah pasti cedera kerap terjadi. Saya akan mengulas 10 Cedera Mengerikan Sepanjang Sejarah MMA, menonton videonya saja sudah membuat saya bergidik. Selamat menikmati. Salam olahraga!


10Pergeseran Tulang Siku

Terjadi di tahun 2008, Steve Cantwell bertanding melawan Razak Al-Hassan. Steve mendominasi jalannya pertandingan sampai akhirnya ia berhasil menjatuhkan Razak dan mengunci tangannya. Razak tetap tidak mau menyerah. Keputusan yang fatal, siku Razak tergeser dan pertandingan langsung dihentikan oleh wasit. Razak menjalani perawatan selama 4 bulan dan mulai bertanding lagi 10 bulan berikutnya.


9Tulang Hasta Patah

cederamma9

Kejadian ini sudah berlangsung 10 tahun yang lalu, namun tidak ada yang dapat lupa akan apa yang terjadi pada Tim Sylvia. Lawannya, Frank Mir, mengunci tangan Sylvia dalam posisi yang anda bisa lihat di atas. Dalam waktu singkat, sang wasit langsung menghentikan pertandingan. Penonton pun kebingungan kenapa pertandingan dihentikan sampai video replaynya diperlihatkan dalam gerakan lambat. Terlihat jelas tulang hasta Sylvia patah menjadi dua. Namun jangan kuatir, Sylvia sudah sembuh total dan dapat bertanding lagi.

8Tangan Patah

cederamma8

Dalam pertandingan sengit antara Mizuto Hirota melawan Shinya Aoki, Aoki mengunci tangan Hirota di belakang punggungnya dalam posisi ‘hammerlock’. Sama seperti Razak, Hirota menolak untuk menyerah dan Hirota terpaksa mematahkan tangannya. Setelah pertandingan dihentikan, Aoki mengejek dengan memberikan jari tengahnya tapi kemudian dia meminta maaf dan menyesal telah melakukan itu.


7Dua Tulang Kaki Patah Dan Sendi Robek

Pertandingan baru berlangsung di babak pertama saat Jamie Varner mematahkan dua tulang kakinya saat menahan tendangan keras dari sang lawan, James Krause. Dan yang bikin merinding, Varner terus melanjutkan pertandingan selama 5 menit ke depan.


6Tulang Lengan Atas Patah

Ini kedua kalinya anda mendengar nama Frank Mir dalam list ini, dan kedua kalinya juga Frank Mir mematahkan tulang lawan. Kali ini korban bernama Minotauro Nogueira. Sebenarnya Nogueira berhasil melemparkan tinju kanan ke Frank, membuat ia terjatuh, namun Frank berhasil membalikan keadaan dan mematahkan tulang lengan atas Nogueira seperti yang anda dapat lihat di video di atas.


5Pergelangan Kaki Tergeser

Cedera ini terjadi di tahun 2007 dalam pertarungan antara Rosi Sexton dan Windy Tomomi. Tomomi terus bertahan ketika Rosi mencoba untuk mengangkat dan membanting dirinya, namun gagal karena Rosi berhasil membantingnya. Celakanya pergelangan kaki Tomomi tergeliat dan tergeser membuat pertandingan langsung dihentikan.


4Tulang Kering Patah

Pertandingan ini merupakan salah satu pertandingan yang paling dinantikan, dan akhirnya berakhir mengenaskan. Anderson Silva mengalami cedera parah setelah menendang kaki Chris Weidman. Tendangannya ini mematahkan tulang kering fibula dan tibia Silva dan dalam waktu singkat Silvia langsung rebah ke lantai dan berteriak kesakitan.


3Rahang Hancur

cederamma3

Mark Hunt terkenal oleh kekuatan tinjunya dan memang terbukti saat ia meng-KO lawannya, Stefan Struve, dengan cara meninjunya dan menghancurkan rahangnya. Pada awal babak ketiga, Hunt mendaratkan tinju kanannya ke rahang Struve, diikuti oleh hook tangan kirinya. Hunt lalu berjalan menjauh karna ia tahu bahwa pertandingan telah usai.


2Muka Tak Berbentuk Lagi

cederamma2

Satu kata, brutal. Kazushi Sakuraba sudah mengeluarkan usaha dan jurus terbaiknya untuk menjatuhkan Ricardo Arona, tapi apa daya, petarung Jepang ini harus menerima kekalahan dan pulang dengan muka tak berbentuk lagi. Dalam dua ronde pertama, telinga Sakuraba mulai berdarah, lalu seluruh wajahnya seperti yang anda lihat dari gambar di atas.


1Tulang Kering Patah

Cedera ini sama dengan apa yang dialami oleh Silva, namun jauh lebih mengerikan. Terjadi di tahun 2003, saat pertandingan baru berlangsung selama 4 detik, Rob Evans melemparkan tendangan ke arah Ross Pettifer. Apa yang terjadi berikutnya bisa anda lihat dari video di atas. Intinya, tulang kering Evans patah dengan cara yang sangat mengerikan.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!