Sejarah

10 Dinosaurus Terbesar yang Pernah Menginjak Bumi

Lupakan T-Rex ataupun Spinosaurus, meski ukurannya sangat besar seperti yang digambarkan di film Jurassic Park, ternyata mereka masih tergolong kecil dibandingkan dinosaurus yang ada di list ini. Tahukah Anda, sepuluh dinosaurus terbesar yang pernah hidup dan berjalan di bumi ternyata semuanya adalah herbivora alias pemakan tumbuhan. Terima kasih untuk para paleontologists yang telah menganalisa fosil-fosil dinosaurus sehingga kita bisa tahu siapa yang terbesar dari yang terbesar. Untuk bapak Muhammad A. Ibrohim, terima kasih idenya dan selamat membaca.


10Giraffatitan

dinosaurusterbesar10

Menempati urutan nomor 10 yaitu Giraffatitan Brancai dengan berat 37.5 ton dan tinggi tubuh sepanjang gedung White House di Amerika. Seperti namanya yang ada unsur “Giraffe” atau Jerapah, dinosaurus ini memiliki leher yang sangat panjang, kira-kira setengah dari total panjang tubuhnya. Giraffitian sanggup menghabiskan berjam-jam memakan daun di pohon-pohon tinggi di Afrika.


9Futalognkosaurus

dinosaurusterbesar9

Menuju Amerika Selatan kita menemukan Futalognkosaurus Dukei dengan berat tubuh 42 ton! Panjang tubuhnya jauh lebih besar dari Paus Biru, dan untuk pengetahuan Anda, Paus Biru adalah binatang terbesar jaman ini.


8Elaltitan

dinosaurusterbesar8

Selanjutnya adalah Elaltitan Lilloi dari Argentina. Dengan berat 47 ton dan tinggi 30 meter, itu sama saja dengan total tinggi 6 jerapah! Berat badannya juga sebanding dengan 28 kuda nil. Mengerikan bukan?


7Turiasaurus

dinosaurusterbesar7

Turiasaurus Riodevensis adalah salah satu dari dinosaurus terbesar yang ditemukan di benua Eropa. Dinosaurus dengan bobot 56 ton ini pada jamannya menghuni Spanyol bagian Timur dan Portugal. Peneliti sebelumnya percaya bahwa Turiasaurus lebih pintar dari dinosaurus karena otak kedua yang ditemukan di ekornya, namun ternyata itu bukan otak melainkan saraf tulang belakang.


6Brachiosaurus

dinosaurusterbesar6

Berbobot 62 ton, Brachiosaurus Altithorax pernah menjadi dinosaurus terbesar di dunia setelah fosilnya ditemukan oleh Elmer Riggs di tahun 1903. Brachiosaurus menghuni Amerika, Portugal, Algeria sampai Tanzania. Meski tubuhnya besar, namun berat otaknya hanya 6.5 ons saja, bahkan masih lebih ringan daripada setengah kantong gula. Setidaknya Brachiosaurus sempat menjadi bintang di film Jurassic Park tahun 1993.


5Sauroposeidon

dinosaurusterbesar5

Spesies Sauroposeidon Proteles, dari Amerika Utara, hanya dikenal dari beberapa spesimen atau fosil yang belum lengkap. Jadi tidak ada yang bisa menebak berapa berat atau tinggi tubuhnya secara akurat. Beberapa ahli paleontologi berteori bahwa beratnya mungkin sekitar 55-66 ton. Setidaknya kita tahu panjang lehernya dari tulang belakang yang ditemukan yakni sepanjang 12 meter.


4Dreadnoughtus

dinosaurusterbesar4

Lagi-lagi dari Amerika Selatan, Dreadnoughtus Schrani berbobot 65.4 ton dan tidak mempunyai musuh alami selama dia hidup. Dreadnoughtus baru saja ditemukan pada tahun 2014, membuat kita berpikir bahwa mungkin masih ada banyak dinosaurus lainnya yang masih tertimbun tanah. Untuk perbandingan, berat Dreadnoughtus adalah 7x lipat berat T-Rex dan juga lebih berat daripada pesawat Boeing 737.


3Paralititan

dinosaurusterbesar3

Lacovara dan tim-nya menemukan tulang belulang Paralititan Stromeri pada tahun 2001 di Mesir. Berdasarkan fosilnya, paleontologist meng-estimasi berat badan Paralititan sebanding dengan 55 mobil.


2Puertasaurus

dinosaurusterbesar2

Dengan estimasi berat badan 88-110 ton, Puertasaurus dari Amerika Selatan ini memegang urutan nomor 2 dari 10 dinosaurus terbesar yang pernah hidup. Diameter dadanya saja mencapai 5 meter, cukup untuk memasukan 1 gajah Afrika dengan mudah ke dalamnya. Meski begitu, Puertasaurus masih kalah dengan dinosaurus terbesar di bawah ini.


1Argentinosaurus

dinosaurusterbesar1

Menempati urutan nomer 1 adalah Argentinosaurus Huinculensis dari Amerika Selatan. Dengan ukuran tubuh 35 meter dan berat 88-110 ton, Argentinosaurus hampir sepanjang patung Christ the Redeemer di Brazil. Dan ini semua baru hanya estimasi dari beberapa bagian tulangnya, jika peneliti menemukan lebih banyak lagi fosilnya, bukan tidak mungkin kalau ukuran dan berat Argentinosaurus akan menjadi jauh lebih besar lagi.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.