Flora & Fauna Misteri

10 Dinosaurus yang Dikabarkan Masih Hidup di Afrika

Dinosaurus sudah punah sejak berjuta-juta tahun yang lalu, namun masih ada yang dapat bertahan hidup hingga sekarang seperti buaya, kecoak, atau burung. Lalu bagaimana dengan spesies dinosaurus lain seperti yang kita lihat dalam film Jurassic Park? Apakah mereka benar-benar sudah punah?

Jawabannya susah dijelaskan, beberapa ilmuwan percaya ada sebagian dinosaurus yang masih hidup di belahan dunia yang belum tereksploitasi manusia. Faktanya suku lokal di Afrika tahu akan adanya hewan besar yang hidup di pedalaman hutan. Ketika peneliti memperlihatkan mereka gambar hewan yang ada di bumi sekarang ini dan gambar dinosaurus, mereka serentak menunjuk ke gambar dinosaurus tersebut. Apakah yang mereka saksikan dengan mata mereka sendiri benar-benar dinosaurus hidup di Afrika?


10Muhuru

dinosaurushidupafrika10

Muhuru adalah hewan misterius yang mendiami hutan di Kenya. Saksi mata menggambarkannya sebagai binatang besar dengan kulit seperti baja dan ekor menyerupai gada atau pentungan. Adalah misionaris Cal Bombay dan istrinya yang membuat laporan pertama atas makhluk itu.

Ada spekulasi bahwa makhluk ini mungkin menjadi spesies yang masih hidup dari dinosaurus pemakan tumbuhan yang disebut Ankylosaurs. Diyakini telah punah selama 150 juta tahun, Ankylosaurs adalah hewan herbivora berkaki empat dari periode akhir Jurassic dan mempunyai karakteristik seperti yang telah digambarkan.


9Mahamba

dinosaurushidupafrika9

Mahamba mengintai di sekitar wilayah rawa-rawa Danau Likouala di Kongo. Saksi mata mengatakan Mahamba mirip dengan buaya namun dengan ukuran yang jauh lebih besar, mencapai panjang tubuh hingga 15 meter. Beberapa berspekulasi bahwa itu adalah fosil hidup dari kadal besar dan tinggal di air yang sudah dianggap punah pada akhir periode Cretaceous.

Penduduk asli Bobangi menyatakan kalau hewan ini tidak seperti yang pernah mereka lihat sebelumnya. Mungkin saja makhluk ini adalah Dienosuchus yang berhasil bertahan hidup.

8Kasai Rex

dinosaurushidupafrika8

Pada tahun 1932, pemilik perkebunan John Johnson bepergian dengan seorang pembantunya di lembah Kasai. Mereka menemui badak dan langsung bersembunyi ketika makhluk besar keluar dari semak-semak dan menyerang badak itu. Johnson pingsan dan pembantunya lari ketakutan. Ketika Johnson sadar, dia melihat makhluk tersebut sedang makan badak yang baru dibunuhnya.

Makhluk itu dinamakan Kasai Rex dan berasal dari Republik Demokratik Kongo. Kasai Rex disebut sebagai dinosaurus theropoda yang masih hidup, seperti Tyrannosaurus Rex.


7Kongamato

dinosaurushidupafrika7

Kongamato adalah hewan besar bersayap seperti Pterosaurus yang tinggal di daerah semi tropik Afrika, khususnya di Zambia, Kongo, dan Angola. Namanya berarti ‘penghancur perahu’ dan dilaporkan pernah membalik perahu kano penduduk lokal dan menyerang orang-orang yang berada di pinggiran sungai.

Kongamato digambarkan sebagai kadal kemerahan dengan sayap besar selebar hampir 3 meter dan mempunyai gigi pada paruhnya. Makhluk ini mirip dengan Ropen yang ditemukan di Papua. (Lihat: 10 Cryptids Pemangsa Manusia Dari Indonesia)


6Titanoboa

dinosaurushidupafrika6

Pada tahun 1959, kolonel Remy Van Lierden memerintahkan pangkalan udara Kamina di Kongo. Saat helikopter sedang berada di atas hutan wilayah Katangan, ia melihat seekor ular raksasa muncul dari lubang dengan perkiraan ukuran sekitar 20 meter.

Setelah penemuan itu, ia kemudian memutar arah dan melewati ular itu berkali-kali dalam ketinggian yang lebih rendah untuk memotret makhluk itu. Mereka lalu pergi meninggalkannya setelah ular itu terlihat dalam keadaan siap menyerang. Ular itu diyakini sebagai Titanoboa.


5Ngoubou

dinosaurushidupafrika5

Ngoubou dilaporkan hidup di daerah savana Kamerun. Makhluk ini adalah versi kecilnya badak dengan beberapa tanduk dan perisai di lehernya. Ia juga memiliki temperamen yang agresif dan akan menyerang apapun yang mendekat, termasuk Gajah Afrika yang ukurannya jauh lebih besar.

Tidak ada binatang lain yang mempunyai tanduk di leher di jaman sekarang ini. Untuk banyak peneliti, Ngoubou kedengarannya seperti dinosaurus ceretopsian lain yaitu Styracosaurus.


4Emela-ntouka

dinosaurushidupafrika4

Dinosaurus lain yang diperkirakan masih hidup adalah Emela-ntouka yang ditemukan oleh suku Pygmy di Afrika Tengah. Nama ini artinya “pembunuh gajah”. Besar dan perawakan spesies ini mirip dengan badak. Namun, tidak ada spesies badak di bagian Afrika yang cocok dengan deskripsi hewan bercula satu ini.

Beberapa percaya Emela-ntouka mungkin jenis dinosaurus ceratopsian yaitu spesies Triceratops. Hewan ini juga disebut sangat teritorial, dan suku Pygmy jauh lebih menakuti makhluk ini dariapda hewan berbahaya lainnya. Seekor Emela-Ntouka diduga berhasil dibunuh di dekat Dongou.


3Nguma-monene

dinosaurushidupafrika3

Nguma-monene adalah makhluk lain yang aneh dari wilayah Kongo, digambarkan sebagai kadal besar dengan sirip besar pada punggungnya, bongkok dan panjang tubuh mencapai 10 meter. Ukuran ini bahkan sangat besar untuk ular sekalipun, dan ular juga tidak memiliki sirip di punggungnya. Seekor buaya besar merupakan hewan yang paling cocok dengan deskripsi Nguma-monene, tapi sekali lagi buaya tidak memiliki sirip di punggungnya.

Apakah Nguma-monene adalah Spinosaurus? Jenis dinosaurus ini memang cocok dengan deskripsi yang dilaporkan oleh saksi mata. Makhluk ini pernah membunuh kuda nil di sungai Brouchouchou dan meninggalkan jejak selebar 1-1,5 meter.


2Mbielu-mbielu-mbielu

dinosaurushidupafrika2

Makhluk menakutkan ini ditemukan di Republik Kongo di wilayah Likouala. Saksi mata mengatakan Mbielu-mbielu-mbielu adalah hewan pemakan tumbuhan dengan duri-duri seperti papan yang lancip dan besar di punggungnya. Kedengarannya seperti buaya besar, atau bahkan spesies baru dari buaya.

Masalahnya buaya bukanlah herbivora, membuat peneliti berpikir bahwa Mbielu-mbielu-mbielu termasuk dalam keluarga dinosaurus yaitu Stegosaur.


1Mokele Mbembe

dinosaurushidupafrika1

Arti dari nama Mokele Mbembe yaitu “Dia yang membuat arus sungai berhenti”. Makhluk ini memiliki badan yang besar dan gempal seperti gajah namun leher panjang seperti jerapah dan juga berbuntut. Mokele Mbembe dikabarkan menghabiskan waktunya di Sungai Kongo dan merupakan hewan herbivora. Meski begitu, makhluk ini sangat berbahaya dan dapat menyerang manusia jika berani mendekat ke wilayahnya.

Dari deskripsi fisiknya di atas, makhluk ini terdengar sangat mirip dengan dinosaurus Sauropod. Ketika peneliti memperlihatkan gambar Sauropod ke suku lokal, mereka berteriak dan mengklaim bahwa gambar tersebut adalah Mokele Mbembe.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • arjuna

    hebat sekali afrika masih mempunyai hewan langka seperti dinosaurus

    • masih cryptid mas jadi blom tentu ada tapi bisa juga ada hehehe

  • Dwi Oktavian

    yang misterius menurut saya adalah dasar samudra, mungkin disana masih banyak hewan aneh yg tinggal

    • Betul sekali. Kita tertarik banget dengan samudra, mungkin nanti kita bikin artikelnya ya 🙂

  • Takano Kazama

    Itu kasai rex jarang sekali diliput, biasanya nessi terus yang disorot.

    • Hehe iya makanya bosen kita 😀

  • patih san

    di kongo juga ada cryptid menyerupai triceratops ama stegosaurus.

    • Iya bung.. Memang masih banyak area yang belum kesentuh ya, misterius 🙂

  • Isro of The Jungle

    Kalau memang ada pasti udah gempar seisi bumi..

  • Kevin Hamidu

    Dinosaurus emang masih hidup cuman di sembunyikan oleh tuhan

error: Alert: Content is protected !!