Budaya & Literatur

10 Dongeng Anak Klasik Terbaik Sepanjang Masa

Dahulu sebelum teknologi belum berkembang seperti sekarang ini, dongeng sebelum tidur (bedtime stories) telah lama sudah menjadi bagian dari rutinitas anak-anak pada malam hari. Meskipun terdengar ‘kuno’, membacakan dongeng kepada anak sebenarnya merupakan salah satu bentuk interaksi yang penting antara orang tua dan anak. Manfaat yang dapat diperoleh antara lain, membantu meningkatkan perkembangan otak anakmeningkatkan kemampuan bahasa, menumbuhkan minat membaca, serta mendekatkan hubungan orang tua dan anak dengan memberikan waktu dan perhatian yang layak.

Sebelum membacakan dongeng, pertama, Anda harus menciptakan situasi yang kondusif menjelang tidur si anak, dan membuat diri Anda senyaman mungkin di kamar anak. Selanjutnya, dekatkan diri Anda kepada Anak–seperti merangkulnya atau membiarkan anak Anda berbaring di pangkuan Anda–sambil memegang buku dongeng kesukaan anak Anda. Buatlah situasi sebelum tidur ini menjadi menyenangkan bagi Anda dan anak Anda.

Reading is fun!

Alangkah baiknya, jika anak diberi kebebasan memilih buku dongeng yang akan dibaca sebelum tidur. Posisikan anak Anda untuk melihat kalimat, kata, dan gambar pada buku dongeng. Hal ini membantu anak untuk meningkatkan kemampuan membaca dan berimajinasi dengan melihat gambar.

Sebagai inspirasi dalam mencari buku cerita dongeng, yuk kita lihat 10 Dongeng Anak Klasik Terbaik berikut ini!


10The Tale of Peter Rabbit

dongengterbaik10

Peter Rabbit adalah buku pertama karangan Beatrix Potter yang dipublikasikan pada tahun 1902. Buku Peter Rabbit terdiri dari beberapa serial yang sudah terjual lebih dari 151 juta kopi dalam 35 bahasa. Di dalam buku yang ditulis oleh Beatrix Potter, Peter Rabbit diceritakan sebagai karakter kelinci yang mengenakan pakaian manusia.

Di dalam buku The Tale of Peter Rabbit, Peter dan keluarganya diperkenalkan. Pada suatu hari, Mrs. Rabbit pergi ke pasar, meninggalkan Peter dan saudara perempuannya, Flopsy, Mopsy, dan Cottontail untuk bermain di hutan. Peter melanggar perintah ibunya karena menyelinap ke dalam kebun Mr. McGregor dan makan sayuran sebanyak-banyaknya hingga Mr. McGregor melihatnya dan mengejarnya. Akhirnya Peter berhasil melarikan diri, namun ia kehilangan jaket dan sepatunya, yang kemudian digunakan Mr. McGregor untuk orangan sawah (scarecrow) barunya.


9Hansel and Gretel

dongengterbaik9

Cerita Hansel dan Gretel berasal dari Jerman, ditulis oleh Brothers Grimm dan dipublikasikan pada tahun 1812. Kisah dongeng ini telah beradaptasi di berbagai media, yang paling dikenal adalah opera Hänsel und Gretel (1893) oleh Engelbert Humperdinck dan film animasi stop-motion yang dibuat tahun 1950-an berdasarkan opera tersebut.

Hansel dan Gretel adalah anak seorang pemotong kayu yang tinggal di pedesaan. Pada saat bencana kelaparan melanda, istri kedua ayahnya memutuskan untuk meninggalkan kedua anak tersebut di tengah hutan sendirian. Hal ini dilakukan supaya ayah dan ibunya tidak mati kelaparan karena anaknya makan terlalu banyak. Selanjutnya, kakak dan adik perempuan tersebut terancam oleh kehadiran seorang penyihir kanibal yang tinggal di hutan dalam sebuah rumah yang terbuat dari kue dan permen. Kedua bersaudara ini berhasil menyelamatkan diri dengan mengecoh si penyihir.


8Aladdin and The Magic Lamp

dongengterbaik8

Aladdin adalah salah satu cerita rakyat Timur Tengah yang tertulis di The Book of The One Thousand and One Nights (Arabian Nights). Cerita ini dikenal dalam edisi bahasa Inggris pada tahun 1706.

Dalam cerita Aladdin, diceritakan seorang penjahit miskin bernama Mustapha yang mempunyai seorang istri dan anak bernama Aladdin. Aladdin adalah seorang yang ceroboh, malas bekerja, yang pergi di pagi hari untuk bermain di luar sepanjang hari bersama dengan teman sebayanya. Saat ia cukup umur untuk belajar berdagang, ayahnya membawa dia untuk membuka tokonya sendiri dan mengajarkannya untuk menjahit, tapi seluruh usaha ayahnya berakhir sia-sia. Kemudian Aladdin memulai petualangannya bersama seorang saudagar, bertemu dengan jin dan lampu ajaibnya, dan berakhir bersama putri pujaan hatinya.


7Winnie The Pooh

dongengterbaik7

Dikenal sebagai beruang Pooh, karya A.A. Milne yang pertama ditulis pada tahun 1926 ini telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dan masuk menjadi salah satu fitur cerita utama dalam daftar The New York Times Best Seller.

Winne the Pooh diceritakan sebagai karakter yang selalu berpikir positif dan lamban, namun ia juga ramah, bijaksana dan sabar. Meskipun teman-teman sepakat bahwa Pooh has no brain, terkadang mereka mengakui bahwa Pooh memiliki akal yang cerdas. Beberapa kejadian seperti pada waktu naik payung Christopher Robin untuk menyelamatkan Piglet dari banjir, menemukan ‘Kutub Utara’ karena telah membantu Roo memancing ikan di sungai, menciptakan permainan Poohsticks, dan menolong Eeyore keluar ke tepi sungai dengan menjatuhkan batu besar di satu sisi. Sekuel cerita Winnie The Pooh menjadi salah satu karakter klasik favorit anak-anak hingga kini.


6The Ugly Duckling

dongengterbaik6

The Ugly Duckling dipopulerkan oleh seorang penyair dan penulis asal Denmark, Hans Christian Andersen yang dipublikasikan tahun 1843. Hans dikenal sebagai salah satu penulis dongeng yang paling bepengaruh di dunia. Beberapa karyanya selain The Ugly Duckling antara lain, The Little Mermaid, The Red Shoes, The Snow Queen, Thumbelina dan Gadis Penjual Korek Api.

Cerita ini mengisahkan seekor itik buruk rupa yang terlahir di sebuah lumbung. Itik buruk rupa tersebut mendapat perlakuan buruk dari saudara-saudaranya dan makhluk lain di sekitarnya, sampai pada akhirnya dia tumbuh dewasa menjadi seekor angsa yang anggun. Dongeng ini dicintai di seluruh dunia sebagai kisah transformasi pribadi untuk menjadi lebih baik.


5Three Little Pigs

dongengterbaik5

Dongeng/fabel Three Little Pigs pertama kali dirilis pada tahun 1890 oleh James Orchard Halliwell-Phillips dan masuk ke dalam kumpulan dongeng The Nursery Rhymes of England.

Cerita dimulai ketika seekor ibu babi yang mempunyai tiga anak babi. Ketiga bersaudara tersebut dikirim oleh ibunya untuk ‘mengadu nasib’. Babi kecil pertama membangun rumah yang terbuat dari jerami, tetapi seekor serigala meniup rumahnya dan memakannya. Babi kecil kedua membangun rumah yang terbuat dari batang kayu, namun serigala juga meniup rumahnya dan memakan babi kecil tersebut. Babi kecil ketiga yang melihat kedua saudaranya dimakan oleh serigala, membangun rumah yang terbuat dari batu bata. Serigala berusaha untuk meniup dan menghancurkan rumahnya namun tidak berhasil. Kemudian babi kecil ini cukup cerdik dengan memasang perangkap untuk menangkap serigala itu, hingga akhirnya ia selamat dari serigala tersebut.


4Little Red Riding Hood

Little Red Riding Hood adalah cerita dongeng asal Eropa yang menceritakan seorang gadis kecil dan serigala besar yang jahat. Cerita ini diperkirakan dirilis sekitar abad ke-17 dan ditulis pertama kali oleh Charles Perrault.

Cerita ini berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Little Red Riding Hood (karena ia mengenakan kerudung berwarna merah) yang dimintai tolong oleh ibunya untuk mengantar makanan untuk neneknya yang sakit. Dia harus melalui hutan untuk menuju ke rumah neneknya. Di tengah perjalanan, seekor serigala mengikuti gadis tersebut dan bertanya kemana ia hendak pergi. Gadis tersebut dengan lugu menjawabnya, dan menerima saran serigala tersebut untuk memetik bunga untuk diberikan ke neneknya. Sang serigala menghampiri rumah neneknya, mengunci neneknya di lemari, dan memakai pakaian neneknya untuk menyamar. Tak lama kemudian, gadis kecil tersebut tiba di rumah neneknya, dan mengamati neneknya yang terlihat aneh. Serigala tersebut memakan gadis kecil tersebut beserta neneknya, dan tertidur pulas.

Cerita tulisan Charles Perrault yang pertama kali dirilis berakhir disini, namun demikian ada beberapa versi asal Perancis dan Jerman yang menulis ada seorang pemburu/tukang kayu yang kebetulan lewat mendengar dengkuran serigala itu, kemudian datang menyelamatkan gadis kecil dan neneknya dengan cara memotong perut serigala tidur menggunakan kapak. Little Red Riding Hood dan neneknya muncul tanpa luka. Kemudian mereka mengisi perut serigala yang tertidur dengan batu-batu berat dan menjahit perutnya kembali. Sang serigala terbangun dari tidurnya dan berusaha untuk melarikan diri, namun batuan berat di perut membuatnya terjatuh dan mati.


3Snow White and The Seven Dwarfs

dongengterbaik3

Snow White pertama kali diperkenalkan oleh Walt Disney pada tahun 1937 melalui film animasi asal Amerika Serikat. Cerita ini ditulis oleh Brothers Grimm, penulis cerita anak asal Jerman. Snow White and The Seven Dwarfs merupakan film animasi full-length pertama dan seri awal Walt Disney Animated Classics.

Snow White adalah seorang putri yang tinggal bersama ibu tirinya, ratu yang sombong dan kejam. Sang ratu takut akan kecantikan Snow White akan melampaui dirinya, sehingga ia memerintahkan Snow White untuk mengerjakan pekerjaan rumah sebagai pembantu. Setiap hari sang ratu bertanya kepada Magic Mirror (kaca ajaib), ‘siapa yang tercantik dari semua?’, beberapa tahun kaca tersebut menjawab sang ratu yang tercantik, dan itu membuatnya senang. Magic Mirror memberitahu sang ratu untuk membunuh Snow White. Sang ratu memerintahkan Huntsman untuk membunuh Snow White di tengah hutan. Namun ternyata ia menemukan bahwa Snow White masih hidup dan bersembunyi di sebuah rumah pondok bersama tujuh kurcaci yang baik hati. Sang ratu menyamar sebagai seorang nenek tua yang membawa apel beracun kepada Snow White, yang akhirnya jatuh tertidur selamanya dan hanya bisa dibangunkan oleh ciuman seorang pangeran.


2Cinderella

dongengterbaik2

Cinderella adalah cerita rakyat asal Eropa yang mengisahkan mitos tentang penindasan dan ketidakadilan. Pertama kali dirilis tahun 1634 oleh Giambattista Basile dalam Pentamerone (Italia), oleh Charles Perrault di tahun 1697 (Perancis), dan Brothers Grimm di tahun 1812 (Jerman).

Ella adalah anak dari seorang ayah pedagang dan seorang ibu yang sangat mencintainya. Ibunya meninggal karena sakit waktu ia masih kecil, kemudian ketika Ella sudah beranjak dewasa ayahnya memutuskan untuk menikah lagi. Bermaksud agar ayahnya mendapatkan support, Ella menyambut kehadiran ibu tirinya Lady Tremaine dan dua saudara tirinya, Anastasia dan Drisella ke rumahnya. Tanpa disangka, ayahnya yang sedang dalam perjalanan perdagangan jatuh sakit dan meninggal di perjalanan. Sejak itu, ibu tiri dan saudara tirinya yang iri kepadanya memperlakukan Ella seperti pembantu, itulah sebabnya ia diberi nama Cinder-Ella (gadis abu). Namun Cinderella selalu mengingat pesan ibunya: ‘have courage and be kind’, itulah yang menjadi pegangan hidupnya.

Suatu hari ada undangan dari kerajaan yang mengundang seluruh gadis untuk hadir dalam pesta dansa dengan maksud mencari mempelai wanita bagi sang pangeran. Ibu tiri dan kedua saudara tirinya bersemangat untuk pergi, namun Cinderella yang tadinya ingin ikut, dirobek bajunya oleh ibu dan saudara-saudara tirinya itu. Cinderella yang sangat sedih bertemu ibu peri baik hati yang dengan sihirnya membantu Cinderella membuat kereta berkuda yang indah dan gaun yang anggun, mengenakan sepatu kaca. Ia bertemu dengan sang pangeran dan berdansa sepanjang malam, hingga lupa bahwa jam 12 malam semua efek sihir tersebut akan hilang. Sebelah sepatu kaca yang dikenakannya terjatuh. Cinderella bergegas lari keluar istana dan berubah kembali menjadi gadis yang penuh debu.

Beberapa waktu kemudian, pangeran memerintahkan seluruh prajurit kerajaan untuk mencari gadis pemilik sepatu kaca ke seluruh negeri. Akhirnya, sang pangeran menemukan Cinderella, menikahinya dan berbahagia selamanya.


1Pinocchio

dongengterbaik1

Novel asli yang berjudul The Adventures of Pinocchio dikarang oleh penulis asal Italia bernama Carlo Collodi  di tahun 1883. Tahun 1940 baru kemudian Pinocchio diangkat menjadi film yang diproduksi oleh Walt Disney.

Kisah ini dimulai ketika Geppetto, seorang pemahat kayu yang hidup di sebuah desa kecil Tuscany di Italia, menciptakan sebuah boneka kayu dan membuat keinginan agar Pinocchio bisa menjadi seorang anak laki-laki. Malam harinya, Pinocchio dihidupkan oleh blue fairy, yang kemudian memberitahunya bahwa ia bisa menjadi anak laki-laki nyata apabila ia bisa membuktikan dirinya menjadi ‘berani, jujur, dan tidak egois’. Geppetto yang menemukan Pinocchio dalam keadaan hidup sangat gembira. Namun, ketika dalam perjalanan ke sekolah, Pinocchio bertemu dengan Honest John The Fox dan teman-temannya, meyakinkannya untuk bergabung dengan pertunjukan boneka Stromboli, tapi Jiminy Cricket keberatan.

Pinocchio segera menjadi bintang utama Stromboli sebagai sosok marionette yang bisa menyanyi dan menari. Selesai pertunjukkan, Pinocchio yang hendak pulang malah dikurung oleh Stromboli di dalam sebuah sangkar burung. Jiminy yang melihatnya tidak bisa menolongnya. Blue fairy muncul dan bertanya kenapa Pinocchio tidak berada di sekolah, namun dia berbohong dan hidungnya bertambah panjang dan panjang lagi. Pinocchio berjanji akan menjadi anak yang baik mulai saat itu, dan mengembalikan bentuk hidungnya menjadi normal kembali.

Setibanya di rumah, Pinocchio dan Jiminy menemukan bahwa Geppetto tidak ada di rumah karena sedang mencari Pinocchio. Geppetto tertelan ikan paus raksasa bernama Monstro dan hidup di dalam perutnya. Bertekad ingin membebaskan ayahnya, Pinocchio terjun ke laut bersama Jiminy dan masuk ke dalam perut Monstro untuk bertemu dengan ayahnya. Kemudian mereka berencana untuk keluar dari sana dengan membuat Monstro bersin. Rencananya berhasil dan mereka semua keluar dari perut Monstro dan terdampar di sebuah pantai. Geppetto dan Jiminy selamat, namun Pinocchio tidak.

Kembali ke rumah Geppetto, Pinocchio terbaring dan semua berkabung karena kepergiannya. Meskipun demikian, Pinocchio telah membuktikan dirinya kepada Blue Fairy bahwa dia sudah bertindak ‘berani, jujur dan tidak egois’ sehingga ia terlahir kembali sebagai anak laki-laki sungguhan.


Masih banyak lagi cerita dongeng yang bisa kita ceritakan kepada anak maupun keponakan. Cerita dongeng apa yang paling kamu suka waktu kecil dulu? Share disini yuk!


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
LunaMuhammad Yusuf Ansori Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Muhammad Yusuf Ansori
Guest
Muhammad Yusuf Ansori

Ma kasih informasinya….

Luna
Guest
Luna

Terimakasih kembali, happy reading! 😀

error: Sorry