Misteri Mitos & Legenda

10 Dunia Legendaris yang Hilang

Selama ribuan tahun, para penjelajah dunia telah menceritakan kisah-kisah tentang dunia yang hilang dan legenda akan kerajaan-kerajaan tersembunyi. Saat itu memang masih banyak yang belum diketahui dari dunia kita, jadi cerita seperti ini tampak benar adanya. Banyak dari cerita ini hilang ditelan waktu, namun ada juga yang masih bertahan hingga saat ini. Mari kita bertualang bersama menjelajah 10 Dunia Legendaris Yang Hilang.


10Lemuria

duniahilang10

Lemuria atau disebut juga dengan “Mu” adalah sebuah benua yang menurut rumor tenggelam di dasar Samudra Hindia atau Pasifik. Ahli filsafat terkenal bernama Madame Blavatsky menyatakan bahwa penduduk Lemuria adalah raksasa mirip kera yang punya kemampuan telepati. Saat ini, grup Stelle di USA percaya bahwa mereka adalah keturunan dari bangsa Lemuria.


9Cibola

duniahilang9

Penjelajah Spanyol di abad ke-16 berambisi untuk menemukan apa yang disebut “Seven Cities of Cibola”. Cibola adalah sebuah kota legendaris yang terkenal oleh kekayaannya dan kemungkinan berkaitan erat dengan suku Aztek di Mexico. Ekspedisi dilakukan di tahun 1539 dan 1541, namun dua ekspedisi tersebut tidak membuahkan hasil. Seorang biarawan yang mengaku telah melihat Cibola mengatakan “Cibola tampak seperti kota yang sangat indah, yang terbaik yang pernah saya lihat di daerah ini.” Dia juga mengakui, bagaimanapun, bahwa ia hanya melihat kota dari kejauhan dan tidak masuk karena dia pikir suku Indian Zuni akan membunuhnya jika ia mendekati.


8Shambala

duniahilang8

“Shambala” adalah nama Sansekerta untuk kota mistis yang terletak di antara gunung-gunung salju, dengan kota emas di pusatnya. Kota ini sudah dicari oleh para penjelajah, dari gurun Gobi sampai ke Tibet, dari Afghanistan sampai ke pegunungan Kun Lun di Cina, tapi semuanya sia-sia. Kabarnya, anda bisa saja melintasi Shambala dengan pesawat, namun anda tetap tidak akan bisa menemukan Shambala karena kota itu sendiri dijaga dan dilindungi agar tetap tak terlihat mata manusia. Di tahun 1928, seorang Lama mengatakan bahwa Shambala ada di dimensi yang berbeda dan hanya mereka yang mempunyai tingkat spiritual yang tinggi yang dapat memasuki kota ini.


7Agharti

duniahilang7

Legenda mengatakan kalau Agharti merupakan suatu dunia bawah tanah yang terkait dengan empat penjuru bumi melalui terowongan-jaringan yang rumit. Tanah ini dihuni oleh penduduk yang cinta damai dan menjauhkan diri dari kehidupan di atas bumi. Plato juga pernah berbicara tentang terowongan yang luas dan sempit yang terletak di bawah bumi, dan diatur oleh penguasa yang luar biasa yang bertahta di dalam pusat bumi.


6Hy-Brasil

duniahilang6

Legenda yang berasal dari Irlandia mengatakan bahwa Hy-Brasil merupakan sebuah pulau di sekitar Samudra Barat yang ditutupi oleh kabut tebal, dan hanya dapat terlihat sekali saja setiap tujuh tahun. Beberapa ekspedisi dilakukan di tahun 1480, dan seperti yang kita duga, mereka kembali tanpa bukti apa-apa jika pulau ini beneran ada. John Nisbet, kapten kapal, mengklaim pernah melihat pulau ini ditinggali oleh kelinci-kelinci hitam besar dan penyihir.


5Lyonesse

duniahilang5

Rumah dari Sir Tristan, salah satu ksatria meja bundar King Arthur, Lyonesse adalah sebuah negara yang terletak di dekat Cornwall meski lokasi tepatnya tidak pernah diketahui. Tempat ini juga merupakan tempat dimana King Arthur berperang untuk yang terakhir kalinya. Legenda mengatakan kalau Lyonesse tenggelam di bawah laut. Legenda ini mungkin memiliki asal-usul dari sejarah banjir di Kepulauan Scilly dan Mount’s Bay, dan saat ini kita masih bisa melihat fosil dari hutan purba.


4Cantre’r Gwaelod

duniahilang4

Kerajaan Cantre’r Gwaelod adalah sebuah kerajaan legendaris kuno yang diyakini tenggelam di daerah antara Ramsey Island dan Bardsley Island, di sebelah barat Wales. Kerajaan ini disebutkan dalam cerita rakyat, sastra, dan lagu. Mitos menyatakan bahwa kerajaan itu mempunyai tanggul besar untuk menahan air laut. Seorang pangeran bernama Seithenyn, seorang pemabuk dan mata keranjang, bertanggung jawab atas tanggul itu, dan karena kelalaiannya laut menyapu melewati gerbang dan menenggelamkam kerajaan. Ada beberapa penampakan akan dinding batu, sisa-sisa jalanan, dan tanda-tanda peradaban di bawah perairan ini.


3El Dorado

duniahilang3

Ketika prajurit Spanyol meng-invasi Meksiko di pertengahan abad 16, mereka juga mendengar rumor akan adanya sebuah kota yang dilimpahi oleh emas dan diperintah oleh raja bernama El-Dorado yang sekujur tubuhnya diselimuti oleh bubuk emas. Meski ada beberapa fakta yang mendukung adanya El-Dorado, namun tidak ada bukti konkrit tentang ini dan kemudian menjadi hanya sebuah mitos. Bahkan saat ini, masih banyak yang percaya bahwa kota itu ada, menunggu untuk ditemukan oleh petualang yang tepat pada waktu yang tepat.


2Avalon

duniahilang2

Sebagian besar peneliti percaya Avalon berasal dari bahasa Welsh yang berarti apel. Ini adalah pulau legendaris, tempat di mana pedang Excalibur ditempa, dan di mana King Arthur memulihkan diri. Avalon menjadi terkait dengan Glastonbury (lihat: 10 Makam Misterius) di tahun 1190, ketika para biksu di Biara Glastonbury mengklaim telah menemukan sisa-sisa King Arthur dan ratunya. Tulisan-tulisan Gerald of Wales mengklaim bahwa Glastonbury di zaman kuno disebut juga sebagai Isle of Avalon.


1Atlantis

duniahilang1

Merupakan sebuah kota legenda yang diketahui oleh semua orang, Atlantis hilang sekitar 10.000 tahun lalu, hancur oleh gempa luar biasa dan banjir besar. Peneliti terkenal menyatakan Atlantis benar-benar pernah ada dan menurut Plato, Atlantis diperintah oleh sepuluh raja-raja, dan kuil terbesar ditujukan untuk menghormati Poseidon dan Cleito. Atlantis disebut sebagai kota dengan peradaban sangat maju, namun penduduknya sangat sombong sehingga dewa memutuskan untuk menenggelamkan kota ini. Baru-baru ini muncul teori baru yang mengatakan kalau negara kita Indonesia adalah Atlantis.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Yudi Arsawan

    Kerajaan Antartika yang terletak di Samudera Atlantis,dan banyak yang menyebutnya kerjaan Atlantis adalah benar merupakan sebuah kerajaan yang ditenggelamkan oleh samudera,kerajaan ini memiliki pusat kota yang bernama kota Dewata ,letaknya dibawah gunung karma,dan tak lain gunung karma itu adalah pulau Bali ,Indonesia ,maka itulah bali juga sering disebut pulau dewata ,mungkin jika para ilmuwan fokus untuk mencari kota tersebut dibawah laut pulau Bali ini,pastilah nantinya mereka akan menemukan hasilnya…(hal ini saya dapatkan setelah membaca novel berjudul Singgasana Antartika dimana novel tersebut menceritakan tentang pengalaman spiritual yang dimana kebenarannya tidak bisa dipertanyakan ,karena jika anda bertanya itu sama seperti anda bertanya siapa awal dari kehidupan ini dan siapa awal dari awal itu? ,hehehe)

    • sudaryanto

      banyak orang menyebutkan kota atlantis itu terletak di sulawesi tengah yg biasa dikenal dengan sebutan “KOTA WENTIRA” terbukti banyak sudah orang-orang yg tanpa sengaja masuk kewilayah tersebut. semua bangunan berdiri kokoh berwarna keemasan

      • Wah terima kasih bung Yudi dan pak Sudaryanto buat infonya. Kedengerannya menarik sekali nih mungkin suatu saat kita tulis tentang ini.

  • Terima kasih mas 🙂

error: Alert: Content is protected !!