Sejarah

10 Fakta Bengis Tentang Genghis Khan

Kita semua tahu siapa Genghis Khan. Tapi bagi yang belum tahu, Genghis Khan adalah penguasa Mongolia yang amat ditakuti sekaligus disegani. Di bawah pimpinannya, kekaisaran Mongolia berhasil menjadi kerajaan terbesar di dunia. Sekarang kita akan meneliti lebih jauh sepuluh fakta bengis tentang Genghis Khan di bawah ini.


1040 Juta Nyawa Melayang

faktagenghiskhan10

Di bawah komandonya, Khan dan pasukan Mongol membinasakan 11% dari populasi dunia yaitu sebanyak 40 juta orang! Angka ini memang didapat dari perkiraan para sejarawan karena tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti berapa orang yang terbunuh selama penaklukan terjadi.

Sensus dari Abad Pertengahan menunjukkan bahwa populasi China anjlok hingga puluhan juta selama Khan hidup, dan sarjana memperkirakan bahwa ia mungkin juga telah membunuh tiga perempat populasi Iran selama perang dengan Kekaisaran Khwarezmid.


9Toleransi Tinggi

faktagenghiskhan9

Khan menciptakan suatu kode etik atau mungkin lebih tepat disebut sebagai hukum atau undang-undang yang dinamakan Yassa. Isinya melarang hal-hal tabu seperti perzinaan, mencuri dan berbohong. Dan tidak seperti kerajaan lainnya, Khan adalah pemimpin yang dapat mentoleransi perbedaan. Bahkan dia memberikan kebebasan pada penduduknya untuk menganut agama mereka sendiri dan menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing.


8Masa Lalunya Kelam

faktagenghiskhan8

Sejak masa kanak-kanak, Genghis Khan sudah terbiasa dengan kehidupan yang brutal. Ayahnya diracun ketika dia baru berusia sembilan tahun, dan keluarganya lalu diusir oleh sukunya sendiri, tidak peduli bahwa ibunya harus membesarkan tujuh anak sendirian.

Genghis harus berburu dan mencari makan sendiri untuk bertahan hidup. Masa remajanya juga habis dengan menjadi budak sebelum dia akhirnya kabur.


7Jenderalnya Adalah Mantan Musuhnya Sendiri

faktagenghiskhan7

Sebagai seorang pemimpin, Khan sangat lihai memilih pengikutnya yang pantas menjadi ajudannya berdasarkan kemampuan dan pengalaman mereka di medan perang. Tidak peduli bahwa orang tersebut berasal dari kelas atau nenek moyang yang berbeda, atau bahkan musuhnya terdahulu.

Satu contohnya adalah ketika Khan mengangkat Jebe sebagai ajudannya meski Ia adalah prajurit musuh yang pernah hampir membunuh dirinya. Keputusannya ternyata benar setelah Jebe terbukti handal dan lalu dikenal sebagai jenderal perang terhebat di masa penaklukan Asia dan Eropa.


6Pembalasannya Sungguh Mengerikan

faktagenghiskhan6

Genghis Khan biasanya memberikan kerajaan lain kesempatan secara damai untuk tunduk dalam aturan Mongol, namun Ia juga tidak segan-segan untuk menghukum mereka yang menolak. Setelah kekaisaran Khwarezmid membunuh salah satu diplomatnya, Khan langsung merespons dengan mengirim kekuatan penuh untuk menyerang kerajaan tersebut. Alhasil jutaan nyawa melayang dan kekaisaran Khwarezmid hancur.

Tak sampai situ saja, setelah kemenangannya Khan juga langsung menyerang bangsa Tanguts karena menolak untuk memberikan pasukannya dalam invasi Khwarezmid.


5Perawakannya Sangat Misterius

faktagenghiskhan5

Di jaman sekarang, tidak ada seorang pun yang tahu bagaimana rupa dan perawakan dari Genghis Khan karena tak pernah ditemukan prasasti, lukisan atau apapun yang menggambarkan dirinya. Satu-satunya deskripsi yang didapat adalah dari pedagang Persia di abad ke-14 yang mengklaim bahwa Genghis Khan berambut merah dan mempunyai mata hijau.


4Luas Kekuasaan Mongolia

faktagenghiskhan4

Daerah kekuasaan kaum Mongolia membentang sebesar 12 juta meter persegi (hampir satu benua Asia). 0.5% dari populasi pria masa kini adalah keturunan langsung dari Khan, kira-kira sebanyak 16 juta pria.


3Penyebab Kematiannya Tidak Diketahui

faktagenghiskhan3

Sampai saat ini penyebab kematian Khan tidak pernah diketahui dan mungkin tidak akan diketahui sampai kapanpun. Legenda mengatakan bahwa 40 perawan dan 40 kuda dikorbankan saat pemakaman berlangsung. Puncaknya, 2000 tamu yang datang lalu dibunuh sehingga kerahasiaan lokasi makam tetap terjaga.


2Invasi Rusia

faktagenghiskhan2

Khan juga pernah menginvasi Rusia dan berhasil mengalahkan prajurit Rusia yang berjumlah empat kali lebih besar. Bahkan pemimpin-pemimpin Rusia yang selamat langsung menyerah. Mereka lalu dieksekusi dengan cara ditidurkan dan dimasak di atas papan kayu, dimana serdadu Mongol mengitari mereka dan berdansa.


1Genghis Bukanlah Nama Aslinya

faktagenghiskhan1

Genghis bukanlah nama asli dari pemimpin besar ini. Dilahirkan di tepi sungai Onon sekitar tahun 1162an, dia dinamakan Temujin yang berarti ‘pandai besi’. Nama kehormatan ‘Genghis Khan’ baru didapat pada tahun 1206 ketika Ia menyatakan diri sebagai pemimpin Mongol dalam pertemuan suku yang dikenal sebagai Kurultai.

Sejarawan masih tidak yakin tentang asal-usul kata ‘Genghis’, namun dalam konteks ini biasanya diterjemahkan sebagai ‘penguasa tertinggi’.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry