Alam & Luar Angkasa

10 Fakta Menarik Tentang Luar Angkasa yang Kamu Harus Tahu!

Space atau luar angkasa merupakan tempat yang masih belum terjangkau sepenuhnya oleh manusia saking luasnya. Padahal, ada banyak keajaiban yang bisa ditemukan di tempat tanpa batas ini. Apa sajakah itu? Berikut 10 fakta yang perlu Anda tahu!


10Benda-benda langit selain bumi ternyata sangat besar

Dilihat dari Bumi, matahari hanya berupa sebuah bulatan yang tidak terlalu besar. Faktanya, satu matahari dapat menampung hingga satu juta benda seukuran bumi. Padahal matahari hanya merupakan salah satu bintang yang berukuran rata-rata dari sekian banyak benda langit lain.


9Ada air yang mengalir di Mars

Banyak ilmuwan mendedikasikan diri untuk meneliti kesiapan Mars sebagai planet kedua tempat manusia bisa hidup. Sedikit demi sedikit, fakta bahwa planet ini memang serupa dengan Bumi semakin terkuak. Salah satunya adalah fakta bahwa ada air yang mengalir di Mars, meskipun terputus-putus.


8Komet ternyata hanya berupa sisa penciptaan tata surya

Apa itu komet? Banyak orang menyebutnya bintang jatuh. Bentuknya memang seperti bintang yang seakan-akan jatuh karena bergerak. Ternyata, komet adalah benda langit yang merupakan sisa penciptaan tata surya pada 4,5 miliar tahun lalu. Komet  terdiri atas pasir, es, dan karbondioksida.


7Ada 3 planet tanpa permukaan yang kokoh

Manusia dapat berjalan dengan mudah di atas permukaan tanah dibantu oleh gaya gravitasi bumi. Namun, jangan mengharapkan hal itu di 3 planet ini. Selain tidak memiliki gaya gravitasi, Jupiter, Saturnus, dan Uranus juga tidak memiliki permukaan yang kokoh sebagai tempat berpijak.


6Pluto mustahil bisa dijangkau dengan pesawat

Anda harus mencapai usia 800 tahun untuk mencapai planet ini jika menggunakan pesawat. Jarak yang sangat jauh, bukan? Dengan teknologi yang biasa-biasa saja, sangat mustahil untuk menuju Pluto.


5Space junk adalah ulah manusia

Diperkirakan ada sekitar 500.000 sampah antariksa (space junk) yang merupakan benda buatan manusia. Mulai dari pecahan roket dan satelit hingga barang-barang sehari-hari yang dijatuhkan oleh manusia saat pembangunan stasiun luar angkasa.


4Asteroid sebesar mobil masuk ke atmosfer Bumi sekali setahun

Benda langit yang terlempar ke atmosfer bumi seperti asteroid ternyata cukup sering terjadi. Dalam setahun, setidaknya satu kali benda yang berukuran hampir seperti mobil ini mengancam Bumi. Untungnya, sebelum tiba, asteroid terbakar oleh gesekan di udara.


3Gunung tertinggi bukan Everest

Di Bumi, gunung tertinggi adalah Mount Everest. Dari permukaan laut, ketinggiannya mencapai 8.848 m. Namun, di luar angkasa ternyata ada gunung yang lebih tinggi, yaitu di asteroid bernama Vesta. Tingginya mencapai 3 kali tinggi Mount Everest.


2Jumlah pasir ternyata kalah banyak daripada jumlah bintang

Anda pasti tahu bahwa jumlah pasir yang bisa ditemukan di seluruh pantai di Bumi sangat banyak, bahkan hampir tak terhitung. Namun, ternyata jumlah bintang di luar angkasa jauh lebih banyak dibandingkan jumlah pasir tersebut. Luar biasa, bukan?


1Matahari biru di Mars

Uniknya, pemandangan matahari tenggelam di Mars sangat cantik. Warnanya bukan jingga kemerah-merahan seperti yang terlihat dari Bumi, tetapi berwarna biru. Andai bisa melihatnya secara langsung, pasti akan sangat indah.

Nah, demikian 10 fakta unik tentang luar angkasa yang menarik untuk diketahui.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry