Sejarah

10 Fakta Mencengangkan seputar Mesir Kuno

Ketika kita berpikir tentang Mesir kuno, segala hal misterius, menakutkan dan juga mengagumkan datang ke benak kita. Mulai dari beragam misteri yang meliputi piramida, makam-makam raja kuno, tulisan hieroglyphnya dan banyak lagi. Para ilmuwan telah menemukan banyak rahasia luar biasa, meski begitu beberapa misteri masih belum dapat dipecahkan bahkan setelah 6000 tahun.

Namun kali ini kami tidak sepenuhnya berfokus pada misterinya, melainkan pada sepuluh fakta mencengangkan yang sudah diketahui tentang peradaban ini. Mesir kuno mulai berdiri dari 3150 SM dan secara resmi berakhir setelah kematian Cleopatra di 31 SM. Mesir kuno dianggap sebagai peradaban paling maju pada zamannya. Tahukah Anda bahwa Mesir kuno adalah yang pertama kali menciptakan tulisan?

Terima kasih untuk Alma atas idenya.


10Sangat Maju dalam Ilmu Kedokteran

faktamesirkuno10

Sungguh mencengangkan. Dalam bidang medis dan kedokteran, kemampuan bangsa Mesir jauh melampaui imajinasi kita. Mereka tidak hanya bisa memperbaiki tulang yang patah, namun mereka juga bisa melakukan operasi otak. Selain itu, bangsa Mesir kuno mempunyai dan mengembangkan beberapa metode tes kehamilan. Sebagian dari metode ini sudah diuji oleh para ilmuwan dan ternyata hasilnya sangat efisien.

Ini adalah fakta yang juga diliputi misteri, bagaimana mereka bisa mempunyai pengetahuan ini padahal teknologi zaman dulu juga tidak secanggih sekarang?


9Juara Ilmu Matematika

foto: livescience.com

foto: livescience.com

Bisa dibilang bangsa Mesir kuno adalah juara dunianya ilmu Matematika. Para ahli bahkan menggaruk-garukan kepalanya ketika dihadapkan pada kejeniusan mereka. Salah satu contohnya bisa dilihat di dalam makam Abu Simbel. Setiap tahun, dan terjadi dua kali dalam setahunnya, sinar matahari menyinari wajah Rameses II, dewa Amun dan Ra.

Menariknya sinar tersebut tidak menyinari dewa Ptah yang berada di sebelah mereka. Ptah, dewa dunia orang mati, harus selalu berada dalam kegelapan. Lebih mencengangkan lagi, matahari hanya menyinari mereka pada hari ulang tahun Rameses dan tanggal penobatannya (22 Oktober dan 22 Februari).


8Piramida tidak Dibangun oleh Budak

foto: http://mrmckennaancientegypt.weebly.com/

foto: http://mrmckennaancientegypt.weebly.com/

Hollywood sering menggambarkan para budak menarik batu besar sambil dipecut, namun kenyataannya tidak sepenuhnya benar. Tengkorak para pekerja mempunyai tanda-tanda arthritis dan penyakit lainnya, namun bukti mengatakan bahwa pekerja tersebut bukanlah budak, melainkan buruh/kontraktor yang dibayar.

Sebagian dari pekerja konstruksi kuno ini merupakan pengrajin terampil, terlihat dari karya dan kerajinan mereka. Graffiti juga ditemukan di dekat monumen yang menunjukkan bahwa mereka mempunyai nama julukan lucunya sendiri-sendiri, seperti “Si pemabuk” atau “Teman dari Khufu”. Khufu adalah nama dari Firaun kedua Mesir.


7Keluarga Berencana

foto: http://all-that-is-interesting.com/

foto: http://all-that-is-interesting.com/

Bangsa Mesir kuno adalah bangsa pertama yang tahu cara mencegah kehamilan. Tentu saja bukan dalam bentuk tablet atau pil seperti sekarang. Dulu mereka melibatkan buaya. Wanita Mesir kuno mencampurkan lumpur, madu dan kotoran buaya. Lezat bukan? Campuran ini kemudian akan dimasukan ke dalam seorang wanita sebelum berhubungan badan. Keasaman yang ada di kotoran buaya dikenal sebagai spermisida yang efektif.


6Membenci Rambut

foto: wikimedia.org

foto: wikimedia.org

Ya, bangsa Mesir kuno tidak suka dengan rambut. Saking bencinya, baik laki-laki atau perempuan mencukur rambut mereka dan lebih suka menjadi botak. Di dalam sebuah golongan masyarakat yang terobsesi dengan kebersihan dan kesehatan, adanya rambut seakan tidak penting dan justru mengganggu.

Mungkin Anda bertanya bahwa bukankah banyak lukisan atau ukiran yang menggambarkan wanita Mesir dengan rambut? Betul, namun itu sebenarnya adalah wigs. Meskipun mereka menghindari rambut yang tumbuh di kepala, mereka tidak keberatan memakai wigs. Bahkan, wigs kemungkinan besar dianggap sebagai topi yang melindungi mereka dari sinar matahari.


5Punya Banyak Jenis Binatang Peliharaan

foto: www.historyforkids.net

foto: www.historyforkids.net

Bangsa Mesir kuno melihat binatang sebagai inkarnasi dari dewa-dewa dan juga adalah salah satu peradaban pertama yang mempunyai hewan peliharaan. Tidak diragukan lagi kalau kucing merupakan hewan keramat dan suci untuk mereka karena berkaitan dengan dewi Bastet, tetapi mereka juga suka dengan elang, bangau, anjing, singa, rusa dan babon. Banyak dari hewan-hewan ini tinggal di rumah-rumah Mesir, dan mereka juga seringkali dijadikan mumi dan dikubur bersama dengan pemiliknya saat mereka meninggal.

Sama seperti sekarang, banyak hewan lain yang dilatih khusus untuk bekerja membantu manusia. Polisi Mesir, misalnya, melatih anjing dan monyet untuk membantu mereka ketika berpatroli.


4Pekerja yang Tidak Biasa

foto: www.selket.de

foto: www.selket.de

Jika Anda lahir dengan kondisi dwarfism (kerdil), maka bisa dipastikan bahwa Anda akan langsung mendapatkan pekerjaan. Orang kerdil sering disewa untuk pekerjaan yang “sensitif”, seperti penambang emas misalnya. Sebenarnya tidak hanya orang kerdil, namun mereka yang menderita gigantism ataupun yang punya kelainan fisik juga dipastikan bisa menjadi penambang emas. Alasannya? Jika mereka kabur dengan tas berisi emas, mereka bisa terlihat dengan mudah di tengah kerumunan dan langsung ditangkap.


3Sains dan Astrologi

foto: home.earthlink.net

foto: home.earthlink.net

Untuk permulaan, bangsa Mesir kuno adalah pencipta dari sistem kalendar yang terdiri dari 365 hari. Mencengangkan mengingat kalendar itu dibuat dari sekitar 6000 tahun yang lalu! Selain itu, para arkeologis juga percaya bahwa piramida di Mesir bukanlah dimaksudkan sebagai makam raja-raja terdahulu, melainkan sebagai instrument astrologi. Apakah itu portal ke dunia lain ya tidak ada yang tahu, namun sains mendukung teori bahwa tiga piramid Giza sejajar dengan sabuk Orion dengan sempurna.

Fakta menarik lainnya yaitu temperatur di dalam Piramida Agung Giza yang selalu konstan berada di suhu 20 derajat celcius. Ini termasuk dingin mengingat letaknya di padang pasir yang suhunya bisa mencapai 46 derajat celcius. Menariknya suhu di dalam Piramida juga mencerminkan suhu internal bumi. Apakah ini hanya kebetulan? Atau benarkah orang Mesir kuno bisa mengetahui suhu bumi dan entah bagaimana menciptakan kembali lingkungan dengan suhu yang sama?


2Lokasi Piramida

foto: www.whereig.com

foto: www.whereig.com

Salah satu misteri matematika yang paling aneh adalah lokasi spesifik dari Piramida Agung Giza. Di mata kita mungkin piramida itu tampak diposisikan di gurun pasir secara acak, tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa Piramida Agung tersebut sebenarnya terletak di pusat geografis dari daratan di Bumi.

Dengan kata lain, jika Anda memiliki proyeksi peta dunia dan menunjuk di bagian tengah dengan tepat, maka jari Anda akan menunjuk Piramida Agung Giza. Masalahnya rakyat Mesir Kuno tidak memiliki peta seperti itu, dan masih dipertanyakan bagaimana mereka bisa tahu sedemikian banyaknya tentang dunia.


1Pemujaan Kucing

foto: en.wikipedia.org

foto: en.wikipedia.org

Seperti yang tadi kami beritahu di poin sebelumnya, kucing adalah hewan keramat bagi bangsa Mesir kuno. Ketika kucing mati, semua anggota keluarga pemiliknya akan mencukur alis mereka sambil berduka. Jika ada seseorang yang membunuh kucing, baik sengaja ataupun tak disengaja, maka dia beresiko dikeroyok massa yang marah dan akan dibuang ke sarang ular beracun.

Saking keramatnya, setelah mati kucing akan dijadikan mumi dan dikubur di kuburan yang juga khusus untuk kucing, kadang ditemani oleh semangkok susu untuk jaga-jaga jika mereka kehausan di akhirat.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry