Dunia & Peristiwa

10 Fakta Seksi Tentang Kuba, Negara yang Tak Kalah Tertutup dari Korea Utara

Kuba adalah negara berbentuk kepulauan yang terletak di wilayah Karibia. Negara berbahasa Spanyol ini menjadi sorotan dunia karena sistem pemerintahannya yang tertutup. Pemerintah Kuba membatasi warganya untuk berinteraksi dengan dunia luar. Negara yang lama dipimpin tangan dingin Fidel Castro ini ternyata memiliki sisi kehidupan lain yang menarik untuk digali. Berikut adalah fakta seksi tentang Kuba, negara yang tak kalah kontroversial dari Korea Utara.


10Embargo AS Terhadap Kuba

Pada tahun 1960-an, Amerika Serikat melakukan embargo terhadap Kuba. Upaya AS untuk mengisolasi negara Kuba nyata-nyatanya tak berhasil. Dibawah kepemimpinan Fidel Castro, Kuba bangkit dan bergerak perlahan-lahan hingga mampu menunjukkan kekuatannya. Hingga akhirnya pada masa pemerintahan Barack Obama, AS mencabut embargo Kuba yang sudah terjalin selama 54 tahun lamanya.


9Operasi Penis Gratis

Ada satu kebijakan unik di Kuba yang mungkin tidak ditemui di negara-negara lain. Sejak tahun 2009, pemerintah Kuba menggratiskan biaya operasi penis untuk para lelaki. Para pria Kuba dapat mengubah ukuran penis satu hingga dua sentimeter melalui operasi ini.


8Angka Kelahiran Rendah

Kuba adalah salah satu negara dengan angka kelahiran yang rendah. Begitu juga dengan tingkat kesuburan para wanitanya yang cenderung rendah pula. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan aborsi di Kuba. Negara ini memperbolehkan adanya aborsi untuk kehamilan dengan risiko yang tinggi. Sehingga, angka aborsi di Kuba sangat tinggi namun tingkat kelahirannya rendah.


7Kebijakan Pendidikan Sangat Diperhatikan

Dulunya, sebelum tahun 1960-an, sebesar 50% anak-anak Kuba tidak mendapatkan akses pendidikan yang layak. Mereka bahkan tidak menikmati sama sekali pendidikan di bangku sekolah. Bahkan, sebanyak 72% anak-anak usia sekolah menengah tidak bisa melanjutkan pendidikannya. Pada tahun 1961, pemerintah Kuba secara masif memperbaiki sistem pendidikannya.

Sebanyak satu juta orang Kuba yang buta huruf diberikan akses pendidikan yang baik. Pemerintah Kuba pun mampu menurunkan angka buta huruf secara perlahan-lahan. Hebatnya, dalam waktu yang singkat, Kuba dapat menurunkan angka buta huruf mencapai angka 3,9 %.


6Negara Bebas Buta Huruf

Perjuangan keras pemerintah dan masyarakat Kuba untuk memerangi buta huruf nyata-nyatanya berhasil. Berdasarkan laporan PBB, 100 % masyarakat Kuba yang berada dalam usia produktif 17-24 tahun dinyatakan bebas buta huruf. Tentu semangat dan perjuangan keras Kuba dalam memberantas buta huruf patut diapresiasi dan dapat dijadikan contoh untuk negara lain.


5Akses Internet Sangat Dibatasi

Ketinggalan smartphone sehari saja mungkin kita bisa bingung dan mati gaya. Bisa membayangkan hidup dengan akses internet yang terbatas seperti di Kuba? Pada tahun 2011, masyarakat Kuba yang memiliki akses untuk menggunakan internet terhitung sebanyak 25%. Namun penggunaan sosial media dibatasi. Pemerintah Kuba melarang pengaksesan YouTube. Begitu juga dengan kebijakan sensornya, Kuba sangat ketat dalam pemfilteran konten-kontennya.


4Kesempatan Untuk Kaum Perempuan

Fakta seksi tentang Kuba yang tak kalah menarik adalah kesempatan terbukanya yang diberikan untuk kaum perempuan. Seperti diberitakan Berdikari Online, kaum perempuan memiliki akses pendidikan yang baik. Kaum perempuan Kuba juga mampu berekspresi dengan berkarir dengan baik pula. Pekerja profesional perempuan Kuba pada umumnya bekerja sebagai peneliti ilmiah, dokter, bahkan teknisi.


3Program Televisi Negara Kuba Sangat Edukatif

Kepedulian Kuba terhadap pentingnya pendidikan memang tak main-main. Selain melalui pendidikan formal, Kuba juga menyebarkan semangat pendidikan melalui acara televisinya. Tayangan televisi Kuba yang memuat nilai-nilai pendidikan sebanyak 63% dari total keseluruhan tayangan.

Masyarakat Kuba dapat menikmati tayangan-tayangan berbobot seperti tayangan geografi, sejarah, musik, dan seni. Kuba menyediakan 394 jam per minggunya untuk tayangan-tayangan yang bersifat edukatif. Bandingkan dengan negara kita. Kira-kira, bisa tidak ya Indonesia memiliki tayangan televisi yang edukatif namun juga menghibur?


2Sistem Kesehatan dan Kedokteran yang Semakin Maju

Fakta seksi tentang Kuba yang membuat banyak masyarakat dunia kagum adalah sistem kesehatan dan riset kedokteran Kuba semakin berkembang dan maju. Penemuan bidang kesehatan yang pernah menggemparkan dunia adalah ditemukannya vaksin kanker paru-paru. Vaksin yang diteliti dan diuji cobakan selama 25 tahun ini mampu meningkatkan kondisi fisik pasien menjadi lebih baik.


1Saking Kontroversinya, Kuba Justru Semakin Membuat penasaran

Sistem politik pemerintahan dan kebijakannya yang unik membuat para wisatawan justru semakin tertarik untuk mengunjungi negara ini. Ditambah lagi dengan 200 teluk dan 250 pantai indahnya yang menunggu untuk dikunjungi. Cocok sekali bagi wisatawan yang ingin ‘kabur’ dari bisingnya kota dan ingin menenangkan diri untuk sementara.

Kuba juga memiliki keanekaragaman hayatinya yang unik. Diantaranya adalah bunga Butterfly Jasmine, burung Torroco, dan pohon Royal Palm. Di Kuba, hewan dan tumbuh-tumbuhan mematikan hampir dikatakan tidak ada, lho. Tak hanya itu saja, perairan Kuba merupakan rumah bagi ikan Manjuari, spesies ikan yang ada di Kuba yang tak dijumpai di tempat mana pun.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry