Budaya & Literatur Unik & Aneh

10 Fakta Unik Tentang Islandia yang Belum Banyak Diketahui

Islandia menarik perhatian dunia baru-baru ini. Nama negara di kawasan Eropa Barat ini jadi buah bibir setelah membuat kejutan di turnamen sepak bola Piala Eropa 2016 pada bulan Juni – Juli 2016. Mereka berhasil mengalahkan tim favorit Inggris dan melaju ke babak perempat final, meski hanya diperkuat pemain-pemain ‘kelas dua’. Nah, selain prestasinya itu, ternyata ada beberapa fakta unik tentang Islandia yang belum banyak diketahui orang.


10Jantung Burung Mentah Jadi Favorit

Rakyat Islandia punya makanan favorit yang sangat aneh. Jantung burung Puffin, burung laut kecil berbulu hitam dan putih, menjadi masakan khas masyarakat Islandia. Bahkan anehnya lagi, jantung burung itu ternyata dimakan mentah-mentah. Hidangan tersebut dianggap sangat lezat oleh pendudukan Islandia. Selain itu, mereka juga sangat menyukai saus. Bahkan, negara ini memiliki saus khusus untuk pizza, gorengan, hamburger, dan hot dog.


9Sumber Energi Panas Bumi Melimpah

Negara yang dekat dengan Kutub Utara ini tidak memiliki gunung, namun hanya dataran tinggi. Meski pun begitu, ternyata tanah di Islandia banyak dipenuhi oleh vulkanik aktif, walaupun dengan suhu yang relatif dingin karena termasuk dalam lingkaran Antartika. Dengan begitu, negara ini memiliki sumber energi panas bumi (geothermal) yang melimpah. Bahkan, sumber energi geothermal itu mencapai 20 persen penggunaan listrik di Islandia.


8Banyak Kereta Bayi di Depan Kafe

Penduduk Islandia punya banyak kebiasaan aneh, yang tak lazim ditemukan di negara lain. Salah satunya, Anda akan melihat banyak kereta bayi di depan kafe-kafe, tanpa penjagaan orang tuanya. Orang-orang di negara ini memang suka meninggalkan bayinya dalam kereta bayi di luar kafe, agar bayi tidak terganggu suara bising. Sedangkan para ibunya menggosip di dalam kafe. Meski begitu, mereka tak pernah khawatir, karena Islandia sangat aman.


7Punya Perdana Menteri Seorang Lesbian

Sejak tahun 2010, Islandia memperbolehkan pernikahan homoseksual. Kebijakan ini bisa jadi dipicu karena negara ini memiliki perdana menteri yang merupakan seorang lesbian. Adalah Johanna Siguroardottir yang menjabat sebagai Perdana Menteri Islandia sejak 1 Februari 2009. Dia menjadi perdana menteri perempuan pertama di Islandia, dan merupakan kepala pemerintah pertama di dunia yang secara terbuka menyatakan dirinya sebagai lesbian.


6Negara Paling Bahagia di Dunia

Islandia merupakan tempat paling menyenangkan untuk tinggal. Negara ini memang jadi negara kedua paling bahagia di dunia, selain Swiss, Denmark, dan Norwegia. Hal itu sudah terbukti dalam penelitian. Populasi penduduk di Islandia sendiri tidak banyak, tercatat hanya sekitar 300 ribu jiwa. Jumlah tersebut setara dengan populasi penduduk di Sukabumi, Jawa Barat. Tidak heran jika Islandia menjadi salah satu negara yang paling bahagia di dunia.


5Tak Ada McDonald dan Bar Striptis

Hingga saat ini, ternyata sama sekali tak ada McDonald di Islandia. Tempat makanan cepat saji itu tak ada lagi di negara ini setelah terjadinya krisis keuangan pada tahun 2009 silam. Selain itu, bar striptis juga tidak akan ditemukan di negara ini. Meski merupakan negara liberal, Pemerintah Islandia telah membuat aturan yang melarang beroperasinya tempat hiburan malam yang menampilkan aktivitas tarian telanjang tersebut sejak tahun 2010.


4Bola Tangan Lebih Populer dari Sepak Bola

Ternyata sepak bola sama sekali tak populer di Islandia. Bisa dibilang, bola tangan yang jadi olahraga nasionalnya. Bahkan, setiap orang di Islandia pasti mengenal nama para pemain tim nasional bola tangan mereka. Prestasinya juga cukup mentereng. Tim nasional mereka pernah memenangkan medali perak dalam Olimpiade 2008 di Beijing. Dengan prestasi itu, Islandia pun menjadi negara terkecil yang pernah meraih medali untuk olahraga beregu.


3Percaya Pada Dunia Peri

Meski sebagian besar penduduk Islandia menganut agama Kristen aliran Lutheran, namun ternyata mereka masih percaya pada dunia peri dan menjalankan paganisme atau aliran menyembah berhala. Banyak penduduk Islandia yang meyakini bahwa peri-peri tersebut tinggal di daerah bebatuan dan memiliki kekuatan magis. Bahkan, mereka juga percaya peri-peri itu akan marah jika rumah mereka diganggu, sehingga tak sembarangan merusak alam.


2Tidak Ada Nama Keluarga

Jika kebanyakan nama belakang orang Eropa menggunakan nama ayah atau keluarganya, maka warga Islandia malah sama sekali tak punya nama keluarga. Mayoritas nama belakang penduduk Islandia terdiri atas nama depan ayah atau ibu dengan tambahan ‘son’ untuk anak laki-laki atau ‘dottir’ untuk anak perempuan. Maka, jadilah nama belakang ‘Gunnarson’ untuk anak laki-laki dari seorang ‘Gunnar’, atau ‘Gunnardottir’ untuk anak perempuannya.


1Tidak Punya Kekuatan Militer

Banyak orang menyebut Islandia sangat aman. Makanya tidak aneh jika negara ini sama sekali tak memiliki kekuatan militer. Hanya penjaga pantai yang bertanggung jawab atas keamanaan dan penegakan hukum. Para polisi itu pun juga tidak pernah membawa senjata. Bahkan, gedung kepresidenan di Islandia juga tidak memiliki pengamanan. Meski begitu, Islandia termasuk salah satu anggota NATO, dan ikut berpartisipasi dalam perdamaian dunia.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
sania ayu Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
sania ayu
Guest
sania ayu

bingung dan ragu sama banyak nya investasi tidak jelas?
gabung saja bersama kami tanpa keluar modal di muka bos 🙂
YM1 : bola.vita@yahoo.com
YM2 : agenbolavita@yahoo.com
wechat : bolavita
line : bolavita
whatup : 6281377055002
BBM: D1A1E6DF , 7B51876A D8C363CA (NEW)