Film dan TV

10 Film Hollywood dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Tahun 2016

Tahun 2016 sudah berlalu. Sejumlah pencapaian prestasi pun sudah dicatatkan, termasuk juga catatan terburuk tentunya. Begitu pula dalam industri perfilman terbesar di dunia, Hollywood yang telah mengeluarkan daftar film-film tersukses di seluruh dunia selama tahun lalu. Beberapa film berhasil masuk box office dan membukukan keuntungan yang sangat besar. Berikut adalah 10 film Hollywod dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2016.


10Doctor Strange

Film produksi Marvel dengan modal 165 juta dolar AS ini meraup pendapatan mencapai 648,7 juta dolar AS, atau sekitar Rp 8,6 triliun di seluruh dunia, setelah dirilis perdana di Hong Kong pada tanggal 13 Oktober 2016 lalu. Film Doctor Strange sendiri dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan diarahkan sutradara Scott Derrickson, dengan cerita tentang seorang dokter bedah yang kemudian berubah jadi superhero dan harus melindungi bumi.


9Fantastic Beasts and Where to Find Them

Dengan modal 180 juta dolar AS, film Fantastic Beasts and Where to Find Them ini berhasil membukukan pendapatan 685,1 juta dolar AS di seluruh dunia, atau setara Rp 9,1 triliun. Bagian lain serial film Harry Potter ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya JK Rowling, penulis Harry Potter. Ceritanya sendiri jauh sebelum Harry Potter. David Yates dan Eddie Redmayne jadi sutradara dan aktor dalam film yang dirilis tanggal 10 November 2016 ini.


8Suicide Squad

Aktor kenamaan Will Smith menjadi bintang utama dalam film Suicide Squad ini dengan memainkan karakter Deadshot, pemimpin tim antihero tersebut. Sama seperti film-film pahlawan super lainnya dari Hollywood, film ini pun sukses meraup keuntungan besar dengan pendapatan hingga 745,6 juta dolar AS di seluruh dunia, atau sekitar Rp 9,9 triliun. Modal produksi film yang dirilis pada tanggal 1 Agustus 2016 ini hanya 175 juta dolar AS.


7Deadpool

Meski hanya menghabiskan sedikit biaya untuk produksinya, 58 juta dolar AS, namun film Deadpool yang dibintangi oleh Ryan Reynolds ini mampu membukukan pendapatan hingga 782,6 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 10,4 triliun. Film superhero yang disutradarai oleh Tim Miller dan didistribusikan 20th Century Fox sejak tanggal 8 Februari 2016 ini bercerita tentang seorang tentara bayaran yang berubah menjadi pahlawan super tak terkalahkan.


6Batman v Superman: Dawn of Justice

Satu lagi film bertemakan superhero dalam daftar 10 film Hollywood dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2016 ini, yakni Batman v Superman: Dawn of Justice. Film yang dirilis pada tanggal 19 Maret 2016 ini bisa meraup penghasilan sebanyak 873,2 juta dolar AS di seluruh dunia, atau sekitar Rp 11,6 triliun, dengan modal 250 juta dolar AS. Ceritanya tentang perseteruan Batman dan Superman, hingga sang pahlawan super pun meninggal.


5The Secret Life of Pets

Bermodalkan hanya 75 juta dolar AS, film The Secret Life of Pets ini mampu mencatatkan pendapatan besar mencapai 875 juta dolar AS, atau sekitar Rp 11,6 triliun. Film yang diputar perdana pada tanggal 16 Juni 2016 dan bercerita tentang kehidupan hewan peliharaan ini juga tercatat sebagai film animasi ke-12 dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Jika tak mengikutsertakan film-film produksi Disney dan Pixar, maka film ini berada di posisi ke-6.


4The Jungle Book

Diadaptasi dari buku dan film yang memang sudah pernah menuai kesuksesan besar, tidak heran jika The Jungle Book mampu meraih hasil maksimal dengan pendapatan hingga 966,5 juta dolar AS, atau mencapai Rp 12,9 triliun di seluruh dunia. Film yang diproduksi, serta juga didistribusikan oleh Disney dengan modal sebesar 175 juta dolar AS ini dirilis perdana pada tanggal 4 April 2016. Ceritanya tentang anak manusia yang dibesarkan hewan di hutan India.


3Zootopia

Produksi Disney karya sutradara Byron Howard dan Rich Moore ini jadi film animasi kelima dengan pendapatan tertinggi dan melebihi 1 miliar dolar AS sepanjang masa. Pendapatan yang berhasil diraup film Zootopia mencapai 1,023 miliar dolar AS, atau setara Rp 13,6 triliun di seluruh dunia. Film berbiaya 150 juta dolar AS dan dirilis perdana pada tanggal 11 Februari 2016 ini bercerita tentang kehidupan sejumlah hewan di sebuah kota bernama Zootopia.


2Finding Dory

Disney dan Pixar bekerja sama memproduksi film Finding Dory ini, dan sukses membukukan pendapatan mencapai 1,027 miliar dolar AS di seluruh dunia, atau sekitar Rp 13,7 triliun. Hasil ini membuatnya menjadi film animasi keempat dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Film yang diproduksi dengan biaya 200 juta dolar AS dan dirilis perdana pada tanggal 8 Juni 2016 sebagai sekuel Finding Nemo (2003) ini bercerita tentang petualangan seekor ikan.


1Captain America: Civil War

Inilah film Hollywood dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2016, yakni film Captain America: Civil War produksi Marvel. Dengan pendapatan mencapai 1,153 miliar dolar AS di seluruh dunia, atau setara Rp 15,3 triliun, film superhero ini juga tercatat sebagai film ke-12 dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Lalu, film yang bercerita tentang perseteruan antar superhero ini juga mampu meraup lebih dari 1 miliar yuan pada box office di China.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of