Film dan TV

10 Film Hollywood Terburuk Sepanjang Tahun 2016

Berbagai film Hollywood beragam genre telah menghibur para pecinta film layar lebar di seluruh dunia selama tahun 2016. Namun, tidak semua film-film karya sineas profesional tersebut mendapat pujian setinggi langit. Tidak sedikit yang memang tidak layak ditonton, atau biasa disebut flop, karena jalan ceritanya yang kurang menarik atau kualitas filmnya yang memang jelek. Berikut ini adalah 10 film Hollywood terburuk sepanjang tahun 2016.


10Ouija: Origin of Evil

Sama seperti seri pertamanya, prequel dari film ‘Ouija’ (2014) ini lagi-lagi dicap tidak layak untuk ditonton. Kenyataan ini tentunya berseberangan dengan sejumlah film horor dan thriller yang dirilis selama tahun 2016, seperti Hush, Green Room, Neon Demon, atau 10 Cloverfield Lane, yang dinilai cukup baik. Namun, film ‘Ouija: Origin of Evil’ bermodalkan 9 juta dolar AS ini tidak terlalu mengecewakan di pasaran; dengan untung 81,7 juta dolar AS.


9The Do-Over

Karya produser sekaligus aktor Adam Sandler dengan genre komedi action ini sebenarnya merupakan salah satu film web yang didistribusikan Netflix. Film ‘The Do-Over’ ini juga jadi salah satu film berkualitas jelek, dan film buruk kesekian yang melibatkan nama sang aktor. Kehadiran Adam Sandler seakan-akan sudah jadi jaminan kualitas buruk bagi setiap filmnya. Makanya, sepertinya tak lengkap jika daftar film-film terburuk ini tidak melibatkan namanya.


8X-Men:Apocalypse

Sekuel ke-9 dari seri film superhero mutant X-Men ini dinilai gagal mengulangi kesuksesan dari film-film sebelumnya. Banyak pengamat film yang mengkritik plot dan alur cerita film ‘X-Men: Apocalypse’ ini. Alhasil, film yang diarahkan oleh sutradara Bryan Singer ini menjadi salah satu film yang gagal memenuhi ekspetasi pada tahun 2016. Meski pun begitu, film bermodalkan 178 juta dolar AS ini masih bisa mengantongi 543,9 juta dolar AS di box office.


7Allegiant

Film-film Hollywood belakangan ini makin terjangkit demam film apocalyse yang diadaptasi dari berbagai judul novel laris. Salah satunya adalah seri film ‘Divergent’, dengan film terbaru berjudul ‘Allegiant’ yang dirilis pada tahun 2016. Sama seperti film-film adaptasi lainnya, film ini juga mendapat nilai negatif dari para kritikus film. Alasannya pun jelas karena formulanya hampir sama dengan film-film sejenis, seperti ‘The Hunger Games’ atau ‘The Maze Runner’.


6Ben-Hur

Film original ‘Ben-Hur’ yang dirilis pada tahun 1959 silam merupakan salah satu film klasik terbaik hingga saat ini. Salah satu buktinya, film tersebut berhasil memenangkan total 11 kategori penghargaan dalam Piala Oscar, rekor terbanyak sepanjang sejarah pada Academy Awards. Sayangnya, ketika film berkualitas bagus itu diproduksi ulang dan di-reboot di tahun 2016 lalu dengan judul yang sama, hasilnya malah jauh dari ekspetasi terbaik di film aslinya.


5Alice Through the Looking Glass

Salah satu film Hollywood terburuk sepanjang tahun 2016 adalah film yang dibintangi oleh aktor Johnny Depp berjudul ‘Alice Through the Looking Glass’. Padahal, selama ini sang aktor telah dianggap sebagai salah satu jaminan bagi kesuksesan film di ranah Hollywood. Hasil ini bisa menjadi pertanda bahwa masa keemaasan Johnny Depp sepertinya sudah mulai habis. Sekuel film ‘Alice in Wonderland’ (2010) ini mendapat banyak respon negatif setelah dirilis.


4Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows

Teenage Mutant Ninja Turtles, atau di Indonesia dikenal dengan ‘Kura-Kura Ninja, adalah salah satu film kartun terkenal pada era 1990-an. Sayangnya, adaptasi film ini bisa dibilang gagal. Setelah mendapat penilaian tak baik untuk seri pertamanya, ‘Teenage Mutant Ninja Turtles’ (2014); meski sebenarnya sukses secara komersil, sekuelnya hadir pada tahun 2016 berjudul ‘Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows’. Namun, masih tetap buruk.


3Ice Age: Collision Course

Film sekuel ‘Ice Age’ dinilai selalu menggunakan formula yang sama di tiap filmnya, sehingga tentunya lama-kelamaan penontonnya pun menjadi bosan. Begitulah yang terjadi pada film sekuel kelimanya, ‘Ice Age: Collison Course’ yang masih hadir dengan cerita yang itu-itu saja. Saran agar Blue Sky Studios yang menggarap film animasi yang pertama tayang pada tahun 2002 ini untuk segera menghentikan rencana kelanjutannya pun mulai mengemuka saat ini.


2Warcraft

Meski pun hadir dengan efek CGI yang lumayan bagus, namun dilihat dari ceritanya, film ini memang tidak terlalu bagus. Film ‘Warcraft’ ini pun semakin menambah panjang daftar film buruk yang diadaptasi dari video game. Wajar saja, jika para penggemar setia video game Warcraft pun merasa kecewa berat, setelah sempat merasa sangat antusias pada saat awal pengumuman bahwa cerita dari video game ini akan diadaptasi ke dalam film layar lebar.


1Independence Day: Resurgence

‘Independence Day’ yang dibintangi Will Smith ketika masih muda sempat menuai sukses besar pada tahun 1996 silam. Film sekuelnya, ‘Independence Day: Resurgence’ pun dirilis setelah 20 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2016, dengan target tinggi tentunya bisa mengulang kesuksesan film pertama. Sayangnya, film ini dinilai gagal jika melihat kualitasnya secara keseluruhan, dan menjadi salah satu film Hollywood terburuk sepanjang tahun 2016.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!