Film dan TV

10 Film Keibuan Ini Mampu Buat Anda Menangis

Seluruh warga Indonesia memperingati Hari Ibu sebagai perayaan nasional setiap tanggal 22 Desember. Tanggal ini ditetapkan oleh Presiden Soekarno dalam Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1953, tepat pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tak hanya diperingati sebagai Hari Ibu, perjuangan seorang ibu juga dikenang dalam 10 film berikut ini.


10Mother Love Me Once Again (1988)

Bercerita tentang perpisahan seorang ibu dengan anaknya yang dipisahkan oleh mertua, film ini diproduk di China. Pernikahannya sendiri memang tak direstui oleh orang tua sang suami. Namun karena dia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya itu pun diambil dan dipisahkan darinya. Hingga beberapa tahun kemudian, anak itu berjuang untuk kembali pada sang ibu.


9The Piano (1993)

Karena ditinggal mati oleh sang suami, seorang perempuan membisu dan tidak pernah lagi berbicara. Dia hanya mengungkapkan perasaannya dengan bermain piano. Bahkan, ketika berkomunikasi dengan orang lain, dia malah menggunakan bahasa isyarat meski sebenarnya tidak bisa. Namun anaknya, seorang gadis kecil, tetap setia terus mendampingi sang ibu.


8The Forgotten (2004)

Berhasil masuk box office Amerika Serikat, film ini mengisahkan tentang seorang ibu yang berduka karena kehilangan putra dalam kecelakaan pesawat. Namun, suaminya dan seorang psikiater malah mulai menganggapnya tidak waras. Hingga kemudian, sang ibu pun bertemu dengan seorang pria yang juga kehilangan anaknya dalam kecelakaan pesawat yang sama.


7Changeling (2008)

Kasih ibu memang sangat kuat. Meski kepolisian Los Angeles sudah putus asa dalam mencari seorang bocah sembilan tahun yang hilang dari rumah, sehingga menghentikan pencarian, namun ibunya tidak pernah berhenti untuk berusaha menemukan sang anak. Dia sendiri tak pernah bisa melupakannya, serta masih berharap dan yakin bahwa anaknya itu masih hidup.


6Mother (2009)

Kisah sang ibu dalam film Korea ini benar-benar luar biasa. Anaknya, seorang pria berumur 27 tahun, namun memiliki kelemahan mental tiba-tiba dituduh atas pembunuhan seorang gadis SMA. Dia pun dipaksa untuk mengakuinya. Namun sang ibu yakin bahwa anaknya tidak bersalah, sehingga dia mencari pembunuh sebenarnya, hingga mengungkap banyak rahasia.


5Emak Ingin Naik Haji (2009)

Menceritakan seorang emak yang ingin naik haji, namun sayang dia tidak punya biaya untuk mewujudkannya. Namun, perjuangannya tiada henti mengumpulkan uang, meskipun hanya berjualan kue. Anaknya yang seorang duda juga turut membantu emak, dengan menyisihkan pendapatan dari berjual lukisan keliling. Hingga rezeki besar pun datang kepada mereka.


4A Long Visit (2010)

Mengisahkan kenangan seorang anak dengan ibunya. Sang ibu sendiri sangat bangga pada anaknya, sehingga dia rela melakukan apapun. Namun, anaknya malah merasa diperlakukan seperti masih anak-anak, padahal dia telah menikah dan jadi seorang ibu. Suatu ketika, dia pun pulang mengunjungi ibunya, dan terkenang masa-masa indah saat bersama sang ibu.


3Wedding Dress (2010)

Film Korea ini bercerita tentang seorang single mother yang memiliki anak perempuan. Sang suami sendiri sudah meninggal karena sakit. Sayang, sang ibu malah sibuk bekerja, sehingga kurang perhatian dengan anaknya. Suatu saat dia malah sakit hingga divonis akan meninggal. Anaknya pun bersedih. Dia mulai berubah jadi lebih baik baik demi membahagiakan sang ibu.


2Mother Keder (2012)

Sosok ibu memang selalu menjadi jalan keluar terbaik bagi setiap masalah. Itu pulalah yang digambarkan dalam film lokal ini, yang menceritakan seorang gadis dengan banyak masalah dalam hidupnya, mulai dari persoalan asmara hingga pekerjaan di kantor. Namun, ketika dia memutuskan untuk pulang dan kembali ke rumah, sang ibu hadir sebagai ‘sosok yang ajaib’.


1Stepmom (1998)

Hadir dengan kisah sederhana, film dalam negeri ini terlihat sangat kompleks namun akrab dalam kehidupan sehari-hari. Bercerita tentang seorang ibu yang juga ustadzah dengan tujuh anaknya, yang punya permasalahan hidup masing-masing. Sang ibu harus menjalani hidup dalam semua permasalahan itu, namun tetap melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of