Film dan TV

10 Film Religius Bertema Haji Ini Bisa Bikin Kamu Terinspirasi

Umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha dalam waktu dekat ini. Salah satu hari besar umat Muslim ini identik dengan ibadah qurban baik berupa sapi atau pun kambing, dan ibadah haji ke Mekkah. Nah, berbicara ibadah haji, bagi kamu yang belum pernah melakukannya, berikut 10 film religius bertema haji yang bisa bikin kamu terinspirasi.


10A Sinner in Mecca (2015)

Bercerita tentang perjalanan haji sang sutradara, Parvez Sharma dari India, film ini memang hanya sebuah film dokumenter. Dia pun merekam seluruh kegiatannya dalam menunaikan ibadah haji secara diam-diam melalui kamera smartphone. Namun, film ini juga memuat kritikan tentang kota Mekkah yang kini sudah dipenuhi oleh hotel, mal, dan restoran Barat.


9Haji Backpacker (2014)

Film produksi Falcon Pictures yang dirilis pada 2 Oktober 2014 ini menceritakan tokoh pria bernama Mada (diperankan oleh Abimana Aryasatya). Dia meninggalkan agama Islam karena rasa marahnya kepada Allah, akibar pernikahan dengan wanita pujaan hatinya batal. Namun, perjalanannya akhirnya menuntun Mada hingga ke Mekkah dan menunaikan ibadah haji.


8Di Bawah Lindungan Ka’bah (2011)

Diangkat dari novel karya Buya Hamka berjudul sama tahun 1978; dan pernah pula difilmkan pada 1981, film ini lebih tepat disebut bertemakan drama romantis. Namun, memang ada sisi religius yang menjadi bagian penguatnya. Bercerita tentang seorang pemuda yang diusir dari kampungnya, hingga dia berkelana sampai ke Mekkah dan meninggal di depan Ka’bah.


7Adaminte Makan Abu (2011)

Dalam bahasa Inggris, film dari India berbahasa Malayalam produksi tahun 2011 ini berjudul ‘Abu, Son of Adam’. Ceritanya tentang seorang penjual parfum bernama Abu. Dia sempat menyalahkan Allah karena hidup miskin sehingga tak bisa pergi haji. Namun, Abu akhirnya menyadari kesalahannya, dan terus berusaha keras untuk bisa menunaikan ibadah haji.


6Sang Pencerah (2010)

Karya sutradara kenamaan Hanung Bramantyo ini memang tak menggambarkan kisah haji secara khusus, melainkan mengangkat kisah perjuangan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan. Namun, ada dua adegan yang menunjukkan bagaimana sulitnya umat Muslim dari Indonesia untuk pergi menunaikan haji ke Mekkah pada masa lampau, awal tahun 1990-an.


5Journey to Mecca (2009)

Meski hanya film dokumenter berformat IMAX, film ini menarik untuk ditonton. Ceritanya tentang perjalanan haji seorang petualang Muslim terkenal sepanjang masa, Ibn Battuta pada 1325-1326 M. Kisahnya benar-benar sangat mengharukan. Makanya, tak salah jika film ini mendapat penghargaan ‘Most Popular Film’ di La Geode Film Festival, Paris pada 2009.


4Emak Ingin Naik Haji (2009)

Mendapatkan enam nominasi dalam Festival Film Indonesia 2009 menjadi bukti bahwa film ini memang sangat menginspirasi. Seorang Emak (diperankan Aty Cancer Zein) yang hidup dalam kemiskinan, sangat ingin melaksanakan ibadah haji ke Mekkah. Perjuangannya yang tak pernah putus asa mengumpulkan setiap lembar uang memang sangat mengagumkan.


3Le Grand Voyage (2004)

Perjalanan panjang sekitar 5.000 km dari Prancis hingga ke Mekkah menjadi cerita dalam film berbahasa Prancis ini. Topik utamanya adalah perjalanan seorang ayah dan anaknya menuju Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Film ini memang sangat mengharukan, bagaimana ayah dan anak berusaha untuk saling memahami dalam menjalankan ibadah.


2The Message (1976)

Sutradara asal Amerika Serikat berdarah Suriah memproduksi film ini dengan cerita tentang perjalanan panjang kehidupan Nabi Muhammad, mulai dari turunnya wahyu pertama hingga beliau menunaikan ibadah haji yang terakhir sebelum meninggal. Itulah haji wada atau haji perpisahan, di mana Nabi Muhammad menyampaikan khotbah-nya untuk yang terakhir kali.


1Tauhid (1964)

Ternyata di era 1960-an, Indonesia sudah memiliki film religius bertema haji. Padahal, pada masa itu naik haji bukanlah perkara gampang seperti saat ini. Itulah yang diceritakan dalam film tersebut. Film ini pun akan bisa menginspirasi untuk pergi haji, seperti ceritanya tentang rombongan haji yang membuat seorang dokter tergerak melaksanakan ibadah tersebut.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!