Film dan TV

10 Film Terbaik Dunia di Tahun 2015

Selamat tahun baru 2016! Tak terasa 2015 begitu cepat berjalan dan kini sudah berganti dengan tahun yang baru. Berbagai hal telah kita lalui dan kita nikmati. Tahun 2015 juga merupakan tahun dimana bermunculan film-film baru yang begitu memikat hati para penggemar film dunia. Beberapa film tersebut berhasil menduduki tangga box office dunia. Ingin tahu film apa saja yang masuk dalam box office sebagai sepuluh film terbaik dunia tahun 2015? Langsung saja yuk kita simak ulasan singkatnya berikut ini.


10Jurassic World

filmterbaik2015-10

Film karya sutradara Colin Trevorrow ini menceritakan taman Jurassic yang ada di suatu pulau yang luas dan menampung berbagai jenis hewan dinosaurus. Tiba-tiba salah satu spesies menghancurkan sebuah kendaraan dan memakan korban. Salah satu pekerja bernama Owen yang diperankan oleh Chris Pratt berinisiatif untuk melakukan evakuasi yang sayangnya terlambat sehingga para pengunjung harus bertahan diri dari T-rex yang melakukan teror serta membahayakan nyawa mereka semua.

Film ini rilis pada 12 Juni 2015 dan berhasil mendapatkan pendapatan hingga $1.668.984.926 baik untuk pendapatan domestik maupun luar negeri. Hasil itulah yang menjadikan film ini menduduki tangga box office nomor 1 di dunia.


9Star Wars: The Force Awakens

filmterbaik2015-9

Serial film fenomenal ini juga berhasil masuk dalam daftar box office dunia. Star Wars: The Force Awakens menceritakan perjuangan terhadap tindak kejahatan yang mengancam oleh para trio lead muda. Masih terhubung dengan serial-serial film Star Wars sebelumnya yang sejak 30 tahun lalu terhenti produksinya. Film yang rilis 18 Desember 2015 ini disutradarai oleh J.J. Abrams dengan genre Sci-Fi Fantasy. Total pendapatan baik dari domestik maupun luar negeri mencapai $1.331.165.583.


8Avengers: Age of Ultron

filmterbaik2015-8

Film satu ini merupakan film pahlawan super yang diadaptasi dari komik Avengers, produksi Marvel Studio. Film ini bercerita tentang keberhasilan Avengers dalam merebut tongkat Loki yang dilindungi oleh Tony Stark atau Iron Mark dengan sebuah program pelindung yang disebut sebagai ULTRON. Ternyata otak super komputer pada tongkat Loki memiliki massa lebih besar dari otak komputer JARVIS. Ketika terhubung secar offline, otak dalam permata Loki menguasai ootak Jarvis yang dipenuhi dengan informasi mengenai misi Avengers. INilah yang memicu Ultron yang memiliki otak super canggih penuh dengan informasi kehancuran yang dibuat para Avengers dan membuatnya berpikir bahwa bumi dalam bahaya sehingga ia harus menyelamatkan bumi meski harus membunuh lebih banyak manusia. Film ini berhasil mendapatkan pendapatan total mencapai $1,405,035,767.


7Inside Out

filmterbaik2015-7

Film animasi satu ini berhasil membuat penontonnya meneteskan air mata berkat jalur cerita yang begitu menyentuh. Setiap orang memiliki lima manifestasi dari emosi Joy (Kebahagiaan), Sadness (Kesedihan), Disgust (Rasa Jijik), Anger (Kemarahan), dan Fear (Ketakutan). Film ini menceritakan seorang gadis bernama Riley dan pindah dari kota kelahirannya di Minnesota menuju San Fransisco karena ayahnya mendapatkan pekerjaan baru. Apa yang ada di pikirannya ternyata tidak sebaik kenyataannya dan segala perilakunya ditentukan dari lima manifestasi emosi Riley tadi. Film produksi Pixar Animation Studio dan Walt Disney Pictures ini berhasil mendapatkan penghasilan total dari domestik dan luar negeri sebesar $856,130,132 dan menjadikannya masuk dalam daftar film box office dunia tahun 2015.


6Fast & Furious 7

filmterbaik2015-6

Kematian salah satu pemain utamanya membuat produksi film ini sempat terhenti beberapa saat. Namun setelah dilanjutkan dan diselesaikan, hasilnya cukup memuaskan dan memukau para penggemar film yang dibintangi Vin Diesel dan mendiang Paul Walker. Film ini menceritakan Deckard Shaw (diperankan oleh Jason Statham) menerobos masuk ke dalam rumah sakit dan melihat Owen Shaw ditahan dalam keadaan koma. Ia bersumpah akan membalas dendam adiknya terhadap Dominic Torreto (diperankan Vin Diesel) beserta seluruh timnya. Perkelahian terjadi dan melibatkan penggunaan teknologi God-Eye yang memungkinkan penggunanya mendapatkan lokasi dan apa yang ingin dicari dan dilihatnya pada saat itu juga. Film garapan sutradara James Wan dan diproduseri oleh Vin Diesel dan Neal H. Moritz ini berhasil menduduki tangga box office dengan pendapatan total mencapai $1,515,047,671.


5Minions

filmterbaik2015-5

Suaranya yang lucu dan karakter yang menggemaskan dari film Despicable Me ini resmi memiliki film mereka sendiri. Minions merupakan sebuah film animasi komedi yang tayang tahun 2015 dan diproduksi oleh Illumination Entertainment untuk Universal Pictures. Film ini menceritakan minions yang memulai melakukan pencarian mendebarkan mereka agar bisa menemukan bos penjahat baru sebagai pemimpin mereka. Ketiganya bertemu dengan penjahat kelas atas, Scarlet Overkill, bersama suaminya Herb, yang memiliki rencana untuk mengambil alih dunia.

Ketiga minions ditugaskan mencuri mahkota Ratu Elizabeth II namun yang terjadi justru salah satu minions bernama Bob lah yang naik tahta setelah berhasil menarik pedang yang tertancap di batu. overkill mengira para minions mengkhianatinya dan dari situlah masalah muncul. Film animasi menggemaskan satu ini berhasil mendapatkan pendapatan total sebesar $1,157,275,017 yang menjadikannya masuk dalam daftar box office dunia tahun 2015.


4The Hunger Games: Mockingjay Part 2

filmterbaik2015-4

Film satu ini melanjutkan bagian pertamanya dimana Katniss Everdeen berjuang untuk menyelamatkan Peeta Melark yang sempat ditangkap oleh Presiden Snow dan dilakukan rekayasa pada pikirannya. Katniss melancarkan aksi pembalasan terhadap Snow yang dipenuhi dengan aksi-aksi menegangkan dan pengorbanan yang harus mereka lakukan meski harus kehilangan tim mereka sendiri karena penyerangan kembali dari Presiden Snow melalui sejumlah teknologi yang dipasang di seluruh sudut kota dan bahkan melepaskan mutan untuk mencari dan menghabisi Katniss dan timnya. Film yang diadaptasi dari novel karya Suzanne Collins ini berhasil menduduki tangga box office dunia tahun 2015 dengan pendapatan total yang diterima mencapai $621,797,959.


3The Martian

filmterbaik2015-3

Film ini menceritakan sebuah misi berawak ke Planet Mars yang menyisakan cerita sedih. Salah satu awak yaitu Astronaut Mark Watney yang diperankan oleh Matt Damon diduga tewas akibat badai ganas dan terpaksa ditinggalkan oleh kru. Namun ternyata Watney masih hidup dan berusaha bertahan sendirian di planet yang mengerikan. Ia bertahan hidup dengan pasokan logisitk yang sedikit dan memaksanya untuk berpikir lebih keras, cerdas, dan semangat supaya bisa hidup dan menemukan cara agar mampu mengirim sinyal ke bumi yang menunjukkan bahwa ia belum mati. The Martian sendiri merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andy Weir. Film ini berhasil mendapatkan penghasilan total $595,745,402.


2Cinderella

filmterbaik2015-2

Film fantasi asal Britania Raya yang disutradarai oleh Kenneth Branagh ini menceritakan kisah dongeng yang hampir diketahui oleh anak di seluruh dunia. Film ini dibintangi oleh Cate Blanchett, Lily james, Richard Madden, dan pemeran lainnya. Alur cerita berdasar film animasi Disney pada tahun 1950 dan mendapatkan beberapa penyesuaian. Ella hidup susah semenjak kematian sang Ayah dan diperlakukan sebagai pembantu di rumahnya sendiri oleh Ibu dan saudara tirinya. Namanya pun diganti menjadi Cinderella. Ella yang hanya bisa melarikan diri sejenak ke hutan bertemu dengan seseorang yang gagah yang ia tidak tahu bahwa seseorang itu adalah pangeran. Film ini berhasil mendapatkan penghasilan total baik domestik maupun luar negeri dengan total mencapai $542,686,737.


1Spectre

filmterbaik2015-1

Serial ke 24 dari film James Bond ini diproduksi oleh Eon Productions dan disutradarai oleh Sam Mendes dengan bintang utama Daniel Craig. Setelah kejadian pemboman markas MI6 oleh Raoul Silva, sebuah pesan sandi menimbulkan sulutan pada sejumlah peristiwa yang memposisikan James Bond melawan organisasi jahat yang dikenal dengan nama Spectre. Bond melacak jejak dari Meksiko menuju Austria dan Maroko yang menjadikannya terlibat dengan sebuah konfrontasi melawan musuh dari masa lalunya. Musuh Bond inilah yang memegang rahasia berbahaya berkaitan dengan nilai yang diperjuangkan Bond selama ini. Film serial yang mengagumkan ini berhasil mendapatkan pendapatan total hingga $851,004,955 dan menduduki peringkat 10 dalam box office dunia menurut website boxofficemojo.com.


Itulah 10 film terbaik dunia tahun 2015. Di tahun 2016 ini pasti akan lebih banyak lagi hadir film-film yang juga tak kalah menariknya dan spektakuler dibandingkan film-film box office 2015. Sudah siap menyongsong tahun 2016?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry