Dunia Medis

10 Fobia Paling Aneh yang Mungkin Anda Alami

Ada banyak sekali hal yang membuat kita ketakutan. Saya pribadi takut dengan yang namanya laba-laba, beberapa teman saya yang lain takut dengan ketinggian. Tapi pernah gak Anda mendengar ada orang yang takut dengan keju? Atau takut tidur? Ternyata ada fobia yang tidak masuk akal atau bahkan terdengar lucu bagi orang lain. Mari kita cari tahu tentang sepuluh fobia paling aneh tersebut yang mungkin saja Anda alami tanpa sadar.


10Venustraphobia – Takut Cewek Cantik

fobiaaneh10

Bagi Anda yang takut kalau melihat wanita cantik, jangan-jangan Anda mempunyai fobia ini. Alih-alih memuji, memandang dan jatuh cinta pada wanita cantik, orang dengan Venustraphobia malah lari ketakutan. Biasanya disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri yang berlebihan dan terlalu merendahkan diri.


9Didaskaleinophobia – Takut Pergi ke Sekolah

fobiaaneh9

Mungkin semua anak-anak tidak suka dengan yang namanya sekolah, tapi ada beberapa anak yang saking bencinya dengan sekolah, mereka mulai melihat sekolah sebagai momok mengerikan. Fobia tipe ini dikarenakan oleh rasa takut keluar rumah meninggalkan keluarganya, dan juga harus menghadapi tekanan dari pelajaran sekolah, tekanan dari teman sebaya, dan juga intimidasi atau bullying.


8Pogonophobia – Takut Jenggot

fobiaaneh8

Istilah Pohonophobia pertama kali digunakan di tahun 1850an untuk menggambarkan rasa takut yang amat sangat dari… jenggot. Entah apa yang dilihat dari jenggot yang menyebabkan mereka ketakutan.


7Turophobia – Takut Keju

fobiaaneh7

Penderita Turophobia biasanya mengasosiasikan keju dengan trauma mereka di masa lalu. Apapun jenis kejunya, baik cheddar cheese, mozzarella dan keju yang biasa digunakan untuk roti mampu membuat mereka lari ketakutan. Tapi ada juga yang takut dengan hanya satu jenis keju saja.


6Somniphobia – Takut Tidur Terlelap

fobiaaneh6

Jujur kami prihatin dengan penderita fobia ini. Tidur merupakan suatu keharusan dan bagus untuk tubuh manusia. Mereka yang mempunyai Somniphobia menganggap kalau tidur bisa menyebabkan mereka meninggal. Mereka juga takut kehilangan waktunya jika mereka tertidur. Keadaan ini mungkin disebabkan oleh mimpi buruk yang terus menerus dan juga dari perasaan kurangnya kontrol hidupnya.


5Euphobia – Takut Akan Kabar Baik

fobiaaneh5

Percaya kami, Anda tidak akan betah berteman dengan penderita Euphobia – yakni mereka yang takut jika mendengar kabar baik atau berita apapun yang positif. Ketakutan ini muncul dari pengalaman mereka yang mengecewakan. Alih-alih merasa bahagia, mereka merasa cemas atau kecewa dengan kabar baik, dan sering tinggal dalam kelompok orang-orang yang juga berperilaku negatif.


4Deipnophobia – Takut Ngobrol Saat Makan

fobiaaneh4

Kalau Anda biasanya bawel namun tidak pernah mengeluarkan sepatah kata pun saat sedang makan bersama teman-teman atau keluarga, bisa jadi karena Deipnophobia. Singkatnya, fobia ini adalah untuk mereka yang takut terlibat dalam percakapan selama waktu makan. Bukan karena malu, tapi kurangnya antusiasme untuk ngobrol khususnya pada waktu acara makan bersama. Fobia ini dapat dipicu oleh pengalaman memalukan saat makan dengan keluarga, atau pernah diberitahu untuk tidak berbicara saat sedang makan.


3Chorophobia – Takut Dansa

fobiaaneh3

Fobia ini mendeskripsikan mereka yang takut berdansa atau menari. Seseorang yang menderita fobia ini mungkin juga takut dengan semua yang berhubungan dengan tari-tarian, misalnya pesta, acara televisi, ballrooms, dan panggung.


2Phobophobia – Takut Akan Fobia

fobiaaneh2

Terdengar aneh memang, Phobophobia adalah ketakutan akan fobia. Fobia takut fobia. Orang yang menderita fobia ini umumnya takut jika mereka mempunyai atau akan mempunyai suatu fobia. Kondisi kompleks ini dikembangkan oleh pikiran bawah sadar mereka karena beberapa alasan, misalnya sering ditakut-takuti saat masih anak-anak.


1Nomophobia – Takut Tidak Mendapat Sinyal HP

fobiaaneh1

Nomophobia masuk ke dalam urutan satu daftar ini karena sungguh relevan dengan gaya hidup kita sekarang. Smartphone atau telepon genggam sudah menjadi gadget yang tak bisa lepas dari kehidupan kita. Bagi Anda yang takut berlebihan jika smartphone Anda hilang, tak mendapatkan sinyal atau baterainya habis, mungkin saja Anda menderita dari Nemophobia. Menurut survey, lebih dari setengah populasi di Inggris menderita fobia ini, no-mobile-phone phobia.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Tentikaulia dian permata Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
aulia dian permata
Guest
aulia dian permata

wah ngeri juga yang terakhir, nomophobia haha.. tapi kayanya sekarang semua orang nomophobia deh, kalau HP ga ada signal pasti panik 😀

Domain .COM & Web Hosting Murah : http://jaringanhosting.com

Tentik
Guest

Hahaha iya termasuk saya jg.. Jd bergantung bgt nih ya skrg smuanya sama hp 😀

error: Sorry