Horror

10 Foto Penampakan yang Terkenal di Dunia Maya

Pada tahun 1822, Joseph Niépce sang penemu fotografi dari Prancis mengabadikan foto Paus Pius VII untuk pertama kalinya. Setelah Joseph Niépce, banyak juga ilmuwan yang mengembangkan teknik fotografi dengan inovasi-inovasi terbaru hingga saat ini. Karena itulah semua orang bisa mengabadikan momen penting di keseharian mereka hanya dengan menggunakan handphone, tanpa harus memiliki sebuah kamera seperti fotografer profesional. Tapi apa jadinya kalau gambar yang terpotret adalah sosok lain? Berikut, 10 foto yang menjadi fenomenal di dunia maya karena berhasil mempotret sosok misterius yang membuat kita merinding.


10Decebal Hotel, Romania

penampakanterkenal10

Foto ini diambil pada tahun 2008, di sebuah bangunan tua berumur sekitar 150 tahun yang akan dijadikan hotel Decebal di Romania. Telah banyak laporan tentang hantu perempuan menggunakan baju kuno panjang berwarna putih yang sering terlihat di bangunan konstruksi tua tersebut. Rumor yang beredar, hantu wanita itu adalah penjaga harta karun yang terkubur di dalam bangunan tersebut. Dia muncul untuk mencegah para pemburu harta karun untuk menjarah hartanya. Foto yang menjadi fenomenal di tahun 2008 diambil oleh seorang perempuan berumur 38 tahun, Victoria yang tadinya hanya berniat untuk mengabadikan gambar sang kekasih, namun tanpa sengaja Victoria pun mengabadikan hal lain di sekitar bangunan tua tersebut. Saat sampai dirumahnya, ia sangat kaget karena melihat hasil foto penampakan hantu yang terpotret sempurna.


9Hantu Wanita yang Sedang Duduk

penampakanterkenal9

Foto ini adalah foto yang diambil klub pecinta hantu, Ghost Research Society pada tahun 1991 di pemakaman Bachelor’s Grove, Illinois. Saat itu mereka mengambil gambar dengan kamera khusus menggunakan efek infra red, tapi tidak ada satu pun arwah yang tertangkap oleh kamera mereka. Tapi sungguh mengejutkan, hasil foto yang mereka ambil menampilkan sosok wanita dengan menggunakan pakaian berwarna putih sedang duduk termenung. Setelah foto tersebut tersebar luas, banyak orang yang mencoba untuk memotret hantu yang duduk di atas monumen di pemakaman tersebut, tapi tidak ada seorang pun yang berhasil menangkapnya.


8Freddy Jackson

penampakanterkenal8

Foto penampakan wajah Freddy Jackson tepat di sebelah seorang perwira diambil pada tahun 1919 dan di publikasikan setelah berpuluh-puluh tahun, yakni pada tahun 1975 oleh Sir Victor Goddard, seorang pensiunan R.A.F. Foto perwira yang diambil pada tahun 1919 itu adalah seorang dari kelompok angkatan udara yang dikomandani oleh Sir Victor Goddard pada saat perang dunia I. Foto itu sontak membuat terkejut siapa saja yang melihatnya. Freddy Jackson sendiri adalah seorang mekanikal mesin pesawat yang terbunuh karena terkena baling-baling pesawat dua hari sebelum foto tersebut diambil, tepat dihari pemakaman Freddy. Saat foto tersebut dicetak, seluruh anggota angkatan udara sontak berkata jika wajah itu adalah wajah Freddy Jackson.


7Hantu Kakek Tua

penampakanterkenal7

Denise Russell mengabadikan foto neneknya pada tanggal 17 Agustus 1997. Sebelumnya tidak ada yang salah dengan foto tersebut, hingga pada 25 Desember 2000, Danise sadar kalau sesuatu yang aneh. Saat dilihat dengan teliti, ternyata neneknya tidaklah sendirian, ada sosok kakek-kakek yang berdiri tepat dibelakang neneknya itu. Dan yang mengejutkannya lagi adalah fakta bahwa kakeknya itu telah meninggal pada tanggal 14 Agustus 1984, lebih dari 13 tahun sebelum foto ini diambil.


6Gereja Worstead

penampakanterkenal6

Di tahun 1975, Diane dan Peter Berthelot bersama dengan anak laki-lakinya yang berumur 12 tahun mengunjungi gereja Worstead di utara Norfolk, UK. Peter pada saat itu mengabadikan gambar istrinya yang sedang duduk tertunduk dan berdoa di bangku dalam gereja. Beberapa bulan setelahnya, salah seorang teman Diane bertanya tentang seseorang yang duduk di belakangnya. Sosok tersebut terlihat mengenakan baju berwarna terang dan kuno. Akhirnya, keluarga Berthelot kembali lagi ke gereja tersebut pada musim panas dengan membawa foto dan menunjukkan foto aneh itu pada pendeta Pettit. Dia menjelaskan kepada Diane tentang legenda the White Lady, yang tentu saja belum pernah didengar oleh Diane. Diceritakan bahwa hantu itu hanya akan muncul bila ada seseorang di dekatnya yang sedang sakit. Sewaktu Diane mengunjungi gereja dulu, ia memang sedang sakit dan mengkonsumsi antibiotik.

Beberapa laporan menyatakan bahwa hantu itu telah ada sejak sekitar 100 tahun lalu. Menurut satu cerita, pada saat perayaan natal tahun 1830, seorang pria menantang The White Lady agar muncul, pria tersebut akan naik puncak gereja dan menciumnya jika The White Lady benar-benar muncul. Beberapa jam kemudian pria tersebut ditemukan ketakutan dan menggigil dan berkata bahwa ia telah melihatnya, lalu pria itu meninggal. Untuk beberapa waktu, Diane merasakan ketenangan saat ia melihat foto tersebut. Sekarang, gereja Worstead telah berubah menjadi sebuah pub.


5Hantu Queens House

penampakanterkenal5

The Tulip Staircase atau tangga tulip yang berada di Queens House, Greenwich, sangatlah terkenal. Kenapa tangganya terkenal? Pada hari Minggu 19 Juni 1966, pasangan yang berasal dari Kanada, Rev R.W.Hardy dan istrinya mengunjungi Queens House. Sekitar pukul 5 sore, Rev memotret seluruh interior Queens House dan berakhir di tangga Tulip sekitar pukul 5.15-5.30 sore. Istrinya berdiri tepat di sebelahnya dan mengaku tidak melihat apapun di tangga tersebut. Mereka hanya berniat untuk mengambil foto tangga spiral itu dan sadar ada penampakan aneh di bagian bawah samping kanan, terpotret sosok hantu yang menggunakan kupluk. Hasil foto negatif telah diteliti oleh profesional dan mereka tidak menemukan adanya manipulasi dari foto tersebut. Menurut penuturan staf yang bekerja di Queens House, mereka seringkali melihat bayangan dan mendengar langkah kaki di Tulip Staircase.


4Hantu di Gereja

penampakanterkenal4

Sebuah foto fenomenal terjadi di sebuah gereja Kristen bernama Newby Chirst the Conselor yang terletak di Inggris. Dalam foto tersebut terlihat sebuah penampakan yang menyeramkan, yaitu sebuah sosok yang sangat mirip dengan pembunuh dari film Scream. Hantu yang terlihat di foto tersebut berdiri di dekat sebuah meja panjang dan sedang melihat lurus ke depan. Foto menyeramkan tersebut diambil oleh Pendeta K. F. Lord di tahun 1963. Tetapi, banyak juga yang tidak percaya jika di dalam foto tersebut adalah hantu asli.


3Sosok Perempuan di Corroboree, Australia

penampakanterkenal3

Corroboree Rock adalah tempat mitos yang dipercayai oleh suku Aborigin di Australia, terletak sekitar 50 km ke Timur dari Alice Spring, sebelah utara Australia. Corroboree Rock juga merupakan tempat dimana kaum pria dari suka Aborigin bertemu. Mitos mengatakan batu tersebut dilarang untuk dinaiki, lalu wanita, anak-anak dan laki-laki yang tidak dikenal dilarang untuk mengunjungi batu tersebut karena alasan mistis. Pada tahun 1959 seorang menteri yang bernama Adelaide Presbyterian mengunjungi Corroboree dan mengabadikan pemandangan di sekitar tempat itu dengan kameranya. Yang membuat fotonya terlihat aneh adalah adanya sosok wanita yang memakai pakaian adat terlihat jelas sedang berdiri di sekitar semak-semak. Padahal, jelas terlihat bahwa foto itu diambil di siang hari, wanita misterius itu terlihat transparan dan seperti menggenggam sesuatu di tangannya. Jika dilihat secara seksama, foto tersebut lumayan membuat merinding, lho!


2The Brown Lady

penampakanterkenal2

Menurut legenda, “The Brown Lady of Raynham Hall” adalah hantu Lady Dorothy Walpole (1686–1726), saudara perempuan dari Robert Walpole (perdana menteri Inggris), dia juga istri ke-2 dari Harles Townshend, yang dikenal sebagai seseorang yang bertemperamen tinggi. Konon Lady Dorothy diketahui berselingkuh dan Townshend memutuskan untuk mengurungnya disebuah kamar di Raynham Hall dan melarangnya untuk melihat anak-anak mereka, hingga akhirnya Lady Dorothy wafat ditahun 1726. Namun dia tidak pernah meninggalkan Rayham hall bahkan setelah ia meninggal. Selama dua abad, hantu Lady Dorothy terlihat sering berkeliaran di sekitar area tersebut. Berbagai cerita tentang The Brown Lady of Raynham Hall tidak pernah lekang oleh waktu, hingga terdapat sebuah foto penampakan dirinya di tahun 1936. Foto tersebut dipercaya sebagai foto asli tanpa manipulasi karena banyak yang mempercayai bahwa The Brown Lady tidak akan pernah pergi dari Raynham Hall.


1Hantu Lord Combermere

penampakanterkenal1

Foto perpustakaan di Combermere Abbey diambil oleh Sybell Corbet pada tahun 1891. Foto itu menangkap figur seorang laki-laki yang sedang duduk di sebuah kursi besar di belah kiri. Kepala, kerah dan bahunya bisa sangat jelas terlihat dan akhirnya diketahui bahwa itu adalah hantu Lord Combermere. Ada dua generasi, Lord Combermere I adalah seorang komandan pasukan berkuda Inggris di tahun 1800-an, yang saat itu sangat terkenal mengikuti beberapa perang di kemiliteran termasuk pertempuran di Salamanca dan Bhartpore, lalu di tahun 1865 Lord Combermere I wafat. Lord Combermere II wafat di tahun 1891 karena terjebak di sebuah mobil berkekuatan listrik pertama yang ada di London. Di waktu yang sama saat Corbet sedang mengambil foto di perpustakaan, Lord Combermere dimakamkan di pemakaman yang jaraknya 4 mil dari situ. Corbet mencatat, untuk mengambil foto tersebut dibutuhkan waktu selama 1 jam, dan selama itu tidak ada pelayan yang masuk untuk duduk di bangku tersebut, karena semuanya pergi ke pemakaman Lord Combermere.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!