Game, Komik & Manga

10 Game dengan Biaya Produksi Termahal

Siapa sangka ongkos pembuatan game bisa memakan biaya ratusan juta dolar Amerika. Jika di kurskan ke Rupiah maka nilainya akan sangat fantastis untuh sebuah game.

Film termahal yang pernah dibuat yaitu Pirates of the Caribbean yang memakan biaya $378.5 juta dolar. Bagaimana dengan game termahal? Apakah biaya produksi game dapat mengalahkan angka tersebut? Mari kita cari tahu jawabannya disini: 10 Game Dengan Biaya Produksi Termahal.


10Disney’s ‘Infinity’ – $100 juta

gametermahal10

Sektor gaming dari Disney sedang di ambang kehancuran, setelah merugi dari tahun 2008-2013 sebanyak kira-kira $1.4 milyar. Akhirnya perusahaan Disney memutuskan untuk membuat sesuatu yang berbeda, dan hadirlah ‘Infinity’ yang memakan biaya sekitar $100 juta.

Disney berharap dan mentargetkan pendapatan dari game ini sampai $1 milyar.


9Tomb Raider – $102 juta

gametermahal9

Tomb Raider diliris pada tahun 2013 dan langsung mendapatkan banyak pujian. Game ini terjual sekitar 1 juta kopi dalam waktu hanya 48 jam saja dari waktu rilis, dan meningkat menjadi 6.5 juta pada tahun 2014.

Pakar game Billy Pidgeon memperkirakan bahwa memerlukan biaya $US100 juta untuk memproduksi game ini.


8Max Payne 3 – $108 juta

gametermahal8

Rockstar Games kembali hadir di daftar ini, kali ini dengan gamenya yang berjudul ‘Max Payne 3″, liris pada tahun 2012.

Angka penjualannya sangat rendah dan tidak memuaskan, Max Payne 3 hanya berhasil terjual sebanyak 440.000 kopi di bulan pertama. Para analis memprediksi bahwa Rockstar Games perlu menjual sekitar 4 juta kopi untuk menutup biaya yang dikeluarkan, yakni sebesar $108 juta. Namun akhirnya tercapai juga setahun kemudian.


7Red Dead Redemption – $109 juta

gametermahal7

Berlatar belakang di Old West, ‘Red Dead Redemption’ adalah game buatan Rockstar Games yang juga membuat Grand Theft Auto. Perlu waktu sekitar enam tahun untuk mengembangkan game ini, dan selama kurun waktu enam tahun itu game ini juga pernah ditunda beberapa kali.

Menurut New York Times, biaya yang dikeluarkan untuk game ini adalah $109 juta.


6Grand Theft Auto IV – $110 juta

gametermahal6

Kalau berbicara tentang Rockstar Games, sudah pasti bayangan kita langsung menuju ke game Grand Theft Auto yang liris pada tahun 2008. Saat itu, GTA adalah game termahal yang pernah diproduksi. Sang produser, Leslie Benzies, memperkirakan biaya yang dikeluarkan sekitar $110 juta.

Dalam waktu 24 jam, ‘Grand Theft Auto IV’ menjual 3,6 juta kopi.


5Final Fantasy VII – $145 juta

gametermahal5

Final Fantasy VII memakan biaya sekitar $45 juta untuk produksinya, dan anggaran pemasarannya sekitar $100 juta.

Game ini keluar pada tahun 1997 menyusul kampanye pemasaran selama tiga bulan di Amerika Serikat yang meliputi TV dan iklan teater, promosi liburan dengan Pepsi, dan iklan cetak.


4Star Wars: The Old Republic – $200 juta

gametermahal4

Pada saat peluncurannya di tahun 2011, analis mematok ‘Star Wars: The Old Republic’ sebagai video game paling mahal yang pernah diproduksi: Mereka memperkirakan biaya pembuatannya antara $150 juta sampai $200 juta.

Game itu sendiri dijual seharga $60, dan pemain juga diharuskan membayar biaya berlangganan sekitar $15 per bulan untuk bermain sebagai Jedis dan Siths. Meski begitu, Star Wars mendapatkan sekitar 1 juta pelanggan dalam tiga hari pertamanya setelah diluncurkan.


3Call of Duty: Modern Warfare 2 – $221 juta

gametermahal3

‘Call of Duty: Modern Warfare 2’ adalah game tembak-tembakan yang dirilis pada tahun 2009. Ini adalah sekuel dari ‘Call of Duty 4: Modern Warfare’.

Menurut LA Times, ‘Call of Duty’ sebenarnya memakan biaya sekitar $50 juta untuk produksinya, tetapi jika ditambah dengan biaya pemasaran, distribusi dan juga peluncuran maka angkanya melejit menjadi $221 juta setelah inflasi.


2Grand Theft Auto V – $265 juta

gametermahal2

Lagi-lagi Rockstar Games dan GTA berada dalam daftar ini. Perkiraan biaya untuk mengembangkan game GTA V ini berkisar antara $137 juta sampai maksimal $265 juta.

GTA V memenangkan 7 penghargaan Guiness World Records di tahun 2013, penghargaan tersebut antara lain untuk game aksi-petualangan dengan angka penjualan terbanyak dalam waktu 24 jam, game terlaris dalam waktu 24 jam, dan game tercepat untuk mendapat penghasilan sebanyak $1 milyar.


1Destiny – $500 juta

gametermahal1

Ternyata ada yang dapat mengalahkan biaya pembuatan film termahal yang pernah dibuat, game tersebut adalah Destiny yang menghabiskan biaya sekitar $500 juta. Angka ini didapat setelah menjumlahkan ongkos pengembangan, pemasaran, distribusi, royalti dan sebagainya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of