Sosial

10 Golongan Netizen Ini Hanya Ada Di Indonesia. Anda Termasuk yang Mana?

Gaya hidup masyarakat mau tak mau ikut berubah seiring dengan merebaknya era digital. Mulai dari pola komunikasi, hubungan interpersonal hingga perilaku berbelanja. Semua manusia dalam era modern mau tak mau bersinggungan dengan dunia digital ini yaitu internet.

Dalam dunia internet sendiri terdapat istilah yang dikenal dengan netizen. Netizen adalah masyarakat pengguna internet atau dunia maya. Netizen juga dikenal dengan ‘cyber citizens’ dan ‘citizen of the net’. Akhir-akhir ini, penggunaan istilah netizen memang santer terdengar. Amati saja berita-berita online yang menggunakan reaksi netizen sebagai berita.

Netizen dalam dunia internet sendiri memiliki berbagai macam golongan. Seperti apakah golongan netizen khas Indonesia? Simpan rasa penasaran Anda dan simak selengkapnya!


10Si ‘Jurnalis’ Dadakan

Canggihnya teknologi membuat semua orang dapat mengabadikan situasi apapun dengan ponsel yang dimiliki. Netizen yang mengabadikan terjadinya sebuah peristiwa biasanya akan mengunggah konten tersebut di sosial media. Hal ini membuat informasi bersifat tak terbatas dan dapat diakses dimana saja.

Namun sayangnya, sebagian besar netizen mengesampingkan nilai-nilai etika dalam mengabadikannya. Misalnya saja terjadinya keadaan darurat seperti kecelakaan. Netizen yang kurang bertanggung jawab ini biasanya mengunggah foto dan videonya tanpa sensor. Contohnya foto korban kecelakaan dengan kondisi mengenaskan bersimbah darah.


9Fansboy and Fansgirl

golongannetizen9

Hadirnya sosial media dapat membantu seorang idola untuk dapat berinteraksi dengan penggemarnya. Lihat saja akun – akun instagram artis dengan jumlah followers (pengikut) yang fantastis. Fansboy dan fansgirl biasanya akan sangat antusias dalam menanggapi dan mengkomentari postingan idolanya. Namun jangan salah, fansboy dan fansgirl ‘garis keras’ dapat melakukan apa saja di dunia maya jika idola mereka disakiti.


8Spammer

golongannetizen8

Golongan netizen yang satu ini biasanya muncul sebagai ‘spammer’ dalam akun orang lain. Netizen ini pada umumnya adalah penjual online yang ‘maju tak gentar’ untuk melakukan serangan promosi dimanapun dan kapan pun. Entah meninggalkan jejak promo distatus artis, orang lain, bahkan melakukan private message secara masif.


7Penyebar Hoax

golongannetizen7

Netizen penyebar hoax adalah salah satu golongan netizen yang reaktif. Pada umumnya mereka tidak ‘memfilter’ terlebih dahulu kebenaran sebuah konten atau informasi yang beredar. Namun, ada pula yang sengaja suka menyebar hoax atau kebohongan dengan ‘maksud dan tujuan’ tertentu. Netizen penyebar hoax ini akan sangat tidak disukai oleh netizen yang lain. Jika ketahuan menyebarkan hoax atau kebohongan, pada umumnya pemilik akun akan menghapus akunnya.


6Tukang Galau

golongannetizen6

Dapat dikatakan bahwa golongan netizen ini adalah tipe netizen yang ekspresif. Mereka tidak ragu untuk mengungkapkan apa yang mereka alami dan rasakan disosial media. Bentuk ekspresi mereka pun bermacam-macam. Mulai dari menulis potongan lagu-lagu yang mendayu-dayu, menceritakan lika-liku kehidupan asmaranya, hingga keinginan-keinginan mereka yang mau tak mau menyita perhatian lini sosial media.


5Pasukan ‘Keyboard Warrior’

golongannetizen5

Pasukan ‘Keyboard Warrior’ pada umumnya mengemban ‘misi khusus’ dalam dunia maya. Biasanya pasukan ‘keyboard warrior’ ini dimiliki oleh figur dan kelompok-kelompok politik tertentu. Tugasnya adalah untuk melakukan ‘perkenalan’ dan ‘promosi’ kepada masyarakat dunia maya. Mereka juga bertugas untuk membentuk citra figur politik menjadi positif. Pasukan ‘keyboard warrior’ ini terdapat dua macam, baik yang bertugas dengan sukarela maupun berbayar.


4Tukang Comment

golongannetizen4

Netizen ini akan sering mengomentari apapun yang dijumpainya. Baik berita-berita online maupun postingan yang ditulis orang lain. Golongan netizen ini tidak ragu untuk mengungkapkan pendapatnya. Bahkan karena terlalu sering berkomentar disebuah aplikasi berita atau sosial media, netizen komentator ini justu lebih terkenal dibandingkan dengan beritanya.


3Si Anonim yang Misterius

golongannetizen3

Netizen anonim pada umumnya memiliki banyak akun sosial media dan email sekaligus. Entah bertujuan untuk apa, pada umumnya akun-akun tersebut memiliki ‘kegunaan’ menurut pembuatnya. Netizen anonim tidak menggunakan nama asli dan menggunakan nama ‘samaran’ yang memiliki makna tertentu.


2Penggiat Tulisan Viral

golongannetizen2

Netizen yang gemar menulis biasanya gemar melakukan aktivitas yang satu ini. Entah menulis kisah – kisah inspirasi, pengalaman yang berguna bagi orang lain, hingga ‘mini reportase’ sebuah kejadian. Namun ada pula yang gemar menulis konten-konten humor yang menyegarkan. Seperti konten humor fenomenal ‘Mukidi’ yang hits dalam banyak grup whatsapp misalnya. Masih ingat?


1Tukang Share Konten Bermanfaat

golongannetizen1

Golongan netizen seperti ini patut diapresiasi. Pada umumnya mereka gemar dan sukarela untuk membagikan konten-konten yang bermanfaat. Konten yang dibagikan pada umumnya berguna dan dibutuhkan oleh orang lain. Golongan netizen seperti ini pada umumnya selalu ‘update’ akan kondisi – kondisi masa kini.


Golongan netizen seperti apakah yang sesuai dengan karakter Anda? Semoga Anda termasuk golongan netizen yang bertanggung-jawab, ya!

Share jika bermanfaat 😉

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry