Traveling

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Hiking mulai mendapatkan perhatian sebagai salah satu tren yang marak di kalangan anak muda saat ini. Mulai dari mereka yang baru belajar mencintai kegiatan satu ini maupun mereka yang sudah simpang siur di banyak gunung. Eh, buat kamu yang merasa sudah menginjakkan kaki di banyak gunung, yakin sudah pernah mendaki di 10 gunung tertinggi di Indonesia ini?


10Gunung Latimojong

Mari terbang ke Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, yang ternyata memiliki Gunung Latimojong. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 3.478 meter dari permukaan laut dan terkenalakan pemandangan alamnya yang menantang. Mengundang dong bagi kamu yang mengaku pecinta alam dan hobi mendaki gunung?


9Gunung Sanggar

NTB juga tidak kalah memikat karena memiliki Gunung Sanggar yang memiliki ketinggian 3.564 meter dari permukaan laut. Keunikan dari gunug ini adalah keindahan alamnya yang relatif asli dan masih asri serta masih ada kemungkinan kamu menyaksikan langsung kehidupan dari flora dan fauna khas di sini.


8Gunung Semeru

Ini dia nih gunung tertinggi yang lokasinya ada di Pulau Jawa. Yap! Gunung Semeru yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter dari permukaan laut. Ini dia nih yang dipakai untuk pengambilan gambar film 5 CM. Betul, Puncak Mahameru adalah sebutan untuk puncak gunung satu ini.


7Gunung Rinjani

Bukan hanya dikenal indah, Gunung Rinjani juga terkenal sebagai salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Gunung ini berlokasi di Lombok dan memiliki ketinggian 3.726 meter. Untuk melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, jangan lupa menyiapkan dana yang agak besar dibandingkan budget pendakianmu yang biasanya, ya, apalagi kalau kamu berdomisili di tempat yang jauh dari Lombok.


6Gunung Kerinci

Sumatera, lebih spesifiknya Jambi, memiliki Gunung Kerinci yang dikenal karena keindahannya. Gunung ini dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.805 meter dari permukaan laut. Gunung yang memiliki nama lain Peak of Indrapura ini dikenal sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia. Masih berani untuk menaklukkannya?


5Gunung Yamin

Jangan beranjak pergi dulu dari Papua ketika kamu belum selesai melakukan pendakian di salah satu dari 10 gunung tertinggi di Indonesia ini. Ya, posisi 5 masih ditempati oleh Papua sebagai empunya gunung tertinggi yaitu Gunung Yamin. Ketinggiannya mencapai 4.595 meter dari permukaan laut. Keunikan dan tantangan dari jalur pendakian di gunung ini adalah struktur bebatuannya yang merupakan bebatuan gamping, klastik, serta karang glaciated. Setidaknya,butuh 3 hari pendakian untuk sampai di Puncak Gunung Yamin yang memiliki suhu kurang lebih minus 5 derajat Celcius ini.


4Gunung Ngga Pilimsit

Papua menang telak deh kalau bicara soal keindahan alamnya. Buktinya, gunung tertinggi di Indonesia nomor 4 ini masih berada di wilayah kaya seperti Papua. Gunung Ngga Pilimsit alias Mount Idenberg (nama yang biasa digunakan oleh para Kolonial Belanda) ini memiliki ketinggian hingga 4.717 meter dari permukaan laut ini juga berlokasi yang tak jauh dari Puncak Jayawijaya.


3Gunung Puncak Trikora

Gunung Puncak Trikora atau yang sering disebut dengan Gunung Wilhelmina ini memiliki ketinggian 4.750 meter dari permukaan laut. Apa yang unik dari gunung ini? Tentu saja adanya kawasan hutan mulai dari Hutan Montane, Hutan Ericaceous, hingga Hutan Dipterokarp Atas.


2Gunung Puncak Mandala

Masih berlokasi di wilayah Papua, salah satu dari 10 gunung tertinggi di Indonesia ini adalah Gunung Puncak Mandala yang memiliki ketinggian 4.760 meter dari permukaan laut. Dulunya, Puncak Mandala juga ditutupi oleh salju sama seperti Puncak Jayawijaya, sayangnya karena pemanasan global mengakibatkan salju-salju tersebut mencair dan hilang.


1Carstensz Pyramide alias Puncak Jayawijaya

Yap! Jayawijaya memang sudah dikenal sejak dulu sebagai gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Ketinggiannya bahkan menembus angka 4.880 meter. Kalau kamu berkesempatan mendaki hingga mencapai Puncak Jayawijaya, jangan lewatkan kesempatan untuk ‘menikmati’ keunikan gunung ini, termasuk suhu udara yang bisa mencapai nol derajat Celcius, jalur yang berbahaya, hingga melihat salju abadi yang ada di puncak.


Terbuka sudah kan sekarang pandanganmu bahwa (mungkin) gunung yang sudah pernah kamu taklukkan ternyata tak seberapa jika dibandingkan dengan 10 gunung tertinggi di Indonesia ini. Bagi kamu yang belum pernah, kapan mau mendaki di 10 gunung menakjubkan ini?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry