Mitos & Legenda

10 Hal dalam Mitologi yang Benar-Benar Ada di Dunia Nyata

Meskipun mitos adalah hal-hal yang kerap dianggap sebagai sesuatu yang mustahil, toh tetap ada kajian-kajian yang membahas hal-hal seperti ini, yaitu mitologi. Mitologi sendiri terkenal memiliki kaitan dengan legenda maupun cerita rakyat yang dipercaya suatu masyarakat turun temurun pada suatu lokasi tertentu. Mekipun terdengar mustahil, tapi 10 hal dalam mitologi ini sungguh-sungguh nyata!


10Hobbit

mitologiyangnyata10

Hobbit atau manusia kerdil, istilah ini mungkin dipahami hanya sebatas karakter dalam film The Hobbits maupun The Lord of The Rings. Akan tetapi, berdasarkan pergalian yang dilakukan di Pulau Flores, Indonesia, terdapat cukup bukti eksistensi makhluk ini dengan ditemukannya kerangka manusia yang memiliki tinggi sepertiga dari manusia biasa saat ini.


9Dvaraka (Kota Krishna)

mitologiyangnyata9

Krishna, Dewa dalam ajaran agama Hindu yang dianggap setara dengan Tuhan, dipercaya menguasai Kota Dvaraka yang kabarnya kini ditelan laut. Arkeolog yang melakukan pencarian dan penelitian di sebuah kota lepas pantai yang lokasinya ada di India berhasil menemukan bebatuan yang mengindikasikan adanya kota Dvaraka.


8Naga

mitologiyangnyata8

Meskipun naga yang kita pahami saat ini adalah hewan komodo, namun nyatanya terdapat hewan lain yang lebih mendeskripsikan naga yaitu Megalania. Inilah kadal raksasa yang dipercaya mampu bertumbuh hingga 9 meter dan berat mencapai 2 ton. Megalania sendiri dipercaya sebagai nenek moyang dari komodo.


7Kraken

mitologiyangnyata7

Kraken dipercaya sebagai makhluk laut yang ganas dengan tubuh ekstra besar. Makhluk ini mirip seperti gurita raksasa yang diam dan menunggu kapal-kapal yang berlayar untuk dijadikan santapan. Dalam dunia nyata, kraken ini pernah ditangkap di perairan laut selatan dan terbukti bahwa hewan ini begitu besar dengan panjang tubuh mencapai 15 meter.


6Chupacabra

mitologiyangnyata6

Dalam bahasa Spanyol, Chupacabra berarti Penghisap Kambing. Makhluk ini dipercaya ada di area Amerika Selatan dilaporkan kerap menyerang ayam dan kambing. Hingga saat ini tak pernah ditemukan satu makhluk yang dilaporkan sebagai Chupacabara. Namun pada tahun 2010, hewan mitologi ini berhasil dijelaskan dan memang ada sebagai hasil persilangan anjing dengan serigala coyote.


5Menara Babel

mitologiyangnyata5

Menara ini dikenal sebagai menara yang khusus dibangun untuk mencapai Surga. Namun, karena kemurkaan Tuhan, menara ini akhirnya hancur. Dalam dunia modern saat ini, replika Menara Babel bisa ditemukan dalam bentuk Ziggurat, sebuah struktur bangunan raksasa yang cenderung seperti Pyramid.


4Imoogi

mitologiyangnyata4

Di Korea, terdapat satu legenda tentang makhluk mitologi yaitu Imoogi, makhluk raksasa yang lebih mirip sebagai ular dan naga. Makhluk setipe ini pernah ditemukan di Amerika Selatan dalam bentuk ular phyton raksasa dengan panjang mencapai 14 meter dan bobot tubuh lebih dari 1 ton.


3Moby Dick dan Kapten Ahab

mitologiyangnyata3

Kapten Ahab merupakan manifestasi dari Kapten Pollard, pelaut yang tergila-gila untuk memburu Moby Dick yang tak lain merupakan Paus Sperma dalam ukuran lebih besar dan ganas. Paus Sperma yang dikenal dengan nama Moby Dick ini dipercaya telah mengalahkan lebih dari 100 kapal pemburu paus.


2Berserkers

mitologiyangnyata2

Tidak masuk akal seorang manusia bisa mendadak berubah menjadi hewan seperti beruang maupun serigala. Namun Berserkers adalah legenda yang hingga saat ini dipercaya sebagai sekelompok prajurit Norwegia yang bisa melakukannya terutama ketika mereka sedang marah.


1Dire Wolf

mitologiyangnyata1

Karakter dalam Game of Thrones ini ternyata benar-benar ada dengan bentuk serigala yang hidup di Zaman Pleistosen. Dire Wolf ini dipercaya jauh lebih besar, kuat, dan memiliki gigi yang lebih tajam dibandingkan serigala biasa.


Percaya tidak percaya, bisa jadi yang tidak kita percayai sekarang adalah hal-hal yang belum bisa kita mengerti secara ilmiah. Tidak menutup kemungkinan bahwa 10 hal dalam mitologi yang benar-benar ada ini bisa dijelaskan baik secara ilmiah maupun keterangan sejarah.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!