Sosial

10 Hal Ini Harus Anda Siapkan Sebelum Menikah

Menikah adalah komitmen seumur hidup. Karena itu, sebelum menikah seseorang harus benar-benar mempersiapkan diri. Persiapan itu termasuk bertanya kepada diri sendiri, “Apakah saya sanggup hidup bersamanya selama-lamanya?” Jika jawabannya, “Belum,” sebaiknya pernikahan ditunda dulu. Namun, Anda menjawab, “Ya!” dengan yakin berarti waktunya untuk mempersiapkan acara pernikahan.

Mempersiapkan acara pernikahan bukan hal yang mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan agar acara tersebut bisa berjalan lancar. Apalagi jika Anda mengurus sendiri acara tersebut. Agar lebih mantap, pastikan sepuluh hal ini sudah beres sebelum hari-H pernikahan:


10Tempat

persiapanpernikahan10

Menikah bisa dimana saja, bisa di gedung sewaan ataupun di rumah sendiri. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jika memilih gedung sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara pernikahan, siapkan budget untuk itu. Sebaliknya, jika memilih menyelenggarakannya di rumah sendiri, pastikan tempatnya cukup untuk para tamu yang akan diundang.


9Dekorasi

foto: www.galswedding.com

foto: www.galswedding.com

Meskipun sifatnya hanya melengkapi, dekorasi akan membantu memeriahkan acara pernikahan Anda. Bila memungkinan, pilihlah dekorasi yang cocok dan sesuai dengan gaya Anda. Dengan demikian, kebahagiaan menyongsong hari tersebut akan semakin sempurna. Saat ini, banyak orang-orang kreatif yang menyediakan jasa dekorasi gedung pernikahan. Anda tinggal menghubungi salah satu di antaranya dan melakukan negosiasi harga yang sesuai.


8Undangan

foto: www.weddinginvitationsideas.com.au

foto: www.weddinginvitationsideas.com.au

Undangan sebaiknya disebar 2-3 minggu sebelum acara pernikahan. Hal ini akan menolong orang lain untuk mengatur jadwal mereka sehingga bisa menyempatkan diri untuk menghadiri pernikahan tersebut. Saat menyebar undangan, pilihlah orang-orang yang memang benar-benar memiliki kaitan dengan Anda secara personal.


7Busana

foto: www.blog.my-weddingbelle.com

foto: www.blog.my-weddingbelle.com

Ada dua pilihan bagi calon pengantin soal busana yang akan dikenakan pada hari-H pernikahan. Yang pertama, menyewa gaun pengantin atau jas bagi pria. Saat ini, sudah banyak tempat yang menyewakan busana pengantin. Namun, bila Anda sanggup untuk membeli atau menjahitkan sendiri busana tersebut, tentu akan lebih baik. Usahakan busana sudah jadi maksimal seminggu sebelum hari-H.


6Make Up

foto: http://www.frmheadtotoe.com

foto: http://www.frmheadtotoe.com

Make up juga penting untuk mendukung penampilan pada acara pernikahan. Kita bisa memilih jenis make up yang harganya mahal atau pun yang biasa saja. Yang penting dalam hal ini adalah kecukupan dana yang dimiliki. Jangan ngotot jika memang tidak sanggup membayar jasa make up pengantin yang mahal.


5Katering

foto: www.vemale.com

foto: www.vemale.com

Dalam sebuah pernikahan, katering atau konsumsi yang disediakan pun turut menjadi hal yang penting dipersiapkan. Jangan sampai, jumlah undangan lebih banyak dibandingkan konsumsi yang disediakan. Dalam hal ini, prinsip “lebih baik sisa daripada kurang,” tampaknya perlu diterapkan. Pilihlah jenis katering yang terekomendasi sehingga membuat para tamu pun puas.


4Dokumentasi

foto: pixabay.com

foto: pixabay.com

Ini merupakan salah satu persiapan sebelum menikah yang amat penting. Untuk mengabadikan momen sekali seumur hidup ini, ada baiknya Anda mempersiapkan dokumentasi yang tak main-main. Tidak harus mahal asal Anda benar-benar yakin hasilnya. Agar lebih longgar pada hari-hari menjelang pernikahan, pastikan dokumentasi sudah beres sebulan sebelum hari-H.


3Transportasi

persiapanpernikahan3

Jika Anda melangsungkan pernikahan di tempat yang jauh dari kedua rumah mempelai, Anda perlu mempersiapkan transportasi untuk seluruh keluarga, termasuk mobil pengantin. Dalam hal ini, akan sangat baik jika ada orang tertentu yang Anda serahi mengurus soal transportasi. Menyiapkan transportasi memang hal yang sepele, tetapi sangat berpengaruh dalam kelancaran acara pernikahan.


2Kebutuhan Keluarga

foto: bowtuckphoto.blogspot.com

foto: bowtuckphoto.blogspot.com

Seringkali, pihak keluarga akan merasa terlantar pada hari-H pernikahan. Hal ini disebabkan karena calon pengantin sudah tak memiliki waktu untuk memperhatikan hal itu. Menunjuk salah seorang yang Anda percayai untuk mengurus kebutuhan keluarga, seperti menyilakan makan pada waktunya, tentu akan sangat baik.


1Hati

persiapanpernikahan1

Inilah hal terpenting yang harus dipersiapkan sebelum acara pernikahan. Pastikan hati masing-masing tidak lagi memiliki keraguan terhadap calon pendamping. Jika hati sudah siap, niscaya seluruh acara akan bisa dinikmati dan menjadi berkah bagi keluarga yang akan dibangun kelak.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of