Bisnis, Fashion & Hobby Teknologi

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berpromosi di Instagram

Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling banyak disukai secara global. Pengguna aktif instagram di dunia kini tercatat sebanyak 400 juta pengguna. Sebanyak 100 juta pengguna tersebar di berbagai negara di Asia. Indonesia sendiri menempati posisi ketiga pengguna instagram terbanyak. Posisi pengguna terbanyak sebelumnya adalah Jepang dan Brazil.

Banyaknya pengguna Instagram di Indonesia menunjukkan bahwa sosial media ini dapat dijadikan sebagai strategi promosi. Instagram memiliki keunggulan dibandingkan dengan sosial media yang lain. Kekuatan visual yang diberikan dalam postingan gambar membuat pengikutnya menjadi tertarik untuk terus menggunakannya.

Tahukah Anda bahwa setiap harinya foto yang terupload di instagram sebanyak 40 juta? Menurut sebuah lembaga riset TNS dari Inggris, komentar yang didapatkan berjumlah 1000 comments dengan 8500 likes per detiknya. Hal ini menunjukkan bahwa penduduk dunia maya sangat antusias dalam menggunakan instagram.

Berdasarkan hasil riset di atas, tentu kita dapat memanfaatkan potensi instagram sebagai media promosi . Menariknya, berdasarkan riset TNS pula, sebanyak 45 persen pengguna instagram di Indonesia membeli barang-barang yang mereka inginkan secara online dari instagram. Sebelum Anda terjun dan menekuni lebih dalam promosi dengan menggunakan instagram ada baiknya Anda menyimak hal-hal penting di bawah ini. Mari simak dan kenali 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum berpromosi di instagram berikut ini.


10Identitas usaha

promosiinstagram10

Identitas usaha yang kuat merupakan faktor kunci yang membuat bisnis Anda berkarakter dan tak terlupakan. Sebelum memulai, ada baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu. Pilihlah karakter dan identitas yang sesuai dengan bisnis Anda. Fokuslah pada produksi dan cara pemasaran. Setelah itu, Anda dapat merancang logo, tagline, dan konsep bisnis Anda sebagai branding yang menawan.


9Kekuatan visual nan menggoda

promosiinstagram9

Identitas usaha yang Anda rancang kini dalam genggaman. Kini saatnya Anda berkreasi. Olahlah foto produk yang akan Anda tawarkan. Mainkanlah desain foto produk Anda. Misalnya dengan manipulasi warna, sudut pandang pengambilan gambar, dan tata letak objek. Foto dengan kesan elegan dan menawan akan menarik pengguna untuk tergoda membelinya.


8Akun yang selalu update

promosiinstagram8

Semenarik apapun akun instagram Anda, tentu tidak akan ada artinya jika tidak dimanage dengan baik. Tentu tidak lucu rasanya jika suatu saat nanti calon pembeli akan kesulitan menghubungi Anda karena akun tidak aktif. Anda juga harus terus-menerus mengupdate akun instagram Anda. Akun instagram yang aktif menunjukkan keseriusan pemilik usaha.


7Keunikan produk yang ditawarkan

promosiinstagram7

Salah satu faktor suksesnya sebuah produk adalah unsur originalitas dan kesulitan produk untuk ditiru. Buatlah produk yang unik dan memberikan manfaat pada banyak orang. Dengan begitu, calon pembeli akan langsung merujuk kepada Anda. Hal ini dikarenakan Anda lah satu-satunya yang menyediakan produk tersebut.


6Peka terhadap tren

promosiinstagram6

Anda juga harus peka terhadap tren dunia maya. Mengikuti tren yang dimaksudkan disini bukanlah meniru produk orang lain, akan tetapi lebih pada mengikuti pola perilaku pengguna instagram. Misalnya tren penggunaan meme pada akun-akun viral . Mungkin Anda dapat mempromosikan produk Anda dengan gaya meme.


5Mainkan emosi pengikut Anda

promosiinstagram5

Pengguna instagram bukanlah robot. Pengguna instagram adalah manusia yang memiliki emosi dalam dirinya. Anda dapat menghembuskan unsur-unsur positif dalam akun instagram Anda. Misalnya Anda menghembuskan keceriaan dan kebahagiaan pada produk Anda. Niscaya pengikut instagram Anda akan mengasosiasikan produk Anda dengan keceriaan dan kebahagiaan pula.


4Sebarkan inspirasi

promosiinstagram4

Anda tidak perlu mengunggah foto produk setiap saat dan setiap detik. Adakalanya Anda memberikan selingan postingan yang dapat memanjakan mata dan pikiran para pengguna. Anda dapat menyelipkan sedikit postingan tutorial-tutorial yang berkaitan dengan produk. Jika suatu saat nanti terdapat pengguna instagram yang nyasar ke akun Anda, ia akan memiliki kecenderungan untuk kembali bahkan dengan senang hati memfollow. Hal ini disebabkan karena mereka terinspirasi dan terhibur dengan akun Anda.


3Tonjolkan kelebihan dibandingkan kompetitor lain

promosiinstagram3

Anda harus menonjolkan kelebihan produk yang ditawarkan dibandingkan dengan kompetitor lain. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan-kemungkinan produk yang dijual memiliki kemungkinan kemiripan. Anda harus ingat bahwa salah satu karakter pembeli di dunia maya adalah membanding-bandingkan. Jika Anda dapat mengemas keunggulan dengan maksimal, maka calon pembeli akan tertarik membeli produk Anda.


2Kepuasan pelanggan nomor satu

promosiinstagram2

Cantumkanlah contact person dan informasi lengkap yang dapat dihubungi. Anda akan dihadapkan pada calon pembeli dengan berbagai macam karakter. Mulai dari calon pembeli hit and run, gemar membanding-bandingkan, hingga calon pembeli yang cerewet. Anda diharuskan bersikap ramah dan fast respon kepada siapapun. Hal ini disebabkan oleh kepuasan pelanggan adalah nomor satu.


1Shareable

promosiinstagram1

Seseorang yang puas dengan pelayanan Anda secara tidak langsung akan merekomendasikan akun dan usaha Anda kepada orang lain. Baik secara offline dari mulut ke mulut maupun testimoni secara online. Hal ini yang sering dilupakan oleh para pengusaha. Salah satu kekuatan promosi yang tidak boleh dilewatkan adalah dahsyatnya kekuatan verbal. Seseorang akan lebih mudah percaya jika ada orang sebelumnya yang telah mencoba dan membeli produk tersebut. Bagaimana, siapkah Anda untuk memulainya?


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry