Misteri

10 Harta Karun Terpendam di Tanah Air

Kalau anda suka menonton film bajak laut, atau membaca ‘One Piece’, pastinya tidak asing lagi dengan istilah harta karun. Hampir setiap orang pernah berangan-angan untuk menemukan harta karun terpendam yang nilainya besar, cukup untuk jalan-jalan ke luar negeri atau untuk makan pagi, siang dan malam di restoran mahal setiap hari.

Harta karun itu sebenarnya bukan bualan buaka lho, baru-baru ini santer diberitakan ada dua pedang emas era VOC yang ditemukan di Banda Aceh. Sebenarnya masih ada banyak titik-titik harta karun di tanah air, ada yang sudah benar terkonfirmasi namun ada juga yang masih hanya sekedar mitos belaka, bahkan berkesan mistis. Inilah daftar 10 Harta Karun Terpendam Di Tanah Air menunggu untuk anda temukan.


10Harta Karun VOC di Pulau Onrust

hartakarunnusantara10

Saat anda sedang liburan ke kepulauan Seribu, mungkin sempatkan untuk mampir ke Pulau Onrust. Inilah pulau yang digunakan Belanda untuk benteng pertahanan, dan juga sebagai tempat menyimpan harta hasil jarahan VOC berupa emas dan perhiasan selama 3,5 abad menjajah Indonesia. Banyak rumor yang beredar juga mengatakan adanya terowongan bawah laut dan ruang bawah tanah di pulau ini, meski belum terungkap.


9Harta Karun Belanda di Gunung Salak

hartakarunnusantara9

Selain cerita mistisnya, Gunung Salak juga dikabarkan menyimpan harta karun Belanda. Dulu, saudagar dan pasukan Belanda ketakutan kalau harta mereka dirampas tentara Jepang yang masuk ke Indonesia pada tahun 1942. Agar hartanya tidak diambil, mereka menguburkan harta tersebut di Gunung Salak, dan lalu membuat peta penunjuk arah untuk menemukan harta itu kembali saat mereka datang lagi ke Indonesia. Namun ketika Jepang sudah menyerah kalah, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya yang membuat serdadu Belanda tidak bisa masuk lagi ke Indonesia. Sampai saat ini, harta itu masih tertimbun dan belum ditemukan.

8Harta Karun Sriwijaya

hartakarunnusantara8

Tahun 2011, walikota Palembang, Eddy Santana Putra, melakukan koordinasi dengan perusahaan swasta untuk menggali harta karun peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang diperkirakan berada di Sungai Musi. Sungai ini memang sudah digunakan sebagai sarana transportasi sejak dalam kerajaan dahulu kala. Hingga hari ini, sungai Musi ramai oleh warga yang memburu harta Sriwijaya, apalagi setelah seorang pemburu menemukan sebuah patung emas yang berharga sekitar 4 milyar.


7Harta Karun Hindu Kuno

hartakarunnusantara7

Gunung-gunung yang dikabarkan memendam harta karun di Jawa Tengah adalah Gunung Payung, Gunung Rong dan Gunung Merbabu. Di tahun 2004-2005, seorang warga pernah menemukan prasasti yang kemudian diketahui berasal dari tahun 612 M, jamannya Hindu kuno. Benda-benda seperti koin kuno, cincin tembaga atau sendok garpu kuno juga ditemukan di aliran Sungai Mbanjar yang berhulu di Gunung Payung tersebut. Apakah penemuan ini hanya sebagian kecil dari besarnya harta karun peninggalan kerajaan kuno?


6Perairan Pulau Belitung

hartakarunnusantara6

Wilayah ini adalah titik sasaran pemburuan harta karun dikarenakan banyaknya kapal yang karam. Menurut sebuah catatan kuno, ada sekitar 30.000 kapal yang tenggelam dan karam di perairan ini. Dan ini bukanlah bualan semata, banyak harta karun telah ditemukan dan setidaknya ada dua orang yang sudah divonis karena mencuri harta karun tersebut. Masih ada banyak lagi harta karun di dalam kapal karam di dasar laut tersebut menunggu untuk anda temukan.


5Harta Karun Majapahit

hartakarunnusantara5

Di tahun 2014, media heboh memberitakan penemuan harta karun Majapahit di Pulau Nangka, Malaysia. Sedikitnya ada 20 ruang tersembunyi di dalam gua yang terdapat di pulau kecil tersebut, dimana ditemukan koin dan medali emas. Namun tidak perlu bersusah payah ke pulau itu, Desa Kemasan di Jawa Timur juga dikabarkan menimbun berton-ton emas peninggalan kerajaan Majapahit di dalam tanah. Sebenarnya emas sudah banyak ditemukan di desa tersebut, namun tempat itu kemudian ditelantarkan setelah gerakan 30S/PKI. Sekarang emas itu tidak ditemukan lagi.


4Harta Karun Singosari

hartakarunnusantara4

Sempat beredar kabar burung akan adanya harta karun tersembunyi di Malang yang merupakan peninggalan kerajaan Singosari. Seperti yang kita dapat dari pelajaran Sejarah di SMP, kerajaan Singosari merupakan kerajaan terbesar yang pernah ada di Nusantara, jauh lebih besar daripada kerajaan Majapahit.

Di Malang lah tempat ditemukan daun emas yang konon berasal dari jaman Singosari. Berbeda dengan yang lain, harta karun ini bernuansa mistis karena dijaga oleh ribuan prajurit kasat mata. Jika anda ingin mencoba menemukan harta karun ini, pastikan anda membawa seekor anjing hitam legam untuk mengendus dan membongkar tanah, seperti yang disarankan oleh Kepala Prajurit Singosari tersebut. Anda percaya?


3Harta Karun Sukarno

hartakarunnusantara3

Mungkin inilah harta karun yang dinilai amat kontroversial di Indonesia, antara fakta atau fiksi. Sebelum Indonesia merdeka, kabarnya Bung Karno sempat menyatukan seluruh harta perang revolusi, namun hilang tersebar di Pulau Jawa. Harta karun terdiri dari emas batangan dan logam mulia hingga berton-ton jumlahnya. Selain itu, ada juga keris pusaka, mustika, meja giok dan lain-lain. Tidak ada pihak yang bisa membuktian apakah harta ini benar-benar ada atau tidak. Sebagian bahkan mengatakan jika harta ini dijaga oleh kekuatan gaib sehingga tidak ada yang bisa menemukannya.


2Flor Do Mar

hartakarunnusantara2

Gambar di atas ini adalah sebuah replika dari kapal Flor Do Mar. Di tahun 1512, kapal Portugis ini berlayar dari Malaka dengan membawa hasil jarahan 60 ton emas, berlian dan permata. Kapal itu tenggelam dalam badai di suatu tempat di dekat Selat Malaka, antara Indonesia dan Malaysia. Nilai harta karun diperkirakan mencapai minimal $60 milyar, angka yang sangat fantastis jika di kurs-kan ke rupiah. Banyak pemburu harta karun yang sudah mencoba menemukan kapal ini, termasuk pemburu harta karun terkenal Robert Marx yang telah menghabiskan sekitar 200 milyar rupiah untuk perburuan ini.


1Harta Karun Yamashita

hartakarunnusantara1

Jika berhasil ditemukan, maka ini adalah penemuan harta karun terbesar di dunia. Di tahun 1946, pengadilan di Filipina mengeksekusi mati Jenderal Tomoyuki Yamashita atas tuduhan melakukan kejahatan perang selama PDII. Kebenaran akan harta karun Jenderal Yamashita pun terkubur bersamanya dan menjadi sebuah misteri hingga sekarang.

Saat perang berlangsung, Jenderal Yamashita ditugaskan untuk merampas sebanyak mungkin emas dari wilayah-wilayah jajahan di Asia Tenggara. Semua hasil rampasan ini rencananya akan dibawa ke Filipina, kemudian dilanjutkan ke Jepang. Namun tahun 1943, Jepang sudah mulai mengalami kekalahan dan harta rampasannya tak bisa diangkut ke Filipina. Kabar yang beredar, banyak harta yang disembunyikan di dalam gua-gua bawah tanah di Indonesia. Jika anda penasaran, harta karun terdiri dari 6.000 ton emas, ditambah permata dan harta lainnya. Fantastis!


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!