Flora & Fauna

10 Hewan Dengan Aneka Warna Tercantik Di Dunia

Kehidupan penuh warna selalu identik dengan keindahan dan hal-hal yang menyenangkan, dimana Tuhan pun memberikan keindahan tersebut kepada dunia hewan. Mulai dari hewan yang terlihat lucu, unik, dan menyeramkan, semua memiliki pewarnaan yang unik yang bisa memanjakan mata.


10Bunglon Panther

Tahukah sobat? Merah, Putih, Hijau, dan Biru adalah salah satu warna unik yang bisa ditampilkan oleh hewan ini. Bunglon Panther memiliki kemampuan luar biasa untuk mengubah warna mereka untuk menyembunyikan diri, lebih dari Bunglon pohon biasa. Perubahan warna dari Bunglon Panther ini dipengaruhi oleh suhu, cahaya, dan bahkan suasana disekitarannya.


9Salmon Sockeye

Salmon Sockeye biasanya memiliki warna biru dan perak. Keunikan dari pewarnaan ikan ini adalah warna mereka akan berubah menjadi merah dan hijau sebelum bertelur. Sungguh sebuah pewarnaan yang cantik dari ikan yang terkenal karena menjadi santapan favorit Beruang dan memiliki kemampuan memanjat air terjun untuk menuju air tenang untuk berkumpul dalam musim kawin dan bertelur.


8Burung Cendrawasih

Burung ini juga dikenal dunia sebagai burung surga (bird of paradise) karena keindahan bulu dan warnanya yang sangat menawan dimata. Burung Cendrawasih jantan tidak hanya memiliki bulu berwarna-warni yang fantastis, burung ini juga bisa menari, berpose, dan benar-benar mengubah bentuknya untuk merayu sang betina yang bulunya tidak seindah sang pejantan.

Namun sangat disayangkan sobat, karena Burung Cendrawasih memiliki makna budaya yang besar bagi penduduk asli Papua, di mana bulu dan kulitnya juga diperdagangkan sehingga beberapa spesies dari burung ini sudah sangat terancam punah. So Sad!


7Burung Tragopan

Dengan bebuluan tubuh yang berwana oranye dan coklat dan dada yang terlihat melebar dan berwarna biru kemerahan tentu sangat membuat burung Tragopan terlihat sangat mencolok dan sangat unik.

Dada burung inilah yang membuat ia dianggap sebagai burung yang paling tampan di dunia. Burung yang menakjubkan ini ditemukan di hutan-hutan Asia Selatan. Dan perlu diketahui, warna biru di wajahnya bukanlah bulu loh sobat, melainkan kulit.


6Naga Laut Daun

Naga Laut Daun adalah makhluk bawah laut yang aneh, luar biasa, dan berwarna-warni. Betinanya mampu menghasilkan 250 telur pada sekali kawin dan pejantan memelihara mereka seperti layaknya kuda laut. Hewan bawah laut ini sangat suka sekali memangsa larva ikan, kutu laut, dan krustasea kecil.

Naga Laut Daun terlihat sangat cantik dan menawan dengan warna merah mudanya yang cerah. Naga Laut Daun ditemukan di lepas pantai Australia, di mana pelengkap rindangnya yang seperti dedaunan memungkinkan mereka untuk bersembunyi di antara rumput laut ketika predator datang.


5Burung Booby

Burung Booby memiliki pewarnaan alami tubuh yang unik, namun hanya berlaku bagi Burung Booby jantan saja.

Burung Booby betina sangat tertarik pada kaki berwarna biru laut dari Booby jantan yang cemerlang, sehingga akan terlihat sangat menarik saat burung-burung ini berkumpul disaat musim kawin.

Burung yang tidak biasa dan sangat menarik ini bisa sobat Tentik temukan di Kepulauan Galapagos di Pasifik, tetapi juga dapat ditemukan di berbagai pulau tropis dan subtropis lainnya.


4Ikan Badut

Ikan Badut terlihat cantik dengan garis-garis oranye dan putih terang di sekujur tubuhnya, tetapi ternyata tubuh ikan ini terselimuti oleh lendir. Ikan ini sangatlah terkenal sejak kemunculannya sebagai pemeran utama di film animasi, Finding Nemo dan Finding Dory.

Ikan Badut memiliki kemampuan membentuk salah satu tim alami yang hebat dengan anemon laut. Mereka saling bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup dan lendir ditubuhnya dapat melindungi Ikan Badut dari sengatan anemon.


3Flaminggo Lesser

Tahukah sobat Tentik sekalian? ternyata warna pink dari Flamingo Lesser yang indah dan terkenal itu bukanlah warna asli dari burung yang dikenal sebagai burung cinta ini, melainkan berasal dari pigmen di ganggang yang dimakan oleh mereka?

Flamingo Lesser adalah spesies flaminggo terkecil dan paling produktif yang banyak di Afrika dan beberapa negara di Asia. Karena ukurannya yang kecil (80-90cm saja dari ujung kaki hingga ujung kepala), burung cantik ini biasa diburu dan dimakan oleh Babon, kucing liar, dan Elang.


2Ikan Layar

Ikan Layar memiliki penampilan yang sangat unik dengan sirip punggung yang sangat lebar seperti layar (itulah kenapa ikan ini disebut ikan layar) dan muncung panjang seperti pedang dimulut atasnya.

Keunikan ikan ini ternyata dibarengi dengan suatu hal yang menakjibkan loh sobat. Tubuh ikan ini akan menunjukan garis-garis yang menyala dan berwarna biru ketika mereka sedang berburu yang bertujuan untuk membingungkan mangsa mereka dan membiarkan sesama Ikan Layar tahu apa yang sedang mereka lakukan.

Ikan Layar memiliki kecepatan hingga 70 mph, kecepatan tercepat yang tercatat didalam dunia ikan. Sirip bagaikan layar mereka biasanya akan tetap dilipat ke bawah dan hanya akan diangkat ketika ikan berburu ataupun terancam untuk memberikan ilusi kalau mereka akan terlihat menjadi lebih besar. Cerdas sekali ya.


1Kupu-Kupu Raja

Hampir semua kupu-kupu memiliki warna yang sangat cantik, seperti Kupu-Kupu Raja yang satu ini. Tapi warna indah mereka yang kekuningan sebenarnya berfungsi sebagai sebuah peringatan bagi para pemangsa untuk tidak memakan mereka karena mereka beracun.

Kupu-Kupu Raja mungkin paling dikenal karena melakukan migrasi ke selatan mereka di Amerika Utara, ketika salju pertama di Musim Dingin tiba. Tahukah sobat? hal ini menjadikan Kupu-Kupu Raja sebagai satu-satunya spesies kupu-kupu yang melakukan migrasi ke Utara dan Selatan seperti layaknya burung.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry