Flora & Fauna

10 Hewan Ini Sangat Setia pada Pasangannya Loh! Kamu?

Sebagian besar orang awam mengenal kaum hewan sebagai makhluk hidup yang paling suka berganti-ganti pasangan, terutama dalam masa kawin. Padahal, rupanya ada juga hewan yang menganut sistem monogami atau hanya satu pasangan, seperti kaum manusia. Seperti 10 hewan berikut ini yang sangat setia pada pasangannya. Lalu, bagaimana dengan kamu?


10Kupu-Kupu Copper

Copper butterfly, atau Lycaena phlaeas dalam bahasa Latin merupakan jenis kupu-kupu yang hanya kawin sekali sepanjang hidupnya. Menariknya, kupu-kupu betina dari jenis ini punya cara sendiri untuk menolak pejantan lain. Mereka biasanya akan melakukan bahasa tubuh dengan menutup sayap sebagai penolakan pada kupu-kupu jantan yang bukan pasangannya.


9Tikus Padang Rumput

Hewan yang menyerupai tikus ini bernama asli Vole atau Microtus ochrogaster dalam bahasa Latin. Biasa disebut dengan tikus padang rumput, hewan ini pun termasuk sangat setia pada pasangan mereka. Mereka akan berbagi sarang dan mencari makan bersama. Bahkan, saat ada tikus betina lain yang mendekat, maka tikus jantan akan menyerang si betina tersebut.


8Buaya

Pria yang suka selingkuh biasanya disebut buaya darat. Padahal, pada kenyataannya, buaya jantan merupakan spesies hewan yang sangat setia pada pasangan, dan hanya akan kawin sekali dalam hidupnya. Sedang 70 persen buaya betina biasanya akan selalu memilih jantan yang sama pada musim kawin. Roti buaya juga jadi simbol kesetiaan dalam budaya Betawi.


7Berang-berang

Hewan pengerat terbesar di Amerika Utara ini pun ternyata sangat setia dan sayang dengan pasangan. Pada usia tiga tahun, berang-berang jantan dan betina mulai berpasangan untuk membangun koloni. Mereka hidup kompak dan merawat anaknya sampai usia dua tahun, hingga anak-anak tersebut meninggalkan koloninya untuk mencari pasangan mereka pula.


6Burung Hantu Barn

Spesies nokturnal yang beraktifitas di malam hari bisa disebut sebagai burung yang paling setia. Burung hantu barn ini biasanya tak akan pernah meninggalkan atau berkhianat setelah menemukan pasangannya. Mereka pun akan selalu bersama membangun keluarga, hanya kematian yang bisa memisahkan mereka. Seperti itulah kesetiaan yang ditunjukkan mereka.


5Penyu Hawksbill

Penyu hawksbill, atau biasanya dikenal dengan nama penyu sisik di Indonesia, merupakan salah satu jenis hewan yang paling setia dan menerapkan sistem monogami dalam hidupnya. Meskipun jenis betinanya memiliki banyak tempat untuk menampung buih dari penyu jantan yang lain, namun mereka tetap hanya memilih untuk menampung dari satu pasangan saja.


4Burung Albatros

Burung yang kuat dan gagah ini mampu terbang tinggi dalam jarak tempuh yang sangat jauh, melintasi samudera untuk bermigrasi ke berbagai tempat. Namun menariknya, si pejantan segagah burung albatros ini ternyata sangat setia pada pasangannya. Bahkan, sejauh apapun mereka bermigrasi, para pejantan akan tetap kembali ke sarang dengan pasangan mereka.


3Merpati Penyu (Turtle Dove)

Dianggap sebagai simbol cinta dan kesetiaan, merpati memang termasuk hewan yang sangat setia pada pasangannya, terutama merpati jenis turtle atau merpati penyu. Terbukti, banyak orang yang terinspirasi dari kesetiaan merpati dengan pasangannya. Jika sudah menemukan pasangan hidup, mereka pun akan jadi tim yang hebat hingga kematian yang memisahkan.


2Serigala

Serigala memang sangat terkenal dengan kebuasaannya. Tapi siapa sangka, ternyata mereka sangat setia pada pasangan masing-masing. Hewan ini memiliki hubungan keluarga yang sangat erat dan selalu hidup berkelompok. Bahkan, serigala jantan dan betina akan tetap bersama hingga salah satu di antaranya mati, dan barulah akan mencari pasangan yang baru.


1Angsa

Selain merpati, angka juga termasuk hewan yang paling banyak dikaitkan dengan cinta dan kesetiaan. Bahkan, hewan cantik ini sering disebut jauh lebih setia hanya pada satu pasangan dibandingkan manusia. Mereka hanya mencari pasangan sekali seumur hidup. Menariknya, pasangan angsa juga sering menunjukkan keromantisan dengan saling menautkan kepala.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry