Flora & Fauna

10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia

Indonesia ternyata tidak hanya memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Di negeri ini rupanya juga terdapat beragam jenis hewan. Bahkan, beberapa di antaranya tercatat sebagai satwa endemik yang tak bisa ditemukan di negara lain. Bagi yang suka berpetualang, menyaksikan langsung hewan-hewan eksotik yang langka itu langsung di habitat aslinya tentu saja sangat menarik. Berikut ini adalah 10 hewan langka yang hanya ada di Indonesia.


10Jalak Bali (Leucopsar Rothschildi)

hewanlangkaindo10

Jenis burung langka yang suka berkicau ini hanya bisa ditemukan di Pulau Bali bagian Barat. Burung Jalak Bali yang disebut juga ‘Curik Bali’ ini berbulu putih bersih di seluruh bagian tubuhnya, kecuali pada ujung ekor dan sayap yang berwarna hitam. Pipinya yang tak berbulu berwarna biru cerah, sedang kaki berwarna kelabu. Sayangnya, burung ini sudah semakin langka dan terancam punah. Populasinya saat ini diperkirakan hanya belasan ekor saja.


9Kucing Merah Kalimantan (Pardofelis Badia)

hewanlangkaindo9

Hewan yang dikenal juga dengan nama ‘Borneo Bay Cat’ ini adalah spesies kucing endemik di Pulau Kalimantan. Ciri khas Kucing Merah ini adalah garis merah kecokelatan berwarna agak muda pada bagian kening dan pipinya. Bulu tubuhnya berwarna cokelat kemerahan, dengan warna lebih pucat pada perutnya dari pada bagian punggung. Sedang telinganya berwarna hitam atau cokelat tua, dan ekornya dihiasi garis putih dengan bintik hitam pada ujungnya.


8Beruk Mentawai (Macaca Pagensis)

hewanlangkaindo8

Secara umum, Beruk Mentawai ini hampir sama seperti jenis beruk lainnya. Hanya saja, warna bulu pada bagian pipinya lebih gelap. Selain itu, hewan ini juga memiliki mahkota berwarna coklat dengan bulu yang lebih panjang pada dahi dan mantelnya. Hewan yang ditemukan di Pulau Pagai Selatan, Pagai Utara, dan Sipora di Kepulauan Mentawai, Sumatera ini disebut juga ‘Bokoi’ oleh penduduk setempat, dan ‘Pagai Macaque’ di dunia Barat.


7Kura-kura Leher Ular Rote (Chelonida Mccordi)

hewanlangkaindo7

Seperti namanya, Kura-kura Leher Ular Rote ini memiliki leher panjang yang mirip dengan ular, dan hanya ditemukan di lahan basah air tawar di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Uniknya, oleh karena leher yang panjang, kepalanya tak bisa ditarik ke dalam tempurungnya, sehingga kura-kura ini hanya bisa melipat lehernya di samping tempurung. Hewan ini sendiri sangat langka, sehingga telah ditetapkan sebagai hewan yang terancam punah oleh IUCN.


6Ikan Arwana Merah (Sclerophages Formosus)

hewanlangkaindo6

Ikan Arwana Merah yang cantik ini ada di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Kecantikannya terlihat berkat sisiknya yang berwarna merah terang dengan sedikit warna emas. Wajar saja jika ikan yang disebut juga ‘Siluk Merah’ ini diberi julukan ‘Ikan Naga’ atau ‘Dragonfish’. Gara sering ditangkap untuk dijual kepada para kolektor arwana, sedangkan daya biaknya sendiri sangat rendah, ikan endemik ini pun semakin langka dan statusnya telah terancam punah.


5Elang Flores (Spizaetus Floris)

hewanlangkaindo5

Burung jenis raptor ini juga terancam punah, karena populasinya saat ini tidak sampai 250 ekor. Elang Flores ini memiliki tubuh berukuran sedang berwarna coklat kehitaman, warna putih dengan corak merah pada bagian dada, dan kepala berbulu putih dengan garis-garis berwarna kecoklatan pada mahkotanya. Selain ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, burung ini juga dapat ditemukan di Sumbawa, Lombok, Komodo, Satonda, Rinca, dan Paloe.


4Burung Bidadari Halmahera (Semioptera Wallacii)

hewanlangkaindo4

Dijuluki ‘Si Genit dari Maluku Utara’, dan ‘Halmahera’s Bird of Paradise’ oleh dunia Barat, burung yang masih termasuk dalam keluarga Cendrawasih ini memang memiliki bulu yang indah dengan kombinasi warna coklat, hijau, dan zaitun untuk betina. Sedang jantannya memiliki mahkota berwarna ungu pucat mengkilap, dengan warna hijau zamrud pada dada. Burung Bidadari Halmahera ini bisa ditemukan di Pulau Halmahera dan Bacan, Maluku Utara.


3Anoa (Bubalus)

hewanlangkaindo3

Ada dua jenis Anoa di Sulawesi, yakni Anoa Dataran Rendah (Bubalus Depressicornis) dan Anoa Pegunungan (Bubalus Quarlesi) yang sama-sama termasuk hewan langka. Biasanya, hewan ini memiliki warna kulit coklat seperti kerbau, dengan sepasang tanduk pada kepala. Karena sering diburu untuk diambil kulit, tanduk, dan dagingnya, populasi Anoa saat ini pun diperkirakan hanya tersisa kurang dari 5.000 ekor saja yang hidup di sejumlah hutan lindung.


2Cendrawasih Botak (Cicinnurus Respublica)

hewanlangkaindo2

Cendrawasih Botak termasuk salah satu hewan langka yang hanya ada di Indonesia, dan bisa ditemukan di Pulau Waigeo, Raja Ampat, Papua Barat. Dengan bulu berwarna merah dan hitam, serta dua bulu panjang melingkar pada bagian ekornya, membuat burung ini terlihat sangat cantik. Belum lagi, ada warna biru muda di kepalanya, tengkuk berwarna kuning, dan mulut hijau terang, serta kakinya berwarna biru. Sedang tubuh betinanya berwarna cokelat.


1Komodo (Varanus Komodoensis)

hewanlangkaindo1

Satwa endemik Indonesia ini hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Dengan panjang tubuh mencapai 3 meter dan berat 70 kilogram, Komodo mejadi jenis kadal terbesar di dunia. Jenis jantannya memiliki warna kulit abu-abu gelap dan merah bata. Sedangkan betinanya berwarna hijau buah zaitun, dengan sedikit warna kuning pada tenggorokannya. Kemudian, lidah hewan langka ini panjang dan bercabang seperti ular.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!