Flora & Fauna

10 Hewan Lucu ini Ternyata Bisa Membunuh Manusia!

Siapa yang tidak suka dengan hewan yang imut, memiliki warna yang bermacam-macam, apalagi kalau ukurannya tidak terlalu besar? Rata-rata orang akan terenyuh saat melihat beberapa hewan berikut. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati jika suatu saat bertemu dengan 10 hewan ini. Meski terbalut dalam bentuk tubuh mungil, warna tubuh yang beragam, dan terkesan kalem, siapa yang tau mereka menyimpan berbagai senjata untuk mempertahankan diri saat merasa terancam dengan kehadiran kita?


10Katak Beracun

hewanlucumematikan10

Ukuran tubuhnnya tak lebih dari 10 cm dan memiliki warna tubuh yang mencolok. Tetapi, katak yang berhabitat di Hutan Hujan Amazon, Brazil, ini dikenal dapat membunuh manusia dalam beberapa detik saja. Katak yang satu ini termasuk dalam jenis ‘Poison Dart’ dimana istilah ini ditujukan pada kelompok hewan yang paling mematikan di dunia. Racunnya terletak pada kulitnya yang berwarna biru mencolok dan dapat membunuh orang dewasa dalam waktu 30 detik saja. Racun katak ini sering digunakan oleh suku pedalaman Amazon untuk melumuri persenjataan mereka seperti panah.


9Anak Kucing

hewanlucumematikan9

Anak kucing dikenal sebagai makhluk lucu dan manis serta sering dijadikan sebagai binatang peliharaan. Namun, anak kucing merupakan hewan yang memerlukan kewaspadaan yang tinggi karena di balik kelucuannya, anak kucing membawa berbagai penyakit dari induk mereka. Terutama bagi mereka yang merupakan penderita flu, pasien kemoterapi, ibu hamil, dan ODHA. Parasit dalam anak kucing berpotensi membahayakan nyawa hanya dengan bersentuhan dengan anak kucing.


8Simpanse

hewanlucumematikan8

Hewan satu ini dikenal memiliki hubungan ‘kekerabatan’ yang dekat dengan manusia yang diklaim sebagai hewan cerdas. Primata satu ini bekerja secara kelompok untuk menyerang siapa saja yang dianggap memasuki daerah kekuasaannya. Apalagi bila sudah dewasa, ukuran tubuhnya bisa mencapai 2 meter. Hal yang cukup membahayakan dari simpanse adalah kecerdasan mereka menggunakan berbagai alat untuk dijadikan senjata melindungi diri.


7Antler (Pemakan Semut)

hewanlucumematikan7

Hewan ini merupakan hewan nokturnal. Saat berburu, kelihatannya hewan lucu satu ini tidak begitu membahayakan dengan gerak lambatnya. Akan tetapi ketika mereka merasa terpojok, senjata mereka pun akan dikeluarkan. Senjata mereka terletak pada kuku-kuku tajam yang mirip seperti dua buah pisau. Bahkan, kematian manusia akibat serangan antler menjadi perhatian pemburu antler kini. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah luka robek di perut.


6Lumba-lumba

hewanlucumematikan6

Meski dikenal ramah terhadap manusia dan cenderung melindungi manusia dari serangan ikan hiu, lumba-lumba tetaplah hewan asing di lautan yang menyimpan senjata terutama ketika mereka merasa terpojok. Beberapa penelitian menyatakan bahwa mamalia air ini cukup berbahaya bagi manusia dan beberapa kasus menyatakan adanya kematian manusia yang disebabkan oleh lumba-lumba.


5Anak Tikus

hewanlucumematikan5

Hewan ini sering kali dijadikan peliharaan selain hamster. Meski terlihat lucu, hewan ini dikenal cukup berbahaya di dunia. Anak-anak tikus membawa berbagai parasit yang dapat menyerang manusia seperti kutu yang berpotensi menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Anak tikus juga mengandung virus Hantavirus yang berpotensi menyebabkan demam parah hingga gangguan pernafasan akut.


4Ikan Puff

hewanlucumematikan4

Terkenal dalam film kartun animasi ‘Spongebob Squarepants’, ikan puff merupakan salah satu spesies unik yang juga menyimpan senjata berbahaya. Senjatanya adalah dengan menggembungkan dirinya ketika mendapat ancaman. Duri-duri yang terdapat di tubuhnya mengandung racun jenis neurotoksin yang melumpuhkan saraf. Racun ini mirip dengan racun yang terdapat pada ular derik.


3Sotong

hewanlucumematikan3

Hewan yang kerap dijadikan bahan konsumsi manusia ini ternyata menyimpan racun mematikan yang digunakannya ketika merasa terancam. Sotong terdiri dari berbagai macam jenis dan yang merupakan sotong beracun adalah jenis Sotong Metasepia Pfefferi yang dapat ditemukan di lautan Indo-Pasifik. Ikan ini juga sering kali ditemukan di perairan Australia, Papua Nugini, Indonesia, dan Malaysia. Kombinasi warna tubuhnya yang cantik dan menarik mengundang untuk disentuh. Akan tetapi racunnya berada di dagingnya dan diklaim berada di tingkat yang sama dengan racun yang dimiliki oleh Gurita Cincin Biru yang dikenal 1200 kali lebih berbahaya bagi sianida.


2Platipus

hewanlucumematikan2

Hewan satu ini dianggap sebagai salah satu hewan unik dan lucu di dunia namun juga hewan yang berpotensi membunuh manusia. Mamalia satu ini menyimpan racun di dalam tubuh. Ketika merasa terancam, hewan ini akan mencakar dan menyebarkan racun lewat cakarnya yang dikabarkan dapat menimbulkan rasa sakit luar biasa. Korban serangan platipus ini bahkan bisa lumpu dalam waktu berbulan-bulan.


1Slow Loris

hewanlucumematikan1

Slow Loris atau Kongkang merupakan hewan endemik Hutan Hujan Tropis di Indonesia, Malaysia, dan Indonesia. Slow Loris kerap kali digunakan sebagai hewan peliharaan tetapi hewan ini sebenarnya termasuk hewan yang berbahaya dan bisa mengeluarkan racun. Racun mamalia satu ini akan keluar lewat sisi sikunya. Induk Slow Loris biasanya akan mengoleskan racun kepada anak-anaknya sebelum ditinggal pergi berburu. Beberapa kasus melaporkan adanya serangan Slow Loris yang berujung pada kematian akibat reaksi alergi parah.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • baru tau saya kalo anak kucing berbahaya juga bagi kesahatan, apa lagi punya penderita seperti flu.

    • Iya padahal lucu ya 🙁

  • Fariz G

    Simpanse “cerdas”, gua langsung keingat film Rise of the planet of the apes sama Dawn of the planet of the apes😂

error: Alert: Content is protected !!