Flora & Fauna

10 Hewan Mengerikan Tapi Sebenarnya Tak Berbahaya

Don’t judge a book by its cover. Peribahasa ini ngena banget deh untuk artikel kita yang satu ini. Kebalikan dari artikel 10 Hewan Lugu Tapi Paling Banyak Membunuh Manusia, hewan-hewan berikut ini bertampang mengerikan (dan buruk rupa hehe) tapi sebenarnya mereka baik hati lho. Tampangnya aja yang serem namun hatinya hello kitty. Tanpa basa-basi lagi yuk kita lihat 10 hewan mengerikan tapi tak berbahaya.


10Giant African Millipede

hewanmengerikantapitakberbahaya10

Kalau di Indonesia ini namanya kaki seribu atau lipan, tapi jangan salah sangka.. ukurannya bukan seperti lipan yang biasa kita temui di taman (atau kamar mandi), giant african millipede adalah salah satu millipede paling besar di dunia. Perawakannya sungguh menyeramkan, tapi ternyata Anda dapat memegangnya tanpa takut digigit atau disengat.

African Millipede mempunyai 250 pasang kaki dan hidup di tanah lembab, biasanya di bawah batu-batuan di hutan hujan Afrika.


9Sheetweb Spider

hewanmengerikantapitakberbahaya9

Bahkan bagi kalian yang berani sama laba-laba, kalau ngelihat yang satu ini mungkin jadi ciut juga. Lihat saja dari penampakannya yang terlihat berbahaya, tapi tidak akan mengancam jiwa Anda kalau dipegang, mungkin Anda hanya akan merasakan sensasi geli-gelinya saja.


8Goliath Birdeater

hewanmengerikantapitakberbahaya8

Sesuai namanya, menu makanan untuk laba-laba ini bukan nyamuk, lalat atau serangga kecil lainnya. Tak tanggung-tanggung, Goliath Birdeater memperangkap burung di jaringnya dan menyantap burung-burung malang tersebut. Ini adalah laba-laba terbesar kedua di dunia dan berkembang biak di Amerika Selatan. Sebenarnya mereka mempunyai racun tapi tidak membahayakan manusia.


7Milk Snake

hewanmengerikantapitakberbahaya7

Milk Snake biasanya ditemukan di Kanada bagian selatan. Kalau dilihat-lihat, warna dari ular ini mirip dengan coral snake yang terkenal berbisa sehingga banyak orang berasumsi bahwa ular ini juga sama berbisanya. Ular ini sebenarnya sama sekali tidak berbahaya. Namun sebelum Anda mencoba menyentuh mereka, pastikan itu bukan coral snake!


6Manta Ray

hewanmengerikantapitakberbahaya6

Meski ukurannya sangat besar, bahkan merupakan spesies ikan pari yang terbesar di laut, Manta Ray sama sekali tidak berbahaya. Para penyelam dapat dengan santainya berenang bersama hewan ini. Beda dengan ikan pari lainnya, Manta Ray tidak mempunyai buntut yang beracun.


5Hellbender

hewanmengerikantapitakberbahaya5

Hewan yang satu ini memang namanya sangat keren, Hellbender, yang merupakan salamander raksasa. Ukurannya dapat mencapai 60cm! Luar biasa untuk seekor salamander. Mereka juga kadang dijadikan binatang peliharaan, cocok bagi Anda yang anti mainstream.


4Vampire Bats

hewanmengerikantapitakberbahaya4

Tenang, kelelawar ini tidak akan menggigit leher dan menghisap darah Anda. Sumber makanannya memang darah, tapi bukan darah manusia melainkan sapi, kambing dan burung. Lagipula mereka tidak pernah menghisap darah sampai menyebabkan kematian. Hanya orang paling tak beruntung sedunia yang dapat digigit kelelawar ini karena sangat-sangat jarang ada laporan bahwa kelelawar ini pernah menyerang manusia.


3Aye-aye

hewanmengerikantapitakberbahaya3

Jujur saja, wajah, ekor, mata bundar besar, bulu hitam dan jari-jari langsing semampai hewan ini seperti setan. Namanya aye-aye dan hanya bisa ditemukan di Madagaskar. Jari tengahnya yang panjang berguna untuk bergerak dari ranting pohon satunya ke yang lain, juga untuk mengambil larva dan serangga di bawah kulit pohon.


2Gharial

hewanmengerikantapitakberbahaya2

Gharial adalah kerabat dari buaya, tapi tidak galak seperti mereka. Rahangnya lebih ramping daripada buaya dan mereka sama sekali tidak pernah menyerang manusia ataupun hewan besar lainnya. Sebenarnya, rahang mereka tidak bisa menggigit dan menahan apapun yang lebih besar dari ikan, kodok atau serangga. Tapi bukan berarti Anda dapat iseng memasukan tangan Anda ke dalam rahangnya.


1Basking Shark

hewanmengerikantapitakberbahaya1

Salah satu ikan hiu dengan besar mulut paling mengintimidasi, Basking Shark adalah ikan terbesar kedua di dunia. Mulutnya yang menganga lebar seakan dapat menelan Anda dalam satu tegukan, tapi untung saja mereka tidak doyan daging manusia. Bahkan mereka juga terkenal lembut dan tidak agresif. Para penyelam sering berenang bersama ikan hiu ini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry