Flora & Fauna

10 Hewan Paling Mematikan di Benua Australia

Ketika Anda mendengar kata “Australia”, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah Sydney Opera House yang begitu iconic atau aktor terkenal Hugh Jackman. Tapi ada satu hal lagi yang lengket dengan Australia, yaitu fauna-nya yang buas dan sanggup membunuh manusia. Inilah 10 hewan paling mematikan di benua Australia.


10Box Jellyfish

hewanmematikanaustralia10

Dari 81 angka kematian di Australia karena Jellyfish (ubur-ubur), 79 di antaranya disumbangkan oleh ubur-ubur jenis “Box”, yang dikenal juga dengan nama “sea wasp” atau tawon laut. Jellyfish ini banyak ditemukan di perairan Utara apalagi di saat musim panas… saat dimana orang-orang pergi ke pantai untuk berenang.

Box Jellyfish mempunyai tentakel yang berukuran sampai 2 meter dan dipenuhi oleh jutaan duri-duri kecil. Racun yang dihasilkan mampu menyetop jantung manusia dalam hitungan beberapa menit saja.


9European Honey Bee

hewanmematikanaustralia9

Lebah ini bukanlah hewan asli Australia, dan mungkin Anda berpikir masa iya lebah madu sanggup membunuh manusia? Faktanya sekitar 2% dari populasi di Australia mempunyai alergi akut terhadap sengatan lebah ini. Bahkan mereka yang tidak memiliki alergi sekalipun juga dapat terancam jika dikerumuni oleh serangga ini.


8Cone Snail

hewanmematikanaustralia8

Di benua Australia, bahkan siput/keong pun bisa jadi sangat mematikan. Cone snail berjalan di dasar laut dan ketika dia melihat santapannya, sebuah “tombak” akan diluncurkan untuk menyerang targetnya dan menginjeksikan racun yang 1000 kali lebih kuat daripada morfin. Satu sengatan saja mampu membunuh 15 manusia.


7Stonefish

hewanmematikanaustralia7

Stonefish atau ikan batu memang mempunyai perawakan mengerikan, tapi jika dilihat dengan lebih teliti lagi, ternyata memang ikan ini sungguh berbahaya. Stonefish memiliki duri-duri tajam dan beracun di punggungnya. Dengan kamuflase-nya yang terbilang cukup sempurna, tidak mengherankan jika setiap tahun ada perenang atau penyelam yang tanpa sengaja menginjak ikan ini. Jika Anda tertusuk durinya di bagian perut atau dada, maka besar kemungkinan nyawa Anda akan tamat.


6Blue-ringed Octopus

hewanmematikanaustralia6

Makhluk mungil ini menghabiskan banyak waktunya bersembunyi di lautan. Namun jika dia merasa terganggu, maka blue-ringed octopus ini mulai menampakkan jati dirinya yang sebenarnya dan alasan mengapa dia dinamakan “blue-ringed”. Ya, kulitnya akan menguning dan cincin-cincin biru mulai bermunculan. Sebaiknya Anda langsung menghindar karena jika tergigit, racun neurotoxin yang ada akan menghentikan kemampuan tubuh Anda untuk bernafas. Dan yang membuat lebih berbahaya lagi, sampai sekarang masih belum ditemukan anti racunnya.


5Eastern Brown Snake

hewanmematikanaustralia5

Menempati urutan ke-lima adalah ular paling beracun kedua di dunia. Eastern Brown Snake dikenal sebagai ular yang gampang marah, agresif, dan juga bertanggung-jawab atas sedikitnya dua kematian per-tahun. Ular ini tidak hanya ditemukan di daerah pedesaan, tapi juga di kompleks perumahan karena pada dasarnya ular ini memburu tikus. Sebelum obat penawar racunnya tersedia, kira-kira 80% orang yang digigit kehilangan nyawanya.


4Sydney Funnel Web Spider

Meski laba-laba yang satu ini tidak menggigit banyak Australians per-tahunnya, namun reputasinya tetap ditakuti dikarenakan oleh taring beracun-nya yang besarnya sama dengan taring ular dan sifatnya yang sungguh agresif. Gigitannya mampu membunuh Anda dalam 15 menit saja, dan taringnya mampu menembus kuku jempol atau bahkan sepatu kulit. Dia bisa menempel di tubuh Anda dan menggigit berkali-kali sebelum Anda dapat menyingkirkannya.


3Bull Shark

Ketika Anda berpikir tentang ikan hiu dengan predikat paling menyeramkan untuk manusia, kebanyakan dari Anda pasti langsung berpikir akan hiu putih. Di Australia, sebenarnya Anda harus lebih berhati-hati terhadap hiu banteng. Hiu jenis ini mampu berenang di muara, sungai, atau bahkan di air dangkal sekalipun. Jika dia lapar, hiu banteng akan menggigit apapun yang terlihat seperti makanan.


2Saltwater Crocodile

Buaya air asin ini terkenal sebagai yang paling berbahaya dan agresif. Rata-rata satu sampai dua orang dibunuh oleh hewan ini setiap tahunnya, dan banyak yang melaporkan pernah diserang oleh buaya ini. Dengan tubuh mencapai 7 meter dan berat 1 ton, buaya air asin ini bukan hewan yang dapat Anda anggap remeh. Mereka sanggup menenggelamkan banteng, babi hutan sampai ikan hiu, apalagi memangsa manusia.


1Taipan

hewanmematikanaustralia1

Australia adalah rumah untuk ular Taipan, baik yang di pesisir lautan (coastal) maupun yang di darat (inland). Inland Taipan ini amat sangat sangat sangat beracun dan menyandang predikat yang paling beracun di dunia. Namun Anda dapat bernafas lega karena ular ini sangat jarang ditemukan dan hanya berada di daerah-daerah terpencil di Australia.


 

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!