Flora & Fauna

10 Ikan Paling Berbahaya untuk Manusia

Beberapa dari pembaca Tentik mungkin langsung menebak ikan hiu putih besar sebagai ikan yang paling berbahaya, apalagi setelah melihat film Jaws. Hiu putih menyerang manusia karena naluri predatornya yang mengira bahwa kita adalah makanan, tapi sebenarnya tingkat kematian oleh hiu putih per-tahunnya tergolong kecil lho. Dan karena kita semua sudah tahu bahwa hiu putih berbahaya, maka daftar berikut ini akan berisi 10 ikan lainnya yang paling berbahaya untuk manusia.


10Ikan Buntal

credit: www.telegraph.co.uk

credit: www.telegraph.co.uk

Sampai saat ini, ikan buntal masih menempati urutan tertinggi sebagai ikan paling beracun. Ikan buntal memiliki tempat penyimpanan racun tetrodotoxin di hatinya, ovarium, usus dan kulit. Jika manusia terkena sedikit saja racun ini, maka akan berpengaruh pada otak dan dapat menyebabkan kelemahan, kelumpuhan dan kematian. Hanya koki tertentu dan khusus saja yang dapat menyajikan ikan ini sebagai makanan.


9Hiu Banteng

credit: www.sharkobsessed.com

credit: www.sharkobsessed.com

Memang sih ini masih termasuk jenis hiu, namun bahaya yang ditimbulkan oleh hiu banteng jauh lebih menyeramkan dari hiu manapun, termasuk hiu putih. Bayangkan saja, ikan berukuran 3.6m dan berbobot sekitar 272kg ini sanggup berenang menyusuri air tawar sampai ke sungai dan danau. Selain itu, hiu banteng juga terkenal sebagai ikan hiu paling agresif dan daya gigit paling kuat. Tidak terbayang bagaimana jadinya jika ikan ini berenang di sungai Indonesia.


8Alligator Gar

credit: www.fishing-headquarters.com

credit: www.fishing-headquarters.com

Ikan ini sudah ada dari zaman prasejarah, dilihat dari bentuk fisiknya Alligator Gar mempunyai moncong seperti buaya yang sangat mengintimidasi. Ada laporan tentang seorang laki-laki yang sedang merendam kakinya di sungai di Amerika Utara, ikan ini langsung menyerang dan mencoba untuk menarik pria tersebut ke air. Dia berhasil selamat, namun banyak juga orang yang kurang beruntung. Ikan ini mungkin saja bertanggung-jawab atas beberapa kejadian orang yang tenggelam secara misterius.

Lihat juga: 10 Ikan Purba Zaman Prasejarah yang Masih Hidup


7Piraiba

ikanpalingberbahaya7

Berbeda dengan ikan lele yang biasa ditemukan di Indonesia, Piraiba adalah ikan lokalnya sungai Amazon dengan ukuran sangat besar sekitar 3.6m. Ini juga adalah ikan lele terbesar di Amerika Selatan dan berkemampuan untuk memangsa manusia. Giginya yang tajam melengkung ke belakang untuk mencegah korbannya meloloskan diri dari gigitannya.


6Goonch Fish

credit: www.animalplanet.com

credit: www.animalplanet.com

Ada sebuah sungai di antara India dan Nepal yang bernama sungai Kali. Di sungai inilah banyak laporan tentang orang menghilang atau tenggelam tanpa sebab. Semua orang berdebat tentang apa yang sebenarnya terjadi, sampai suatu hari mereka menangkap ikan menyeramkan sepanjang 2m dengan gigi tajam yang doyan daging manusia.


5Piranha

ikanpalingberbahaya5

Ikan kecil ini tampaknya tidak berbahaya, namun Anda pasti akan berubah pikiran ketika melihat mulutnya yang terbuka. Piranha berasal dari Amerika Selatan dan Brasil. Meski ukurannya kecil, ikan ini sangat berbahaya. Piranha terkenal akan kekuatan gigitannya yang luar biasa dan sanggup menghabisi korbannya hanya dalam sekejap.


4Goliath Tigerfish

credit: www.animalplanet.com

credit: www.animalplanet.com

Dari gambar di atas sepertinya sudah tidak perlu lagi menjelaskan mengapa ikan ini sangat berbahaya untuk manusia. Ukuran tubuhnya mencapai 1.8m dengan bobot sekitar 31kg. Ikan ini berburu berkelompok di Afrika dan sanggup mencabik-cabik mangsanya dalam beberapa detik saja. Sudah banyak kematian yang dilaporkan di sungai Kongo karena ikan ini.


3Stonefish

ikanpalingberbahaya3

Bukan hanya berbahaya, perawakan Stonefish juga tergolong aneh. Susah untuk melihat ikan ini karena kamuflase Stonefish yang mirip dengan batu. Jadi hati-hati jika Anda berjalan di dasar laut karena sekali saja Anda menginjak ikan ini maka racunnya akan segera menghabisi Anda secara perlahan. Belum ada obat penawar racunnya hingga saat ini.


2Payara

ikanpalingberbahaya2

Payara dikenal juga dengan nama ‘ikan vampire’ dan jauh lebih berbahaya daripada ikan di atas. Payara dapat bertumbuh sampai dengan 1.2m dan sanggup memangsa makhluk yang sama besarnya atau bahkan lebih besar. Perlu diketahui juga bahwa Paraya merupakan satu-satunya ikan yang berkemampuan untuk memburu sekumpulan Piranha.


1Lionfish

ikanpalingberbahaya1

Sungguh amat mencengangkan bukan, ikan mini dan cantik seperti ini mampu menempati urutan nomor satu ikan paling berbahaya versi Tentik. Memang penampilan bisa menipu ya, apalagi untuk orang yang tidak tahu tentang bahaya ikan ini. Lionfish mempunyai banyak duri-duri lancip beracun yang tentu saja akan membuat Anda sangat kesakitan. Di Republik Dominika, populasi Lionfish terus berkembang pesat karena ikan ini tidak mempunyai pemburunya. Warga disana bahkan tidak berani berenang karena takut tersengat ikan ini.


Berdasarkan masukan dari seorang pembaca kami, ikan stonefish dan lionfish banyak tersebar di kepulauan Banda, Maluku. Jika tertusuk duri ikan ini, yang memang beracun, mereka menyuntikan obat kram yang dapat membantu menghilangkan racunnya. Terima kasih atas masukannya!


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Fauzhan Syabhil

    Ikan candiru gak masuk nominasi nih?
    Hehehehe

  • Rizal Eldezly Putra

    Permisi, saya mau memberikan tambahan buat daftar diatas. Beberapa ikan yang menurut saya berbahaya seperti Anjumara atau Aimara dari Amerika Selatan, Surgeon fish punya senjata tajam di siripnya, Wels Catfish yang ukurannya super besar dari Eropa, Ikan Toman asal Indonesia, Chandiru, Pari Cincin Biru dan Muskie dari Amerika Serikat.

error: Alert: Content is protected !!