Flora & Fauna

10 Ikan Purba Zaman Prasejarah yang Masih Hidup

Ikan yang berada dalam daftar ini adalah ‘fosil hidup’ luar biasa yang pernah hidup berdampingan dengan dinosarus. Mari kita simak ikan purba zaman prasejarah yang masih hidup hingga sekarang.


10Hagfish

ikanpurba10

Hagfish sudah hidup lebih dari 300 juta tahun yang lalu, jauh sebelum dinosaurus muncul ke dunia. Hagfish disebut juga ‘belut lendir’ karena perawakannya yang mirip belut dan mengeluarkan lendir untuk merusak insang predatornya. Hagfish adalah hewan yang sangat aneh, sebenarnya hagfish bukanlah belut ataupun ikan. Mereka mempunyai tengkorak kepala namun tak mempunyai tulang belakang. Hagfish juga buta dan bertahan hidup dengan makan bangkai makhluk hidup yang tenggelam ke dasar laut, tempat dimana mereka hidup.


9Lancetfish

ikanpurba9

Wujud dari lancetfish memang sudah mirip dengan hewan prasejarah seperti yang dapat anda lihat dari gambar di atas. Bahkan nama ilmiahnya juga mempunyai unsur dinosaurusnya, yaitu ‘Alepisaurus Ferox’. Lancetfish berukuran sekitar 2 meter dan dapat ditemukan di semua lautan kecuali di kutub. Makanannya meliputi ikan-ikan yang lebih kecil, cumi-cumi dan kadang sesamanya sendiri.

8Arowana

ikanpurba8

Arowana atau arwana telah ada sejak jaman Jurassic. Sekarang mereka dapat ditemukan di sungai Amazon dan beberapa wilayah di Afrika, Asia dan Australia. Arwana sangat diminati sebagai hewan peliharaan yang eksotis. Ikan ini sanggup melompat sampai dengan 2 meter di atas air untuk menangkap burung ataupun kelelawar untuk makanannya.


7Frilled Shark

ikanpurba7

Frilled shark adalah predator laut dalam peninggalan dari periode Cretaceous ketika dinosaurus menguasai Bumi, salah satu hiu paling primitif yang masih hidup hingga hari ini. Baru-baru ini difilmkan untuk pertama kalinya, Frilled Shark atau hiu berjumbai dapat tumbuh hingga 2 meter dan memakan cumi-cumi. Mereka tidak berbahaya bagi manusia, dan faktanya kebanyakan dari hiu ini tidak pernah melihat manusia sepanjang hidupnya.


6Sturgeon

ikanpurba6

Ikan lain yang dapat bertahan hidup sejak zaman Jurassic adalah sturgeon yang terkenal sebagai salah satu sumber utama kaviar (dibuat dari telurnya mereka). Populasi ikan ini sekarang terancam dikarenakan perburuan yang sangat di luar kendali. Spesies sturgeon terbesar dapat tumbuh hingga 6 meter, lebih besar daripada hiu putih. Mereka memakan binatang kecil dari dasar laut dan tidak berbahaya bagi manusia, kecuali diprovokasi.


5Arapaima

ikanpurba5

Kerabat dekat dari Arwana, Arapaima juga ditemukan di Amazon dan kadang disebut sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Arapaima dapat tumbuh hingga 4.5 meter meski Arapaima dengan ukuran sebesar ini sudah jarang ditemukan. Arapaima memangsa ikan yang lebih kecil, kepiting dan apapun yang dapat mereka masukan ke mulutnya. Sekarang Arapaima juga sudah terancam punah karena diburu manusia untuk diambil dagingnya.


4Sawfish

ikanpurba4

Sawfish atau hiu bergegaji adalah hiu lain yang bertahan hidup sejak zaman Cretaceous meski sekarang statusnya pun terancam punah. Sawfish dapat ditemukan di air asin maupun di sungai atau anak sungai. Dengan ukurannya yang dapat mencapai 7 meter, sawfish terlihat seperti hiu meski sebenarnya sawfish lebih terkait dengan ikan pari.


3Alligator Gar

ikanpurba3

Predator tangguh dan bersisik tebal ini ditemukan di Amerika Utara, Amerika Selatan dan juga Meksiko Timur, dan adalah ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Ikan ini dapat tumbuh hingga 4 meter dan bobot sampai 200 kg. Disebut Alligator Gars karena penampilannya yang menyerupai reptil dan panjang rahang mereka yang penuh dengan gigi tajam. Mereka adalah predator rakus dan berbahaya karena dapat menggigit manusia setiap ada kesempatan. Gars adalah salah satu ikan tertua yang hidup hingga hari ini; asal-usul mereka dapat ditelusuri kembali ke masa Cretaceous.


2Polypterus Senegalus

ikanpurba2

Ikan Afrika ini juga sering disebut dengan ‘Belut Dinosaurus’ karena perawakannya yang dapat anda lihat diatas. Ikan ini dapat ditemukan sejak masa Cretaceous dan sekarang kadang dijual sebagai hewan peliharaan. Polypterus Senegalus cenderung suka melarikan diri dari kolam atau tangki ikan mereka. Mereka bisa bertahan hidup di luar air untuk jangka waktu yang lama asalkan kulit mereka tetap basah.


1Coelacanth

ikanpurba1

Coelacanth adalah ikan prasejarah yang paling terkenal dari semua “fosil hidup”. Coelacanth seharusnya telah punah pada periode Cretaceous, bersamaan dengan dinosaurus, tetapi pada tahun 1938, sebuah spesimen hidup tertangkap di Afrika Selatan. Spesies Coelacanth kedua bahkan ditemukan di Indonesia pada tahun 1999. Ikan ini adalah predator besar yang dapat tumbuh hingga 2 meter; mereka memakan ikan yang lebih kecil, termasuk hiu kecil, dan biasanya ditemukan di perairan dalam yang gelap. Meskipun jarang ditangkap dan dikonsumsi, coelacanth terancam punah saat ini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Johanes Vianney Derda Railfans

    salah tuh, aligator gar bukan amaerika selatan, tapi amerika utara

    • Halo bung Johanes,

      Terima kasih masukannya! Di artikel kami tulis kalau Alligator Gar ditemukan di Amerika Selatan, Utara dan Meksiko Timur. Namun kami ganti sesuai dengan masukan dari bung Johanes menjadi Amerika Utara terlebih dahulu ya agar pembaca lain juga lebih jelas 🙂

      Terima kasih!

  • Eximinator Roblox

    sawfish yang hidup pada masa kretasius/zaman kapur itu namanya onchopristis

error: Alert: Content is protected !!