Dunia & Peristiwa Sejarah

10 Istana Kerajaan Paling Megah di Dunia yang Sangat Mempesona

Negeri-negeri di dunia pada zaman dulu sebagian besar berbentuk kerajaan. Bahkan, hingga kini masih ada beberapa kerajaan yang masih bertahan; di samping roda pemerintahan juga dilaksanakan dengan sistem modern. Maka, tak heran jika ada banyak bangunan istana yang bisa ditemukan. Berikut 10 istana kerajaan paling megah di dunia yang sangat mempesona.


10Pena National Palace (Portugal)

Istana ini dibangun Raja Ferdinand II pada 1842, di atas reruntuhan bangunan yang hancur akibat gempa besar Lisbon pada 1755 silam. Diberi nama Pena National Palace, kediaman baru Raja Portugal ini bergaya Roman dengan ciri kubah dan menara. Selain itu, dindingnya berwarna merah dan kuning menyatu dengan hijaunya tumbuhan sesuai bendera Portugal.


9Mysore Palace (India)

Dikenal juga sebagai ‘Amba Vilas Palace’, istana ini menjadi kediaman keluarga bangsawan India, Wadiyar; bangsa Hindhu-India yang memerintah Kerajaan Mysore dari 1399 hingga 1947. Mysore Palace sempat mengalami kebakaran, lalu dikonsruksi ulang pada 1912. Waktu terbaik untuk berkunjung ke istana ini saat Festival Dasara pada bulan September-Oktober.


8Schonbrunn Palace (Austria)

Kemegahan istana ini disandingkan dengan Versailes di Prancis. Schonbrunn sendiri memang menjadi salah satu daya tarik utama wisata di kota Wina, Austria. Istana ini dibangun pada 1696 sampai 1712 atas perintah Raja Leopold I, dengan 1.441 kamar. Di sekitarnya terdapat halaman luas, labyrint (maze), gloriette (rumah marmer) dan kebun binatang tertua di dunia.


7Summer Palace (China)

Dikenal sebagai salah satu bangunan wisata budaya China paling indah, Summer Palace ada di Haidian, sekitar 15 km dari Beijing. Bangunan yang diebut juga ‘Yihe Yuan’ ini memiliki arti ‘Istana Musim Panas’, yang jadi kediaman Kaisar Dinasti Qing. Hingga kini, istana ini terus dilestarikan sebagai taman kekaisaran, dan jadi salah satu wisata sejarah terbaik di dunia.


6Palace of Versailes (Prancis)

Dulu, istana megah ini hanya menjadi tempat beristirahat Raja Louis XIII setelah pulang dari hobinya berburu. Saat Raja Louis XIV berkuasa, lokasi ini diperluas dengan pembangunan di sayap kiri dan kanan bangunan utama, hingga menjadi kediaman resmi sejak 1682; sekaligus menjadi salah satu istana terbesar, sebelum keluarga kerajaan pindah ke Paris pada 1789.


5Chateau de Chambord (Prancis)

Terletak terletak di Loir-et-Cher, Prancis, istana ini menjadi salah satu tempat di Prancis yang banyak dikunjungi setelah Versailes. Chateau de Chambord dibangun di zaman pertengahan, pada 1519, dengan nuansa arsitektur dipengaruhi semangat Rennaisance masa itu. Istana dengan 440 kamar ini sendiri jadi tempat bermalam Raja Francois I setelah berburu di hutan.


4Buckingham Palace (Inggris)

Awalnya lokasi ini adalah kebun mullberry milik Raja James I (1603-1625), tempat ulat bulu memproduksi benang-benang sutra. Namun karena gagal panen, lokasi ini dibeli bangsawan bernama Buckingham pada 1703 yang membangun rumah megah. Setelah sang bangsawan meninggal, Raja George III membelinya lagi pada 1761 sebagai hadiah bagi Ratu Charlotte.


3Alhambra (Spanyol)

Alhambra merupakan istana indah yang terlihat jelas dari kota Granada, di selatan Spanyol; di mana sebagian tampak seperti benteng dan sebagian lagi berupa taman. Dibangun oleh Sultan Nasrid pada abad ke-14, istana ini membuktikan bahwa keterampilan para arsitek Muslim dalam membangun istana megah setara dengan arsitek kerajaan Eropa di masa itu.


2Potala Palace (Tibet)

Berada di bukit Marpo Ri, lembah Lhasa, Tibet, berdirilah Potala Palace setinggi 170 meter. Istana Dalai Lama ini jadi bangunan paling megah di dataran Tibet. Setelah konstruksi awal dimulai pada abad ke-7, bangunan utamanya yang disebut ‘Potrang Karpo’ (Istana Putih) dibangun pada 1645-1648, dan dilanjutkan ‘Potrang Marpo’ (Istana Merah) pada 1690-1694.


1Forbidden City (China)

Disebut juga ‘Kota Terlarang’, bangunan yang terletak di Beijing ini adalah istana kekaisaran dinasti-dinasti China. Istana ini dibangun pada 1406-1420 di masa Dinasti Ming, dan menjadi bangunan kuno terbesar di dunia dengan luas lebih tujuh juta kaki persegi dan berisi lebih 8.707 kamar. Bangunan ini pun sudah diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO pada 1987.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry