Sains

10 Isu Global yang Perlu Diselesaikan dengan Perkembangan Teknologi

Teknologi telah menjadi kunci penting dalam kehidupan manusia. Dari peralatan untuk berburu dan menciptakan api, manusia terus berevolusi berkat perkembangan teknologi dan adaptasinya dalam kehidupan sehari-hari. Namun kini, kita telah menyentuh lembar baru dimana kebutuhan kita akan evolusi teknologi berdampak besar dalam pemecahan isu di skala global yang dampaknya akan sangat besar dalam kehidupan kita. Inilah 10 isu krusial yang akan sangat penting untuk segera diselesaikan dengan perkembangan teknologi.


10Penyimpanan Energi

Sumber energi terbarukan seperti angin dan matahari adalah opsi yang tidak terbatas tetapi dua pilihan ini tidak menghasilkan akan listrik ketika matahari tidak bersinar atau angin tidak bertiup. Hal ini membatasi seberapa banyak daya yang dapat disuplai oleh sumber-sumber ini, dan seberapa cepat kita dapat beralih dari sumber yang stabil seperti batu bara dan gas alam.

Biaya untuk membangun baterai yang cukup untuk mendukung seluruh jaringan untuk kebutuhan hari-hari telah dan akan menjadi sangat besar. Berbagai ilmuwan dan startup sedang berupaya mengembangkan bentuk penyimpanan energi dalam skala besar yang lebih murah yang bisa bertahan lama, termasuk baterai atau tangki garam cair.


9Vaksin Flu

Flu pandemik jarang terjadi tetapi sangat mematikan. Baru-baru ini sekitar setengah juta nyawa melayang dalam kekambuhan H1N1 di tahun 2009. Jumlah kematian baru-baru ini sebagian lebih rendah karena virusnya adalah jenis yang lebih ringan. Kita mungkin tidak seberuntung itu di lain waktu — jenis virus yang sangat kuat dapat bereplikasi terlalu cepat untuk dapat membuat vaksin yang diciptakan khusus untuk melawannya secara efektif. Vaksin flu universal melindungi tidak hanya terhadap varian yang relatif kurang berbahaya tetapi juga terhadap wabah sekali dalam satu abad yang kerap datang dengan dampak yang parah.


8Pengobatan Demensia – Alzheimer

Alzheimer masih sangat kurang dipahami secara ilmiah. Diagnosis konklusif hanya mungkin terjadi setelah kematian, dan bahkan kemudian, dokter masih akan memperdebatkan perbedaan antara Alzheimer dan bentuk lain dari demensia. Namun, kemajuan dalam ilmu saraf dan genetika mulai memberi lebih banyak cahaya baru pada topik ini. Pemahaman ini memberikan petunjuk tentang bagaimana kita mungkin akan dapat memperlambat atau bahkan mematikan efek buruk dari kondisi tersebut.


7Pembersihan Lautan

Miliaran benda yang disebut mikroplastik” sekarang sedang mengambang di seluruh lautan dunia. Sebagian besar limbah ini berasal dari kantong atau sedotan. Mikroplastik dapat meracuni burung, ikan, dan manusia. Para peneliti khawatir bahwa dampaknya terhadap kesehatan manusia dan lingkungan akan sangat besar, dan mungkin butuh waktu berabad-abad untuk membersihkan ratusan juta ton plastik yang telah menumpuk selama beberapa dekade. Karena tingkat polusi yang telah sangat menyebar, mikroplastik sangat sulit untuk dibersihkan, dan meskipun telah ada metode prototipe yang dapat menangani sampah lautan namun tidak ada solusi yang fixed untuk pantai, laut, dan saluran air.


6Desalinasi Hemat Energi

Jumlah air asin sekitar 50 kali lebih banyak ketimbang air tawar. Ketika populasi dunia bertambah dan perubahan iklim semakin meningkat potensi kekeringan, kebutuhan akan air bersih akan tumbuh menjadi lebih krusial. Beberapa negara telah membangun fasilitas desalinasi osmosis terbesar di dunia dan sekarang berhasil mengelola sebagian besar air tawarnya dari laut, tetapi metode itu terlalu intensif energi untuk dapat dipraktikkan di seluruh dunia.

Penemuan dalam bentuk membran yang baru mungkin akan membantu; teknik elektrokimia juga dapat membantu membuat air payau berguna untuk irigasi. Dalam kerangka teknologi adaptasi perubahan iklim, menciptakan air minum dari air laut adalah prioritas utama.


5Kendaraan Tanpa Pengemudi (Mobil Otonom)

Kendaraan otonom telah diuji selama beberapa tahun terakhir tetapi mobil tanpa pengemudi ini masih belum siap untuk mengambil tantangan di jalan secara umum. Kendaraan ini masih kesulitan untuk menangani lalu lintas yang kacau, dan kesulitan dengan kondisi cuaca seperti hujan dan kabut.

Jika teknologi ini dapat dibuat secara aman, mereka mungkin akan memungkinkan penataan ulang sistem transportasi manusia. Kemacetan lalu lintas bisa dihilangkan, dan muka banyak kota bisa diubah untuk memberi ruang bagi perkembangan baru.


4AI

Banyak peneliti mengatakan kecerdasan buatan yang sebenarnya mungkin akan bergantung pada kemampuan untuk menghubungkan proses komputasi internal dengan hal-hal nyata di dunia fisik, dan bahwa AI akan memperoleh kemampuan itu dengan belajar berinteraksi dengan dunia fisik seperti yang dilakukan manusia dan hewan.


3Prediksi Gempa Bumi

Lebih dari 300.000 orang tewas dalam gempa bumi Haiti 2010, dan tsunami Samudra Hindia 2004  yang dipicu oleh salah satu gempa paling kuat yang pernah tercatat  dan menewaskan hampir seperempat juta orang di Indonesia, Sri Lanka, India, dan di tempat lain.

Jika manusia telah dapat memprediksikan badai dalma beberapa minggu sebelumnya, gempa bumi masih menjadi misteri besar bagi kita. Memprediksikan gempa bumi dalam jangka menengah akan memungkinkan para perencana untuk mencari solusi yang tahan lama. Setidaknya memberi waktu peringatan yang akan memungkinkan orang untuk mengevakuasi daerah yang tidak aman, dan tentunya dapat menyelamatkan jutaan nyawa.


2Mengungkap Kemampuan Otak

Otak masih menjadi misteri yang mendalam bagi para ahli saraf. Semua yang kita pikirkan dan ingat, dan semua gerakan kita, entah bagaimana caranya dapat dikodekan dalam milyaran neuron di kepala kita. Memecahkan kode ini dapat memberi kita terobosan dalam cara menangani gangguan mental seperti skizofrenia dan autisme.

Penemuan ini mungkin akan memungkinkan kita untuk membuat perkembangan dalam mengubah hidup orang-orang yang lumpuh karena cedera atau penyakit degeneratif.


1Penyerapan Karbon

Memangkas emisi gas rumah kaca saja tidak akan cukup untuk mencegah kenaikan tajam dari suhu global. Kita juga harus menghilangkan sejumlah besar karbon dioksida dari atmosfer, yang tidak hanya akan sangat mahal tetapi akan memberi kita masalah pelik mengenai apa yang harus dilakukan dengan CO2 tersebut.

KIni ada banyak startup yang mengeksplorasi cara mendaur ulang karbon dioksida menjadi sebuah produk berguna, termasuk bahan bakar sintetis, polimer, serat karbon, dan beton. Potensinya memang menjanjikan, tetapi yang benar-benar kita butuhkan adalah cara yang murah untuk secara permanen menyimpan miliaran ton karbon dioksida yang mungkin harus segera kita tarik dari atmosfer bumi.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry