Kuliner

10 Jajanan Masa Kecil Terfavorit

Makanan ringan, cemilan atau jajanan ringan, dan anak kecil tidak bisa dipisahkan, karena pada kodratnya, anak kecil sangat suka jajan. Makanan ringan yang populer pada tahun 1990-an tidak banyak beredar di pasaran sekarang, namun kenangan pada masa kecil itulah yang membuat kita rindu akan makanan ini.

Dari sekian banyak makanan ringan yang diproduksi pada tahun 1990-an, masih ada beberapa makanan ringan yang beredar di pasaran dan ada makanan yang sudah punah. Yuk kita bernostalgia sejenak menikmati jajanan masa kecil, apa makanan ringan favorit kamu sewaktu masih kecil?


10Lotte Bubble Gum

[mks_col]

[mks_one_half]Lotte Bubble Gum[/mks_one_half]

[mks_one_half]Lotte Bubble Gum[/mks_one_half]

[/mks_col]

Beberapa varian permen karet (bubble gum) Lotte, antara lain yang memiliki bentuk pipih dan kotak, dan ada yang kotak dan isinya bulat-bulat. Setiap varian memiliki aneka rasa seperti rasa strawberry, rasa melon, rasa anggur, rasa jeruk, rasa yogurt, dan lainnya. Meskipun kemasannya kecil, tapi permen ini sangat populer pada era 1990-an.


9Kembang Gulali

Kembang Gulali

Kembang gulali atau gula lengket merupakan jajanan yang terbuat dari bahan gula dan pewarna alami. Siapa yang suka melihat pembuatan gulali ini secara langsung oleh tangan pedagangnya? Kenangan yang terlintas pada saat melihat kembang gulali adalah kepiawaian si pedagang dalam membuat bentuk-bentuk gulali yang lucu dan unik. Dari satu tarikan adonan gulali berwarna merah atau hijau, kemudian dibentuklah menjadi bunga, ayam, hati, bintang dan sebagainya tergantung kreativitas si pedagang. Wah… masih ingatkah kamu waktu dulu suka menjilat permen ini?


8Gulali Rambut Nenek

gulalirambutnenek

Jenis jajanan ini banyak terlihat dijajakan oleh pedagang di depan gerbang sekolah. Snack ini bukan dari rambut nenek sungguhan ya, tetapi terbuat dari gumpalan serat gulali yang diapit oleh dua keping ‘biskuit lempem’ berwarna pink. Saat ini sudah jarang pedagang yang menjual jajanan yang memiliki nama lain Arum Manis ini, karena tergeser oleh keberadaan snack modern.


7Permen Rokok

Permen Rokok

Ini bukan rokok tembakau ya, tapi permen yang dibungkus kertas sehingga menyerupai rokok. Salah satu snack yang populer ini sebenarnya adalah permen yang rasanya manis dan enak. Bentuk uniknya menjadi salah satu snack yang sangat memorable pada tahun 1990-an. Selain untuk dimakan, permen rokok ini sering terlihat dipakai oleh anak-anak untuk berpura-pura merokok. Hayo ngaku siapa yang suka begitu waktu kecil?


6Koalala

Koalala Gula-gula Kapas

Snack permen kapas (cotton candy) Koalala menjadi salah satu favorit makanan masa kecil di tahun 1990an. Berbentuk kapas bulat-bulat kecil, dan ketika sedang memasukkan banyak permen kapas ini ke dalam mulut, permen ini akan menggumpal di langit-langit. Yummm… Varian rasanya berubah-ubah dari ke waktu. Beberapa diantaranya adalah, rasa strawberry, rasa lemon, rasa apel, rasa melon, dan rasa koya.


5Chiclets

Chiclets

Salah satu permenkaret fenomenal produksi Cadbury Adams. Varian Chiclets yang paling dikenal luas tahun 1990-an adalah kemasan berwarna kuning dan isi permen karet berbentuk kotak dan berwarna putih, dan memiliki rasa peppermint. Uniknya, bungkus Chiclets ini bisa ditiup dan mengeluarkan suara menyerupai peluit. Hayoo siapa yang pernah mencobanya?


4Chiki Snack

chiki

Siapa anak kecil yang tidak tahu Chiki? Snack yang sudah menjadi favorit sejak tahun 1990-an ini memiliki beberapa varian rasa, antara lain Chiki Balls rasa ayam, rasa keju, dan rasa cokelat. Dahulu juga beredar Chiki dengan varian Potato Stick dengan rasa Soy Sauce dan rasa Cheese Burger. Gimana? Udah kangen sama masa kecilmu?


3Wafer Superman

Wafer Superman

Sebenarnya rasa wafer cokelat ini tidak spesial, namun karena ada logo ‘Superman’ dan banyak beredar di era 90-an, snack ini menjadi cukup fenomenal. Masih ingatkah kamu, jika ada teman yang sedang berulang tahun dan membagikan bingkisan snack, pasti ada wafer ini.


2Mie Lidi

Mie Lidi

Lidi atau mie lidi ini sangat populer di kalangan anak-anak tahun 1990-an. Sesuai dengan namanya, mie lidi ini dibuat dengan cara digoreng dan diberi bumbu, seperti rasa original, rasa asin, dan rasa pedas. Tapi jangan khawatir, snack ini masih beredar di pasaran. Jadi, bagi para penggemar mie lidi, snack ini bisa diperoleh di toko maupun online shop (OS).


1Anak Mas

Mie Anak Mas

Cara untuk menikmati snack legendaris ini dengan cara meremas mie kering dan menaburkan bumbu ke dalamnya. Beberapa varian rasa Anak Mas antara lain, rasa ayam dan rasa keju. Meskipun rasanya biasa saja, namun Anak Mas menjadi salah satu pelopor snack mie kering dan sangat digemari anak-anak di tahun 1990-an. Selain Anak Mas, terdapat beberapa snack mie kering sejenis ini antara lain, Mimi, Mie Remez, dan Anak Mamee. Apakah kamu salah satu penggemar snack mie kering?


Itulah sepuluh jajanan terpopuler dari sekian banyak jajanan yang beredar semasa tahun 1990-an menurut Tentik. Tetapi sebenarnya masih banyaaak lagi jajanan yang beredar pada masa itu.

Jajanan jadul mana yang paling sering kamu beli waktu masih kecil dulu?

Silakan isi dan share pengalaman kamu dengan snack ini di kolom komentar. 🙂


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

3
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
syifa fatin nabilaTentikQiyaz Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Qiyaz
Guest
Qiyaz

banyak yang lain min, kayak puta bali , suling emas, permen yosan..
hahahha

Tentik
Guest

Hahaha betulll.. kebanyakan jadi bingung mau masukin yg mana 😀 suling emas sama permen yosan bener bgt hahahah thank you tambahannya!

syifa fatin nabila
Guest
syifa fatin nabila

dulu aku pernah beli potato stick banyak banget di warung,,, habis enak banget sih (itu terjadi pas aku sd ya)

error: Sorry