Traveling Unik & Aneh

10 Jalan Paling Unik yang Ada di Dunia

Jalan merupakan sarana transportasi darat. Lingkupnya meliputi segala bagian jalan, baik itu bangunan pelengkap yang dibangun untuk lalu lintas di permukaan tanah (baik itu di permukaannya, di atas, maupun di bawah) maupun di atas permukaan air. Jenis-jenis jalan ada bermacam-macam yakni jalan umum, jalan khusus, jalan tol, dan jalan bebas hambatan.

Anda yang tinggal di kota mungkin sudah biasa untuk melihat jalan sehari-hari ketika melakukan perjalanan baik itu dengan kendaraan maupun berjalan. Bentangan aspal yang menjembatani satu tempat dengan tempat lain sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mencapai tempat tujuan dengan lebih nyaman terutama bila menggunakan kendaraan bermotor. Berbeda dengan jalan yang ada di wilayah desa apalagi yang belum terjamah modernisasi, jalan yang ada di sana masih berupa hamparan batu dan kerikil yang jelas kurang nyaman untuk dipijak apalagi bila melakukan perjalanan jauh.

Karena Anda sudah biasa melihat jalanan aspal yang lurus setiap harinya, kali ini Anda harus menyimak sepuluh jalan di dunia yang terbilang unik. Apa saja itu? Yuk kita simak!


109 de Julio Avenue, Argentina

jalanpalingunik10

Jalan raya yang terletak di tengah kota sibuk Buenor Aires ini merupakan jalan raya yang terdiri dari 9 jalur melebar dan terdapat taman di tengah sebagai pembatas arus yang berlawanan. Jalanan ini diklaim sebagai jalanan terlebar di dunia dengan panjang jalan rayanya hanya 1 km dan lebarnya mencapai 110 meter. Cukup unik karena jalanan ini mencakup blok seluruh kota. Jalan ini juga memiliki 7 jalur di setiap arah serta diapit jalan paralel dari dua jalur masing-masing.


9Savoy Court, Inggris

jalanpalingunik9

Kita tahu bahwa Inggris menerapkan peraturan bagi pengguna jalannya untuk berjalan di sebelah kiri, sama seperti Indonesia. Tetapi pengecualian ada di Inggris, tepatnya di Savoy Court yang mewajibkan pengguna jalannya mengendarai kendaraannya di sebelah kanan. Jalan ini merupakan wilayah letak Hotel Savoy berada. Dengan bundaran hotel yang lebarnya hanya 8 meter saja, hanya pengemudi yang menguasai teknik mengendarai saja yang boleh melaju di Savoy Court.


8Pan-American Highway, The Americas

jalanpalingunik8

Jalan ini merupakan jaringan jalan dengan panjang mencapai 48.000 kilometer dan menghubungkan berbagai negara di Amerika melalui jalan tol. Negara-negara yang dihubungkan oleh jalan ini antara lain Kanada, Amerika Serikat, Guatemala, Meksiko, Honduras, El Salvador, Kosta Rika, Kolombia, Nikaragua, Panama, Peru, Ekuador, Argentina, serta Chili. Bagi sebagian warga yang tinggal di Amerika Latin, jalan ini merupakan jalan sutra karena menghidupkan akses ekonomi antar negara yang berada di benua Amerika.


7The Magic Roundabout, England

jalanpalingunik7

Bundaran yang terdapat di Swindon, Inggris ini dibangun pada tahun 1972 dan merupakan bundaran besar dengan 5 bundaran kecil yang mengelilinginya. Jalan ini mungkin bisa dicap sebagai jalan dengan rancangan terburuk di dunia dan hal yang lebih membuat pengendara sulit untuk melewati jalan ini adalah Anda harus melakukan perjalanan yang berlawanan arah jarum jam – padahal biasanya arah untuk mengendarai kendaraan melewati bundaran adalah searah jarum jam.


6Lombard Street, United States

jalanpalingunik6

Lombard Street merupakan jalan yang cukup terkenal akibat delapan tikungan tajam. Jalan ini cukup berbahaya bahkan bagi pejalan kaki karena tanjakannya yang mencapai 16 derajat, bagian yang melengkung sepanjang 400 meter, untuk perjalanan ke arah timur atau menurun disediakan jalan lalu lintas satu arah dengan batu-bata merah dan batas kecepatan yang dianjurkan di bagian ini hanya 8 kilometer per jam saja.


5Steepest Street, New Zealand

jalanpalingunik5

Lebih dikenal dengan sebutan Baldwin Street, merupakan jalan yang paling miring di dunia yang terletak di Dunedin, New Zealand. Lokasinya berjarak sekitar 3.5 kilometer dari pusat kota Dunedin. Jalan ini hanya sepanjang 350 meter saja. Baldwin Street membentang dari sisi timur yaitu dari Lembah Lindsay Creek naik ke sisi Signal Hill menuju Opoho sekitar 30 meter di atas permukaan laut. Kemiringannya mencapai 19 derajat! Jalanan ini sangat curam sehingga harus dilakukan penataan dengan beton bukan aspal yang berpotensi menurun ketika hari sangat panas.


4Parliament Street, Inggris

jalanpalingunik4

Terkesan seperti sebuah gang namun ini adalah sebuah jalan. Parliament Street merupakan jalan sepanjang 50 meter yang terletak di Exeter, Inggris, menghubungkan High Street dengan Waterbeet Lane dan hanya memiliki lebar jalan 1,2 meter saja!


3Ebenezer Place, Skotlandia

jalanpalingunik3

Merupakan sebuah jalan yang terletak di Wick, Caithness, Skotlandia, dan tercatat sebagai jalan terpendek di dunia dengan jarak 2.06 meter. Uniknya jalan ini hanya berisi satu alamat saja yaitu MacKay’s Hotel. Hal ini jelas karena tidak ada lagi ruang dan bangunan yang ada selain hotel tersebut.


2Road to Giza, Mesir

jalanpalingunik2

Jalan ini merupakan jalan aspal yang paling tua yang ada di dunia. Jalan ini dikenal sudah dibangun lebih 4600 tahun lalu dengan lebar 6.5 kaki atau hampir mencapai 2 meter dan menghubungkan Quarries Southwest di Kairo menuju dermaga yang terdapat di Danau Moeris. Jalan ini digunakan sebagai sarana transportasi besar blok basal ke Giza.


1Gravity Hill, Various Locations

jalanpalingunik1

Dikenal juga dengan sebutan Magnetic Hill, Mystery Hill, Mystery Spot, atau Gravity Road. Gravity Hill merupakan sebuah tempat dimana letak tanah di sekitarnya menghasilkan ilusi optik dan membuat kemiringan menurun tampak seperti lereng bukit yang menanjak sehingga bila Anda meninggalkan mobil Anda tanpa memasukkan gigi maka mobil tersebut akan bergerak melawan gravitasi.


Wah, cukup unik ya beberapa jalanan yang ada di dunia tersevyt. Mungkin memang bukan destinasi wisata yang umum seperti tempat wisata pada umumnya yang berupa wahana permainan atau wisata alam tetapi beberapa jalan paling unik ini boleh juga lho dijadikan destinasi wisata kota. Selamat berlibur!

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!