Kuliner

10 Jenis Kue Kering yang Paling Cocok Disajikan saat Lebaran

Hari raya Lebaran sudah di depan mata. Momen spesial seperti ini biasanya dibarengi oleh kebiasaan-kebiasaan yang tak lekang oleh waktu. Kebiasaan tersebut termasuk menyajikan cemilan berupa kue-kue kering yang enak untuk para saudara atau sahabat yang datang bersilahturahmi. Rasanya, ada yang kurang jika ruang tamu tidak dihiasi oleh berbagai jenis kue kering seperti berikut ini:


10Nastar

foto: nastaraja.blogspot.com

foto: nastaraja.blogspot.com

Nastar adalah jenis kue kering yang sangat populer disajikan dalam acara-acara besar, termasuk hari Idul Fitri. Siapa sih yang tidak suka makan nastar? Kue kering ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur. Di dalamnya diisi dengan selai nanas. Bentuknya bulat dengan diameter 2 cm. Seringkali di atasnya ada hiasan berupa cengkeh atau potongan kismis. Nastar sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu “ananas” dan “taart”.


9Kastengel

foto: rumahsusumurah.com

foto: rumahsusumurah.com

Kastengel atau kaasstengels juga berasal dari bahasa Belanda, yaitu kaas adalah keju dan stengel adalah batang. Seperti asal katanya, kastengel bentuknya persegi panjang. Panjangnya sekitar 3-4 cm dan lebarnya 1 cm. Uniknya kue kering satu ini adalah adanya parutan keju yang menghiasi permukaannya.


8Putri Salju

foto: ibundacerdas.com

foto: ibundacerdas.com

Bentuk kue putri salju seperti bulan sabit. Berbeda dengan kue kering yang lain, kue jenis ini diselimuti oleh taburan gula halus yang tampak seperti salju. Itulah sebabnya kue ini dikenal dengan istilah putri salju. Sementara adonan dasarnya terdiri atas tepung terigu, tepung maizena, mentega, dan kuning telur. Kue kering jenis ini banyak digemari karena rasanya yang gurih sekaligus manis. Selain itu, ada sensansi dingin ketika kita memakannya.


7Lidah Kucing

foto: www.jendelakuliner.com

foto: www.jendelakuliner.com

Hayo, siapa yang pernah melihat lidah kucing? Seperti namanya, jenis kue ini berbentuk lidah kucing yang panjang dan tipis. Rasanya gurih dan renyah. Dalam bahasa Belanda, kue ini disebut Katte Tong. Oleh orang Indonesia, namanya diubah menjadi lidah kucing.


6Kue Semprit

foto: www.jendelakuliner.com

foto: www.jendelakuliner.com

Biasanya, jenis kue ini berbentuk bunga mawar. Rasanya gurih. Ada macam-macam jenis kue semprit, seperti semprit sagu, semprit coklat, dan semprit keju. Kita bisa memilihnya sesuai dengan selera. Kue semprit dibuat dengan cara disemprotkan menggunakan alat. Setelah bentuknya jadi, di atas adonan ditaruh potongan kismis atau selai. Bentuknya saja sudah manis, apalagi rasanya, kan?


5Kue Widaran Keju

foto: Eka Puspitasari

foto: Eka Puspitasari

Ada yang tahu bentuk kue widaran keju seperti apa? Mungkin kita pernah memakan jenis kuenya, tetapi tidak tahu namanya. Kue widaran keju berbentuk mirip cabai, warnanya putih atau kecoklat-coklatan. Cara membuat widaran keju sangat mudah. Setelah adonan jadi, kita membentuknya dengan tangan. Langkah selanjutnya adalah menggorengnya sampai berwarna kuning keemasan.


4Kue Bawang

kuekeringlebaran4

Kue bawang juga dikenal dengan istilah keripik bawang. Bentuknya bermacam-macam, ada yang berupa stik atau berbentuk lebar. Kekhasan kue ini adalah teksturnya yang berbintik-bintik. Bintik-bintik ini adalah potongan daun seledri yang dicincang. Aromanya yang khas pun menjadi nilai tambah kue kering jenis ini. Sangat cocok untuk disajikan pada hari-hari spesial seperti Idul Fitri.


3Cookies Coklat

foto: resepcaramasak.info

foto: resepcaramasak.info

Kue jenis ini termasuk jenis kue favorit terutama bagi anak-anak. Cookies coklat memang berwarna coklat dengan tekstur yang kasar. Kekhasan kue kering ini terletak pada penggunaan cokelat saat membuatnya. Cokelat dimasukkan dalam bahan adonan dan seringkali juga ditambahkan sebagai topping, misalnya dengan menggunakan coklat chip. Hmm..


2Kue Kacang

foto: resephariini.blogspot.com

foto: resephariini.blogspot.com

Kue kacang adalah jenis kue kering yang berbahan dasar kacang. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari bulat, hati, atau bulan sabit. Karena bahan dasarnya, aroma dan rasa kue jenis ini memang “kacang” sekali. Cara membuatnya pun sederhana dan mudah. Sangat cocok untuk melengkapi jenis cemilan pada hari raya Lebaran.


1Kue Kering Satu Kacang Hijau

foto: http://deresep.com/

foto: http://deresep.com/

Selain jenis kue kering tersebut, masih ada satu lagi cemilan yang cocok disajikan saat Lebaran, yaitu kue kering satu kacang hijau. Bentuknya bermacam-macam tergantung cetakan kue yang digunakan. Seperti namanya, kue ini menggunakan kacang hijau sebagai bahan dasarnya. Rasanya? Dijamin enak.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of